STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Pil KB Bisa Bikin Wajah Mulus? Intip Fakta Seputar Pil KB dan Manfaatnya untuk Kulit Ini

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Senin, 10 Aug 2020 10:00 WIB
Pil KB Bisa Bikin Wajah Mulus? Intip Fakta Seputar Pil KB dan Manfaatnya untuk Kulit Ini

Salah satu alat kontrasepsi yang paling praktis untuk dipilih adalah pil KB. Mengonsumsi pil KB dapat berfungsi untuk menjaga jarak kelahiran dan mencegah kehamilan. Menariknya, pil KB sekarang ini memiliki banyak manfaat lain. Salah satu efek yang paling banyak disukai adalah dapat membuat wajah menjadi lebih mulus dengan mengatasi jerawat.

Salah satu alat kontrasepsi yang paling praktis untuk dipilih adalah pil KB.
Pil KB/ Sumber: Freepik.com

Memang, sebagian besar pil KB terkenal dengan efek samping yang buruk, seperti berat badan naik, sakit kepala, jadwal menstruasi tidak teratur, hingga jerawat. Untungnya, sebagian besar pil KB masa kini malah memiliki fungsi yang baik untuk kecantikan.

Pil KB untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat pada dasarnya dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti produksi minyak yang berlebihan, sumbatan kotoran, debu, dan minyak pada pori-pori, infeksi bakteri, dan hingga efek dari kerja hormon androgen berlebih. Nah, pil KB ini dapat bekerja sangat efektif dalam mencegah dan menghilangkan jerawat akibat dari kerja hormon androgen yang berlebih. Pasalnya, pil KB ini bekerja dengan menghambat produksi hormon androgen.

Jerawat pada dasarnya dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti produksi minyak yang berlebihan, sumbatan kotoran, debu, dan minyak pada pori-pori, infeksi bakteri, dan hingga efek dari kerja hormon androgen berlebih.
Obat Jerawat/ Sumber: Freepik.com

Namun, ketahui bahwa tidak semua pil KB dapat memberikan efek samping untuk menghilangkan jerawat. Jika kamu mencari pil KB dengan efek ini, kamu dapat memilih pil KB dengan kombinasi estrogen dan progesteron yang secara klinis memang sudah terbukti dapat mengatasi jerawat. Selain itu, pil KB dengan kombinasi etinil estradiol dan norethindrone, etinil estradiol dan drospirenone, serta etinil estradiol dan norgestimate bisa menjadi pilihanmu.

Berbeda dengan pil KB dengan komposisi kombinasi tersebut, hindari asupan pil kB yang hanya memiliki kandungan progesteron justru malah berisiko besar memperburuk kondisi jerawat. Meskipun begitu, hingga saat ini masih ada beberapa hal yang harus diteliti untuk memberikan hasil terbaik. 

Jika kamu tertarik untuk mencoba pil KB untuk menjadi opsi perawatan kulit, jangan lupa bahwa obat-obatan tersebut berdampak langsung pada pencegahan kehamilan.
Pil Kontrasepsi/ Sumber: Freepik.com

Jika kamu tertarik untuk mencoba pil KB untuk menjadi opsi perawatan kulit, jangan lupa bahwa obat-obatan tersebut berdampak langsung pada pencegahan kehamilan. Untuk pertimbangan yang lebih aman, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter tentang penggunaan pil KB untuk mengatasi jerawat. Dokter juga akan memberikan penjelasan mengenai efek samping yang mungkin akan dirasakan.

(arm2/arm2)

RELATED ARTICLE