sign up SIGN UP

Peringatan! Ini 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Jangan Jadikan Kebiasaan

Dian Aprilia | Beautynesia
Senin, 19 Apr 2021 22:00 WIB
Peringatan! Ini 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Jangan Jadikan Kebiasaan
caption

Siapa yang pagi tadi langsung tidur setelah makan sahur? Memang bangun sahur bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang. Sebab sahur ini tepat berlangsung saat orang sedang enak-enaknya terlelap dalam tidur. Alhasil, saat makan sahur, masih merasa ngantuk dan ingin memenuhi tidur setelah sahur berakhir.

Apalagi bagi yang ingin berangkat kerja, tidur setelah sahur biasanya menjadi alasan agar pagi dan siang hari tidak mengantuk. Padahal, tidur setelah sahur bisa membahayakan kesehatan kita. Berikut beautynesia.id telah merangkum 4 bahaya yang mengancam saat langsung tidur setelah sahur:

Memicu GERD

GERD
GERD/pexels.com

GERD adalah Gastro Esophageal Reflux Disease adalah penyakit yang terjadi karena katup antara lambung dan kerongkongan tidak menutup sempurna. Hal ini bisa terjadi jika kamu langsung tidur setelah makan sahur. Posisi berbaring menyebabkan makanan yang belum dicerna di lambung, kembali naik ke kerongkongan.

Tanda-tanda jika kamu mengalami GERD diantaranya adalah panas di dada, tenggorokan panas, mual, sendawa dan juga mulut terasa pahit. Oleh sebab itu, tidur setelah sahur biasanya bikin kamu tenggorokan terasa kering dan agak mual yang menurunkan mood di pagi hari.

Berat Badan Naik

Berat badan naik
Berat badan naik/pexels.com

Bagi para pejuang diet, dianjurkan untuk menghindari kebiasaan tidur setelah sahur. Sebab hal ini bisa memicu berat badan jadi naik. Hal ini dikarenakan langsung tidur setelah sahur membuatmu kurang aktif bergerak. Alhasil kalori yang masuk ke tubuh tidak dibakar dan berubah menjadi lemak.

Selain itu, menurut penelitian, setelah tidur hormon akan meningkat dan memicu rasa lapar saat bangun. Hal ini mengakibatkan kita merasa lemas dan justru tidak segar setelah bangun tidur.

Sembelit

Sembelit
Sembelit/pexels.com

Apakah kamu sering mengalami sembelit saat puasa Ramadan? Hal ini bisa diakibatkan karena tidur setelah sahur. Sebab kebiasaan tersebut bisa menghambat proses pengosongan lambung. Karena pengosongan lambung biasanya membutuhkan waktu kira-kira 2-3 jam setelah makan.

Pada akhirnya, bisa memicu sembelit atau sulit buang air besar. Oleh sebab itu penting untuk menghindari aktivitas tidur setelah sahur dan mendukung dengan asupan nutrisi yang sehat. Seperti buah-buahan dan sayuran agar proses pencernaan menjadi lancar.

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan/pexels.com

Jika kamu langsung tidur setelah sahur, maka saat bangun biasanya akan merasa kering dan panas di tenggorokan. Apalagi bertambah sakit jika diiringi dengan rasa asam dan pahit karena asam lambung yang keluar dari kerongkongan.

Hal ini bisa terjadi karena saat berbaring dalam kondisi perut penuh. maka katup lambung dan kerongkongan tidak menutup sempurna. Sehingga asam lambung naik dan memicu rasa terbakar di tenggorokan. Jika sering dilakukan, hal ini bisa bikin peradangan parah di tenggorokan.

Serangan Jantung

Serangan jantung
Serangan jantung/pexels.com

Parahnya, aktivitas tdiur setelah sahur yang dianggap sepele ini bisa memicu penyakit yang mematikan, yakni serangan jantung. Sebab menurut penelitian dari ScienceDaily, orang yang tidur setelah makan bisa meningkatkan tekanan darah. Jika terus menerus, maka bisa menyebabkan serangan jantung, stroke dan berbagai penyakit lainnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id