STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Nggak Pernah Terkena Covid-19 Sama Sekali, Mungkin Ini Penyebabnya!

Tim Redaksi CNBC Indonesia | Beautynesia
Selasa, 23 Aug 2022 15:30 WIB
Nggak Pernah Terkena Covid-19 Sama Sekali, Mungkin Ini Penyebabnya!

Pandemi Covid-19 telah menyerang lebih dari dua tahun lamanya. Banyak orang yang dilanda sakit bahkan sampai kehilangan nyawa karena terinfeksi virus yang satu ini. 

Bukan cuma di Indonesia, seluruh penjuru dunia pun turut merasakan hal yang sama. Ada mereka yang merasakannya sekali, sampai ada yang dua, tiga kali terpapar Covid-19.

Di samping ini, beberapa orang juga 'beruntung' dan selamat karena belum pernah terinfeksi Covid-19, meski tinggal di lingkungan dan dalam kondisi yang sama. 

Kok hal ini bisa terjadi, simak penyebabnya di bawah ini yuk!

Ini Penyebab Kamu Tak Terinfeksi Covid-19 Sama Sekali

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Pexels.com/Nandhu Kumar

Statistik menunjukkan bahwa, kelompok usia antara 70-79 adalah mereka yang paling sedikit terinfeksi Covid-19, dibandingkan dengan kelompok usia lainnya.

Di urutan kedua, adalah orang-orang yang berusia di atas 80 tahun. Lalu, mereka yang berusia antara 60 sampai 69 tahun. 

Kelompok umur dengan jumlah kasus terendah keempat per 100.000 penduduk adalah anak-anak di bawah 10 tahun.

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Pexels.com/Ryutaro Tsukata

Sementara itu, orang berusia 20-an adalah mereka yang paling banyak terkena Covid-19. Menurut statistik, perempuan usia 20-an lebih banyak terinfeksi dibanding pria dari kelompok usia yang sama. 

Mengapa bisa terjadi? Penyebab generasi muda menjadi kelompok paling banyak tertular Covid-19 adalah karena di awal pandemi mereka terpaksa menunggu lebih lama untuk mendapatkan jatah vaksin. 

Sebab, saat itu vaksin masih diprioritaskan untuk para lansia. Selain itu, gaya hidup generasi muda pun cenderung lebih berisiko, seperti banyak kumpul di bar, kafe, atau mereka yang bekerja di lingkungan berisiko, seperti rumah sakit.

Beneran Faktor Keberuntungan?

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Freepik.com

Dokter spesialis penyakit menular Paul Griffin mengatakan, faktor keberuntungan mungkin saja menjadi alasan mengapa seseorang belum pernah terinfeksi Covid-19. Namun, faktanya tidak sepenuhnya demikian. 

Penelitian Dr Griffin menemukan bahwa ada beberapa orang yang memiliki tingkat sel T yang lebih tinggi. Sel T ini adalah sejenis sel memori dalam sistem kekebalan yang dikembangkan dari virus corona flu biasa lainnya. 

Seseorang dengan tingkat sel T lebih tinggi, memiliki kekebalan terhadap virus corona. Untuk lebih lengkapnya, baca di sini. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE