sign up SIGN UP

Pakar Psikolog Forensik Sebut Putri Candrawathi Dicurigai Lakukan Malingering, Apa Itu?

Retno Anggraini | Beautynesia
Kamis, 08 Sep 2022 12:00 WIB
Pakar Psikolog Forensik Sebut Putri Candrawathi Dicurigai Lakukan Malingering, Apa Itu?
caption

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, telah resmi menjadi tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Meski begitu, Putri Candrawathi belum bisa ditahan karena beberapa alasan, salah satunya mengalami sakit yang harus membuatnya beristirahat selama beberapa hari. Mengutip detikHealth, sebelumnya Komnas HAM dan Komnas Perempuan melaporkan bahwa Putri Candrawathi mengalami pelecehan seksual atas keterangan yang disampaikan langsung.

Reza Indragiri yang merupakan pakar psikolog forensik menduga bahwa Putri Candrawathi memainkan siasat malingering atau rekayasa berencana. Sebenarnya, apa malingering itu? Yuk, cari tahu!

Pengertian Malingering

Mengenal tentang malingering
Ilustrasi malingering/Foto: Freepik.com/prostooleh

Melansir Web MD, malingering adalah tindakan saat seseorang berpura-pura sakit untuk mendapatkan keuntungan, baik sakit secara fisik ataupun mental. Malingering juga bisa terjadi ketika seseorang melebih-lebihkan gejala suatu penyakit untuk tujuan yang sama.

Malingering bukanlah gangguan kejiwaan. Ini juga sangat berbeda dengan kondisi kesehatan mental seperti gangguan gejala somatik, yang menyebabkan orang khawatir bahwa mereka memiliki kondisi medis meski sebenarnya tidak.

Malingering pertama kali digunakan untuk menggambarkan tentara yang mencoba menghindari dinas militer pada tahun 1900-an. Maknanya telah diperluas untuk mencakup mereka yang berpura-pura sakit karena alasan lain.

Malingering Berbeda dengan Gangguan Buatan

Mengenal tentang malingering
Ilustrasi malingering/Foto: Freepik.com/pressfoto

Para ahli menganggap gangguan buatan sebagai penyakit mental, sedangkan malingering tidak. Gangguan buatan adalah jenis lain dari perilaku berpura-pura. Seseorang yang melakukan gangguan buatan cenderung menikmati perhatian yang mereka dapatkan ketika berpura-pura sakit.

Gejala Malingering

Mengenal tentang malingering
Ilustrasi malingering/Foto: Freepik.com/partystock

Melansir Healthline, malingering tidak memiliki gejala khusus. Biasanya tindakan malingering dicurigai ketika seseorang tiba-tiba mulai mengalami gejala fisik atau psikologis saat:

  • Terlibat dengan tindakan hukum pidana atau perdata.
  • Menghadapi kemungkinan tugas tempur militer.
  • Tidak bekerja sama dengan pemeriksaan atau rekomendasi dokter.
  • Menggambarkan gejala jauh lebih intens daripada apa yang diungkapkan oleh pemeriksaan dokter.

Penyebab Malingering

Mengenal tentang malingering
Ilustrasi malingering/Foto: Freepik.com/lifestylememory

Malingering tidak disebabkan oleh faktor fisik apa pun. Ini adalah hasil dari keinginan seseorang untuk mendapatkan keuntungan atau menghindari sesuatu. Berpura-pura sering disertai dengan gangguan mood dan kepribadian yang nyata, seperti gangguan kepribadian anti sosial atau gangguan depresif berat.

Bisakah Malingering Dideteksi?

Mengenal tentang malingering
Ilustrasi malingering/Foto: Freepik.com/artusafronovvvv

Sayangnya, malingering sangat sulit dideteksi. Psikolog menggunakan berbagai macam pendekatan, termasuk Minnesota Multiphasic Personality Inventory versi 2 atau MMPI-2. Inventarisasi multiskala dan langkah-langkah proyektif mungkin juga berguna.

Lebih tepatnya langkah-langkah seperti tes Miller Forensic Assessment of Symptoms Test dan Structured Inventory of Malingered Symptomatology, semuanya dapat digunakan dalam upaya untuk mendeteksi malingering. Tes-tes ini dikelola oleh psikolog yang terlatih.

Malingering bukanlah kondisi psikologis, tapi tindakan. Perlu diingat bahwa ada kondisi psikologis tertentu yang menyebabkan seseorang tanpa sadar mengarang atau membesar-besarkan gejalanya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id