sign up SIGN UP

5 Penyebab Perempuan Sering Migrain saat WFH, Harus Cepat Diatasi Nih!

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Sabtu, 13 Aug 2022 19:30 WIB
5 Penyebab Perempuan Sering Migrain saat WFH, Harus Cepat Diatasi Nih!
caption

Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, WFH (Work from Home) menjadi salah satu usaha untuk meminimalisir penyebaran virus. Awalnya, kebijakan ini disambut baik karena banyak yang beranggapan bahwa bekerja dari rumah bisa membuat suasana kerja lebih santai dan fleksibel. Namun setelah beberapa lama dijalani, berbagai permasalahan pun muncul.

Dilansir dari laman Glamour, banyak perempuan justru sering mengeluh migrain saat mengerjakan tugas kantor di rumah. Terkait hal ini, Juliana VanderPluym., MD, spesialis pengobatan sakit kepala dan asisten profesor neurologi di Mayo Clinic di Phoenix, mengungkapkan bahwa WFH memang memiliki dua sisi mata uang yang berbeda.

Sebagian orang mengaku terbantu dengan WFH terkait fleksibilitas waktu dan tempat. Namun di saat yang sama, sebagian pekerja, terutama perempuan, justru mengaku kesulitan dan berimbas pada masalah kesehatan, termasuk migrain. Lalu apa penyebab keluhan sakit kepala tersebut? Demikian ulasan yang dipaparkan pada laman Glamour.

1. Rutinitas Harian yang Berbeda

Penyebab Migrain saat WFH/Foto: Pixabay.com/Joshua Miranda
Penyebab Migrain saat WFH/Foto: Pixabay.com/Joshua Miranda

Pada dasarnya otak manusia sangat menyukai apa yang dinamakan rutinitas, dan akan menunjukkan respon negatif jika urutan kegiatan sehari-hari diubah. Bahkan jika kamu merasa bosan dengan keseharian yang monoton, otak hanya membutuhkan sedikit variasi, sebelum akhirnya kembali merasa nyaman dengan aktivitas sebelumnya.

Dalam hal ini, WFH adalah sebuah perubahan yang tiba-tiba, namun berlangsung cukup lama. Jika sebelumnya kamu terbiasa dengan kegiatan pergi ke kantor, maka perubahan lingkungan ini akan memaksa otak beradaptasi, dan usaha keras ini akan menciptakan migrain.

2. Melihat Layar Lebih Lama

Penyebab Migrain saat WFH/Foto: Pixabay.com/Tumisu
Penyebab Migrain saat WFH/Foto: Pixabay.com/Tumisu

Saat WFO, meeting berlangsung dengan tatap muka dan ada jeda untuk beristirahat. Sedangkan saat WFH, meeting dilakukan melalui Zoom atau Google Meet sehingga intensitas melihat layar meningkat. Hal ini akan meningkatkan ketegangan pada mata. Paparan cahaya layar juga akan membuatmu lebih cepat mengalami sakit kepala.

3. Posisi Tubuh Tidak Ergonomis

Penyebab Migrain saat WFH/Foto: Pixabay.com/Ekaterina Ershova
Penyebab Migrain saat WFH/Foto: Pixabay.com/Ekaterina Ershova

Posisi ideal saat bekerja adalah duduk di kursi dengan meja, kaki rata di atas lantai dengan bahu yang rileks. Namun masalahnya, banyak orang yang tidak memiliki ruang kerja khusus di rumah. Alhasil, saat WFH, mereka dipaksa untuk bekerja di lokasi seadanya, tanpa memperhatikan sisi ergonomis maupun kenyamanan. Tanpa disadari, posisi ini membuatmu merasa lebih cepat pegal dan pusing.

4. Terdistraksi dengan Tugas Rumah Tangga

A mother is trying to talk on the phone while her small daughter is interrupting her.Ilustrasi ibu bekerja dari rumah/ Foto: Getty Images/recep-bg

Apakah WFH bisa membuatmu lebih mudah bekerja sembari mengurus rumah tangga? Jawabannya adalah tidak. Pekerjaan kantor dan urusan rumah tangga adalah hal yang berbeda dan sebagian besar orang tak bisa melakukannya bersamaan. Saat kamu dipaksa tetap fokus di tengah hiruk pikuk anak-anak atau pekerjaan rumah yang menggunung, kamu takkan punya kesempatan untuk beristirahat. Pada akhirnya ini hanya akan memicu kelelahan dan sakit kepala.

5. Waktu yang Fleksibel

Penyebab Migrain saat WFH/Foto: Pixabay.com/Pexels
Penyebab Migrain saat WFH/Foto: Pixabay.com/Pexels

Faktor lain yang meningkatkan stres saat WFH adalah waktu yang fleksibel. Kamu mungkin bisa meluangkan waktu di jam kerja untuk hal di luar pekerjaan. Namun sebagai gantinya, kamu juga harus menyempatkan diri untuk menyelesaikan pekerjaan di waktu istirahat. Pada akhirnya, jam kerjamu sendiri akan berantakan dan membuatmu pusing sendiri.

Nah, itu tadi beberapa alasan perempuan sering mengalami migrain saat WFH. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk mengatur waktu dengan konsisten. Lakukan pekerjaan rumah di jam pekerjaan rumah, dan selesaikan pekerjaan kantor di jam kantor. Mungkin sulit untuk fokus sepenuhnya, namun setidaknya kamu harus berusaha untuk mengurangi distraksi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id