sign up SIGN UP

Pentingnya Menjaga Metabolisme Tubuh, Begini Tipsnya!

Verticallya Yuri S.E Pratiwi | Beautynesia
Minggu, 23 Aug 2020 21:00 WIB
Pentingnya Menjaga Metabolisme Tubuh, Begini Tipsnya!
caption
Jakarta -

Untuk kamu yang sering merasa sakit perut, perut kembung, kelebihan berat badan dan masalah terkait pencernaan serta makanan lainnya harus banget nih menjaga metabolisme tubuh. Apa sih itu? Metabolisme yaitu proses dari makanan dan minuman yang dibakar untuk masuk ke dalam tubuh sehingga akan menghasilkan energi. 

Jadi, sangat penting menjaga metabolisme tubuhmu. Apalagi kalau tengah diet, karena itu akan menghasilkan energy dan menghindarkanmu dari lemak dan makanan yang bertumpuk di dalam lambung dan usus. Ada banyak cara untuk menjaga metabolisme tubuh, dan kamu bisa mencobanya seperti tips di bawah ini!

 

Minum Air Putih

Air putih
Illustrasi minum air putih

Ini sangat penting. Dengan konsumsi air putih yang cukup, maka pembakaran kalori dalam tubuh jadi semakin lancar. Kamu dapat menahan rasa lapar dengan air putih, dan membuat jalur pencernaanmu sehat. Selain untuk menghindari dehidrasi, kamu juga dapat memperlancar metabolismemu!

 

Tidur yang Cukup

Tidur
Illustrasi tidur nyenyak

Istirahat yang cukup artinya kamu memberi waktu untuk tubuhmu melakukan banyak proses kimia. Termasuk di dalamnya adalah metabolisme. Olahraga dan aktifitas memang bagus, tapi tetap harus disertai dengan istirahat terutama tidur yang cukup. Jangan terlalu sering begadang, dan menjaga kualitas tidur dengan baik akan membantumu memperbaiki metabolisme tubuh.

 

Makanan Pedas

Makanan pedas
Illustrasi makan makanan pedas

Gak disangka ternyata makan makanan pedas juga memiliki manfaat loh untuk metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan zat capsaicin yang mengeluarkan rasa pedas pada makanan ternyata dapat menekan rasa lapar.

Tapi, jumlah konsumsinya harus diperhatikan. Jika terlalu banyak sampai keluar keringat dingin, alih – alih metabolisme lancar malah sakit perut nantinya. Makan makanan pedas secukupnya saja ya!

Minum Teh Hijau

Teh hijau
Teh hijau

Meski pun belum banyak studi terkait ekstrak teh hijau dalam metabolisme, tapi telah ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau bisa memiliki peran dalam mendorong terjadinya metabolisme untuk membakar lemak. Mengkonsumsi Teh hijau 1-2 cangkir sehari bisa menjadi bantuan untuk metabolism tubuhmu. Dapat kamu masukan dalam metode dietmu pula!

 

Hindari Stres

Stress
Illustrasi perempuan yang tengah stress

Semua usaha diatas akan gagal dan metabolismemu bisa tetap kurang jika kamu stress. Jika kamu stress maka itu akan menyebabkan tubuhmu memproduksi hormon kortisol lebih banyak. Nah, hormon inilah yang nantinya akan membantu mengatur nafsu makan kita. Jadi, bayangkan kalau kamu stress sehingga hormon kortisol datang secara serempak? Metabolismemu pun akan terganggu karena hormon yang tidak terkontrol.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id