sign up SIGN UP

Pemula Wajib Tahu, 7 Jenis Sayuran Kaya Protein Ini Wajib Dikonsumsi Vegetarian

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Minggu, 19 Dec 2021 17:00 WIB
Pemula Wajib Tahu, 7 Jenis Sayuran Kaya Protein Ini Wajib Dikonsumsi Vegetarian
caption

Menyadari akan pentingnya kesehatan membuat gaya hidup vegetarian semakin digandrungi oleh banyak orang. Pola makan sehat dengan menu utama nabati dijalani secara teratur demi menunjang kesejahteraan serta kesehatan tubuh.

Dalam menjalani pola vegetarian, dibutuhkan perencanaan atas bahan-bahan pokok makanan untuk memastikan kebutuhan protein serta nutrisi untuk tubuh terpenuhi dengan baik. Terlebih, biasanya selama ini protein lebih banyak kamu dapatkan dari bahan hewani seperti telur, daging dan olahan seafood.

Agar pola vegetarianmu berjalan seimbang, berikut ini Beautynesia telah merangkum beberapa sumber protein dari sayuran segar yang bisa kamu kamu jadikan sebagai hidangan saat makan. 

Bayam

Bayam menjadi pilihan sayuran termudah yang bisa kamu olah sebagai hidangan makan.
Bayam terkenal sebagai sayuran hijau yang kaya akan protein/Foto:Freepik.com/Jcomp

Bayam menjadi bahan sayuran hijau yang sebaiknya tidak untuk dilewatkan saat menjalani diet vegetarian. Dalam semangkuk bayam kamu sudah mendapatkan protein tinggi ditambah zat besi yang berfungsi sebagai antiinflamasi guna menjaga ketahanan tubuh dari serangan penyakit.

Pola makan juga lebih terjaga karena tingginya kandungan serat yang memberikan efek kenyang lebih cepat dan terasa lama untuk perut kamu.

Selada Air

Tak cuma jadi bahan pelengkap, salada air bisa kamu jadikan menu olahan untuk menjaga ketahanan tubuh ketika menjalani pola diet vegetarian.
Selada air menawarkan kandungan protein serta zat besi yang tinggi/Foto: Pinterest.com/Stylecraze

Tak cuma berperan sebagai bahan pelengkap pada olahan makanan, selada air juga menawarkan segudang manfaat baik untuk menunjang gaya hidup yang sehat. Mengutip laman Health Benefits Time, sayuran air ini mengandung kadar protein tinggi, serta zat besi yang menjaga energi tubuh seharian penuh. Sistem metabolisme tubuhmu juga ikut terlindungi dengan vitamin B kompleks yang terkandung dalam selada air.

Agar tidak menurunkan kandungan antioksidannya, hindari merebus selada dalam air. Sebagai gantinya, hidangkan selada air mentah ke dalam salad atau campuran smoothies.

Brokoli

Brokoli menawarkan protein yang tinggi serta asam amino yang baik untuk kesehatan kulit.
Sumber protein hingga detoks tubuh kamu dapatkan melalui olahan brokoli/Foto:Freepik.com/8photo

Sama seperti salada air, brokoli menjadi sayuran silangan lain yang begitu bermanfaat ketika menjalani pola vegetarian. Melansir laman Medical News Today, 100gr brokoli mengandung 2.8gr protein, vitamin C serta semua asam amino esensial yang baik untuk tubuhmu.

Senyawa antioksidan yang diproduksi oleh brokoli mampu meningkatkan kesehatan hati serta detoks pada tubuh. Beragam sajian brokoli dapat dengan mudah kamu sajikan seperti tumis, dipanggang atau sekedar dikukus biasa.

Kecambah Alfafa

Mengonsumsi kecambah alfafa membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga pola makan menjadi teratur.
Kecambah alfafa mengadung protein serta serat yang sangat tinggi/Foto: Pinterest.com/Healthyeating

Kerap digunakan sebagai pakan ternak, tanaman alfafa nyatanya tinggi akan kandungan protein yang baik untuk dikonsumsi para pegiat pola hidup sehat vegetarian.

Data yang didapat dari U.S Department of Agriculture, kecambah alfafa tersusun atas 4g protein serta kaya akan vitamin K dan C. Meskipun rendah kalori, alfafa tetap membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena seratnya yang tinggi. Gunakan alfafa pada olahan sup, tumis ataupun salad sayur sebagai pelengkap nutrisi dari bahan nabati lainnya.

Kembang Kol

Sama seperti bayam, kembang kol juga menawarkan protein tinggi serta beragam nutrisi penting lainnya.
Selain protein, kembang kol mampu mengontrol kadar kolestrol/Foto:Freepik.com/Kamranaydinov

Kol bunga atau yang sering disebut kembang kol menjadi sayuran pelengkap yang sering ditemui pada beragam olahan makanan. Seperti pada ragam sayur sebelumnya, kembang kol menyediakan protein dalam jumlah tinggi untuk setiap kalori yang dihasilkannya.

Kapasitas tinggi dalam mengikat asam empedu juga mampu menurunkan kadar kolestrol sehingga aman dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

Sawi Hijau

Sawi hijau dapat menjaga metabolisme tubuh sehingga pola vegetarianmu berjalan tanpa hambatan.
Jaga ketahanan tubuh dengan sawi hijau/Foto: Pinterest.com/Simplyrecipe

Tidak kalah dari bayam, sawi juga menjadi sayuran hijau yang sangat direkomendasikan ketika menjalani pola vegetarian. Melansir laman Healthline, sawi hijau menawarkan protein serta banyak mineral dan vitamin penting untuk menjaga ketahanan tubuh. Rutin mengonsumsi sawi hijau juga melindungi tubuh diri dari stres sehingga hidup menjadi lebih sehat dan tenang.

Selain mudah ditemukan, sawi hijau juga dapat diolah menjadi beragam menu makanan sehat. Jangan lupa untuk selalu menyimpan sawi di lemari pendingin agar tetap segar.

Asparagus

Jika kamu bosan dengan sayur yang itu-itu saja, kamu bisa menggunakan asparagus sebagai bahan utama dalam olahan sayuran.
Meski jarang terdengar, asparagus dipercaya kaya akan protein/Foto:Freepik.com/Jcomp

Meskipun masih asing terdengar, sayuran asparagus nampaknya wajib kamu masukan ke daftar hidangan sehat yang kamu konsumsi sehari-hari. Asparagus dikenal sebagai sayuran rendah kalori serta kolestrol namun tinggi akan sumber vitamin dan protein sehingga berat badan tetap terjaga . Besarnya kandungan vitamin K pada asparagus juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuhmu.

Asparagus bisa kamu campurkan sebagai pelengkap pada olahan salad. Kamu juga dapat memanggang, merebus ataupun menggorengnya.

[Gambas:Youtube]

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id