sign up SIGN UP

Normalkah Sering Bolak-balik ke Kamar Mandi untuk Buang Air Kecil Saat Udara Dingin? Berikut Penjelasannya!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Jumat, 05 Aug 2022 07:00 WIB
Normalkah Sering Bolak-balik ke Kamar Mandi untuk Buang Air Kecil Saat Udara Dingin? Berikut Penjelasannya!
Penyebab sering buang air kecil saat cuaca dingin/freepik/gpointstudio

Beauties, pernahkah kamu merasa selalu ingin buang air kecil saat cuaca sedang dingin? Terlebih di musim hujan, biasanya kondisi ini sering tiba-tiba datang. Kalau kerap mengalaminya nggak perlu khawatir, hal itu termasuk normal kok. 

Kebiasaan sering buang air kecil di udara dingin ternyata terjadi bukan tanpa alasan. Ada berbagai penyebab yang membuat kondisi ini bisa muncul. Ingin tahu apa pemicu sering pipis saat udara dingin? Simak informasinya lewat artikel berikut ini!

Perubahan Cuaca

Saat cuaca berubah dari panas ke dingin, ternyata dapat berpengaruh pada siklus biologis di dalam tubuh. Salah satunya berkaitan dengan produksi urine yang cenderung akan meningkat. Seperti dikutip dari The Conversation, di musim panas seseorang akan lebih mudah berkeringat dan dehidrasi. Kondisi ini berdampak pada volume urine yang berkurang sekaligus hilangnya cairan tubuh.

Perubahan gaya hidup antar musim yang berdampak pada tubuh.
Penyebab sering buang air kecil saat cuaca dingin/freepik/jcomp

Hal ini akan berbanding terbalik saat cuaca dingin atau di musim hujan, Beauties. Pada waktu ini tubuh akan cenderung lebih terhidrasi dan sedikit berkeringat. Ini berdampak pada cairan tubuh yang berjumlah lebih banyak hingga secara biologis harus dikeluarkan melalui urine.

Peningkatan Ekskresi Urine

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, saat cuaca sedang dingin produksi urine lebih meningkat. Ini berkaitan dengan kondisi tubuh yang berusaha melindungi organ di dalamnya secara alami. Masih dikutip dari laman yang sama, respon tubuh saat udara dingin salah satunya dengan peningkatan ekskresi urine.

Peningkatan eksresi urin yang menyebabkan sering buang air kecil saat udara dingin.
Penyebab sering buang air kecil saat cuaca dingin/freepik/jcomp

Istilah ini merujuk pada proses pengaliran darah yang beralih ke kulit buat menyeimbangkan udara panas yang terbatas di cuaca dingin. Hal ini pun membuat akan ada lebih banyak darah yang mengalir lewat organ bagian dalam. Pada akhirnya darah mengalir ke ginjal dalam volume yang lebih besar dengan tekanan lebih tinggi. Akibatnya tingkat ekskresi urine di dalam tubuh pun meningkat, Beauties.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Meskipun menjadi hal yang tak perlu terlalu dikhawatirkan, bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil di cuaca dingin juga cukup merepotkan ya, Beauties. Lantas adakah cara yang bisa dilakukan buat meminimalisir hal itu bisa terjadi?

Melansir dari Times of Indiaseorang dokter mengungkap sering pipis saat musim dingin sebenarnya adalah cara kecil untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.

Terjadinya diuresis dingin yang membuat urin meningkat hingga sering buang air kecil.
Penyebab sering buang air kecil saat cuaca dingin/freepik/lifeforstock

Agar kondisi ini bisa diminimalisir, caranya dengan menjaga kehangatan tubuh secara alami. Salah satunya tetap aktif dalam melakukan aktivitas fisik. Meskipun sering buang air kecil di musim hujan cukup merepotkan, tapi jangan sampai menahannya hanya karena malas pergi ke kamar mandi. Hal ini justru dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang kurang baik ke depannya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id