sign up SIGN UP

Kaya Manfaat, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Konsumsi Semangka, Salah Satunya Bisa Bantu Program Diet!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Selasa, 06 Sep 2022 17:00 WIB
Kaya Manfaat, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Konsumsi Semangka, Salah Satunya Bisa Bantu Program Diet!
caption

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia, salah satu buah favorit saat cuaca panas adalah semangka. Buah dengan warna merah dan kuning ini dikenal dengan kandungan airnya yang tinggi dan menyegarkan saat dikonsumsi ketika cuaca panas.

Pada buah semangka merah, warna tersebut berasal dari zat yang disebut likopen. Dilansir dari Web MD, likopen merupakan zat antioksidan yang terkandung pada buah atau sayur yang bermanfaat dalam menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan.

Buah dengan nama latin Citrullus lanatus ini kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A, C, mineral, dan antioksidan. Bahkan buah yang termasuk rendah kalori ini kini jadi formula tambahan pada beberapa produk skincare, lho! Kaya akan nutrisi, semangka punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja, sih, manfaat buah semangka untuk kesehatan? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini!

Menjaga Kesehatan Jantung

semangka bermanfaat untuk kesehatan jantung
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Manfaat pertama dari buah semangka yaitu membantu menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab tingkat kematian yang tinggi diseluruh dunia. Dilansir dari Healthline, sebuah studi menjelaskan bahwa kandungan likopen yang terdapat dalam semangka dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Hal ini juga membantu mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi sebagai salah satu pemicu penyakit jantung.  Selain itu, vitamin lainnya yang ada pada semangka, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6 juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Kesehatan Mata

Ilustrasi mata yang sehatIlustrasi mata/Foto: Freepik/Master1305

Tak hanya menyehatkan jantung, semangka juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata. Sebagaimana yang diketahui jika vitamin A dapat bantu menjaga kesehatan mata. Melansir dari Web MD, mengonsumsi sepotong semangka ukuran sedang, kamu sudah memperoleh sekitar 9-11 persen vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Kesehatan Pencernaan

konsumsi semangka bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/Diana.grytsku

Beauties, buat kamu yang lagi memiliki masalah pencernaan dan yang sedang menjalani program diet, semangka dapat kamu tambahkan dalam konsumsi buah harian, nih. Dilansir dari Healthline, meskipun kandungan seratnya tergolong rendah, semangka memiliki kandungan air yang tinggi yang juga jadi salah satu faktor pendukung untuk memiliki pencernaan yang sehat yang dapat membantumu dapat program diet.

Mengurangi Nyeri Otot

Nyeri otot pada kasus kelelahan berat dapat bersulang cukup lama dan menggangu pekerjaanmu.Ilustrasi nyeri otot/Foto: Freepik.com

Semangka juga bisa membantu mengurangi keram atau nyeri otot, apalagi buat kamu yang hobi berolahraga nih, Beauties. Melansir dari Healthline, kandungan asam amino dalam semangka dapat meningkatkan kinerja olahraga dan mengurangi nyeri otot.

Senyawa asam amino bekerja dalam tubuh untuk membantu melebarkan pembuluh darah sehingga jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sebuah penelitian yang memberikan jus semangka pada seorang atlet, menunjukkan nyeri otot yang dialaminya lebih sedikit dan pemulihan detak jantung lebih cepat.

Mencegah Dehidrasi

semangka dapat membantu dalam mencegah dehidrasi
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/cookie_studio

Last but not least, sebagai salah satu jenis buah yang tinggi kandungan airnya, semangka bermanfaat untuk mencegah kamu dari dehidrasi. Dilansir dari Web MD, semangka mengandung sekitar 92 persen air.

Dengan mengonsumsi semangka setiap harinya, ini dapat membantumu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh agar tetap terhidrasi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Tak hanya itu, karena kandungan airnya, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C pada semangka membantu kulit tetap lembut, halus, dan kenyal!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id