sign up SIGN UP

Pernah Alami Anxiety? Wajib Ketahui Hal Ini untuk Mengatasinya

Astari Dewi Larasati | Minggu, 31 Jan 2021 10:15 WIB
Pernah Alami Anxiety? Wajib Ketahui Hal Ini untuk Mengatasinya
caption

Anxiety adalah kondisi dimana penderitanya mengalami rasa takut dan khawatir yang berlebihan. Berbeda dengan orang normal pada umumnya, penderita anxiety akan hilang kendali dan timbul berbagai tanda. Mulai dari detak jantung serta napas cepat, gemetaran, berkeringat, hingga tubuh terasa lemas.

Ada beberapa anxiety normal namun adapula anxiety yang tidak boleh dibiarkan. Jika kondisi sudah semakin parah, sebaiknya segera hubungi dokter. Untuk mengatasi gejala yang masih ringan dan bisa dihadapi, coba ketahui hal-hal berikut ini.

Perhatikan pikiran atau perilaku

Segera tulis setiap pikiran cemas dan gejala lain untuk membantu mengatasi.
Freepik.com

Cobalah untuk tidak menyingkirkan emosi atau perilaku tertentu. Karena hal ini akan memperburuk kondisi anxiety. Segera tulis setiap pikiran cemas dan gejala lain untuk membantu melihat pola yang belum pernah dilihat sebelumnya. Selain itu, menghindari merasakan kecemasan akan membuatnya lebih parah. Telaah pikiran negatif dan bagaimana pengaruhnya terhadap perilaku diri sendiri.

Fokus pada fakta

Coba yakinkan diri sendiri, menjernihkan pikiran, dan fokus pada fakta.
Freepik.com

Salah satu masalah terbesar penderita anxiety adalah kekhawatiran. Sehingga berakibat pada mudah menyimpulkan sesuatu dan selalu memikirkan skenario terburuk. Coba yakinkan diri sendiri, menjernihkan pikiran, dan fokus pada fakta daripada mencoba menalar diri karena khawatir tanpa sebab. Hal ini efektif untuk berpikir lebih logis di tengah situasi sulit.

Ada perbedaan antara rasa sakit dan penderitaan

Biasanya penderita anxiety selalu menganggap rasa sakit dan penderitaan sama.
Freepik.com

Catastrophizing adalah penyebab umum yang sering mengganggu kesehatan mental, dimana hal ini dapat membentuk pola pemikiran irasional dan berlebihan. Biasanya penderita anxiety selalu menganggap rasa sakit dan penderitaan sama. Rasa sakit memang dialami secara fisik sedangkan penderitaan dirasakan secara mental. Selain itu, penderitaan akan memengaruhi hidup namun masih bisa dikendalikan. Keduanya punya cara masing-masing untuk diatasi.

Perilaku, emosi, dan anxiety memengaruhi satu sama lain

Inilah sebabnya mengapa anxiety dapat menyebabkan perilaku tertentu.
Freepik.com

Perilaku, emosi, dan anxiety memengaruhi satu sama lain, artinya cara kita berpikir akan memengaruhi perasaan dan perilaku. Inilah sebabnya mengapa anxiety dapat menyebabkan perilaku tertentu. Perilaku akan memengaruhi pikiran dan perasaan yang biasanya memberi tanda fisik untuk mengubah cara kerja otak. Teknik bernapas atau melemaskan bahu adalah salah satu cara yang dapat dilakukan tubuh untuk memberi isyarat kepada otak untuk merilekskan diri.

Pikirkan cara menikmati situasi

Tumbuhkan optimisme dan perhatian penuh agar menjadi obat anxiety.
Freepik.com

Saat mengalami anxiety, penderita akan berpikir untuk melewati suatu situasi tanpa menikmatinya. Tumbuhkan optimisme dan perhatian penuh agar menjadi obat anxiety. Jika tidak berhasil, pikirkan kembali tujuan hidup. Apakah ingin terus menerus khawatir dan takut atau menikmati setiap detik dengan tulus? Semua ini tergantung pada diri sendiri.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id