sign up SIGN UP

Pfizer Lakukan Uji Coba Obat Anti-Corona, Bisa Ampuh Usir Covid-19? Cek Faktanya di Sini

Rini Apriliani | Kamis, 30 Sep 2021 13:00 WIB
Pfizer Lakukan Uji Coba Obat Anti-Corona, Bisa Ampuh Usir Covid-19? Cek Faktanya di Sini
caption
Jakarta -

Sukses dengan vaksin, kini Pfizer kembali mengeluarkan pembaharuan. Masih seputar Covid-19, Pfizer sedang menyiapkan obat anti-corona.

Obat bernama PF-0732133 ini nantinya akan diberikan bersama dengan ritonavir dosis rendah. Bukan tanpa alasan, pemberian bersama dengan ritonavir dosis rendah ini diharapkan dapat membantu memperlambat metabolisme, atau pemecahan. Hal ini agar PF-07321332 ini tetap aktif dalam tubuh untuk jangka waktu yang lama dalam membantu memerangi virus.

Ilustrasi PengujianIlustrasi Pengujian/ Foto: Freepik.com/DCStudio

Hingga saat ini, uji coba obat anti-corona tersebut masih berada pada fase 2/3, dimana ini adalah bagian dari program penelitian klinis global.

Dilansir dari Pfizer, Mikael Dolsten, MD,PhD, selaku Kepala Pejabat Ilmiah dan Presiden dari Pfizer mengungkapkan jika obat buatannya ini akan membantu menghentikan virus lebih awal sebelum akhirnya menyebar luas.

"Dengan dampak Covid-19 yang berkelanjutan di seluruh dunia, kami percaya bahwa penanganan virus akan memerlukan perawatan yang efektif untuk orang tertular, atau telah terpapar virus. Hal ini melengkapi dampak vaksin dalam membantu mengatasi infeksi. Jika berhasil, kami percaya terapi ini dapat membantu menghentikan virus lebih awal sebelum memiliki kesempatan untuk bereplikasi secara luas," ujar Mikael Dolsen, Kamis (30/9).

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Freepik.com

Adapun uji coba pada fase 2/3 ini akan dilakukan secara acak pada 2.660 orang dewasa yang sehat dan berusia 18 tahun ke atas. Peserta tersebut akan ditugaskan secara acak untuk menerima PF-0732133 ini secara oral dua kali sehari selama 5 atau 10 hari ke depan.

Tujuannya yaitu, untuk menilai keamanan dan kemanjuran pencegahan Covid-19 yang dikonfirmasi dan gejalanya hingga hari ke-14.

Pandemi Covid-19Pandemi Covid-19/ Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Sebelumnya, Maret 2021, Pfizer telah melakukan pengembangan fase 1, dimana hasil pengujian tersebut menunjukkan jika PF-07321332 aman dan dapat ditoleransi dengan baik. PF-07321332 atau ritonavir ini dirancang untuk memblokir aktivitas enzim protease utama yang perlu direplikasi oleh virus Covid-19. 

Karena masih berada di fase 2/3, hingga saat ini masih belum ada kabar terbaru akan kapan obat anti-corona dari Pfizer ini akan selesai dan didistribusikan. Terpenting, kita tetap menjaga kesehatan dengan baik dan patuh pada protokol kesehatan ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id