sign up SIGN UP

Punya Alergi Susu dan Intoleransi Laktosa? Ini 4 Alternatif Susu yang Bisa Dicoba

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Jumat, 25 Mar 2022 07:15 WIB
Punya Alergi Susu dan Intoleransi Laktosa? Ini 4 Alternatif Susu yang Bisa Dicoba
caption
Jakarta -

Susu merupakan salah satu minuman kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, tak semua orang cocok minum susu, khususnya susu yang berasal dari hewani. Hal ini karena beberapa orang sensitif dengan kandungan zat dalam susu, sehingga mengalami alergi susu dan intoleransi laktosa.

Meskipun disebabkan oleh penyebab yang sama, nyatanya alergi susu dan intoleransi susu berbeda. Melansir dari CNN Indonesia, alergi susu terjadi karena protein susu mempengaruhi kerja sistem imun jadi berlebihan. Sementara intoleransi laktosa terjadi karena tubuh tidak mampu mengelola laktosa pada susu karena kurangnya enzim laktase dalam tubuh.

Ilustrasi kulit alergi karena kandungan laktosa yang terkandung dalam susu
Ilustrasi Alergi/Foto: Freepik.com/freepik

Sehingga kedua masalah ini akan menyebabkan reaksi yang berbeda seperti, berupa perut kembung, diare hingga ruam kulit. Dilansir dari Mayo Clinic, reaksi beberapa orang yang intoleransi dengan produk susu bahkan dapat mengancam keselamatan jiwa, seperti sesak nafas.

Beauties, jika kamu memiliki masalah yang sama, maka kamu butuh alternatif susu yang berasal dari nabati. Berikut 4 alternatif susu yang bisa kamu coba, bahkan bisa dibuat sendiri di rumah!

Susu Kedelai

Susu Kedelai solusi pengganti susu hewani bagi pemilik alergi laktosa
Susu Kedelai/Foto: Pexels.com/polina-tankilevitch

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan susu kedelai. Minuman yang satu ini memang dekat dengan budaya Indonesia yang gemar makan tahu dan tempe. Hal ini karena di setiap penjual tahu dan tempe, biasanya juga terdapat susu kedelai.

Susu kedelai merupakan minuman yang dibuat dari kacang kedelai. Dilansir dari Web MD, susu kedelai mengandung mineral, antioksidan dan vitamin, seperti vitamin A dan B. Susu kedelai memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti mencegah anemia, menjaga kesehatan otak, meningkatkan kesehatan otot dan jantung, hingga mengurangi gejala menopause.

Susu Almond

Almond milk termasuk salah satu susu nabati lainnya yang banyak digemari oleh orang yang sensitif dengan laktosa
Almond Milk/Foto: Freepik.com/8photo

Selanjutnya ada almond milk atau susu almond yang juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang sensitif dengan laktosa atau alergi susu. Selain disukai oleh orang-orang yang menghindari susu hewani, susu almond juga jadi salah satu minum favorit bagi ibu-ibu yang sedang menyusui.

Yup, ini karena almond milk dianggap sebagai ASI (Air Susu Ibu) booster yang dapat meningkatkan jumlah produksi ASI. Dilansir dari Medical News Today, susu almond memiliki manfaat untuk kesehatan seperti mengurangi risiko penyakit jantung dan memperkuat tulang.

Susu almond sangat mudah untuk dibuat di rumah, kamu hanya perlu merendam kacang almond dalam waktu semalam. Kemudian diblender dengan air dan dapat ditambahkan dengan pemanis jika suka. 

Susu Oat

Oat milk termasuk salah satu alternatif pengganti susu hewani yang kini juga banyak digunakan untuk campuran kopi
Oat Milk/Foto: Freepik.com/

Oat milk merupakan pilihan susu nabati yang cocok untuk kamu yang intoleransi dengan laktosa, alergi susu, hingga alergi kacang-kacangan. Ini karena oat milk terbuat dari gandum. Susu yang terbuat dari oat ini kini juga telah banyak digunakan oleh penikmat kopi sebagai pengganti susu sapi.

Oat milk biasanya dijual di tempat-tempat yang mengusung konsep healthy food, seperti vegan atau plant based. Melansir dari Heatlhline, susu yang terbuat dari oat bermanfaat dalam pemenuhan sumber vitamin B, menurunkan kolesterol jahat, dan baik untuk kesehatan tulang.

Coconut Milk atau Santan

Coconut milk atau yang disebut santan oleh orang Indonesia dapat menjadi alternatif pengganti susu hewani
Coconut Milk/Foto: Freepik.com/jcomp

Coconut milk atau yang disebut santan oleh masyarakat di Indonesia ini juga termasuk sebagai salah satu alternatif untuk orang yang alergi atau menghindari produk susu. Melansir dari Medical News Today, santan memiliki 3 manfaat utama untuk kesehatan, seperti membantu penurunan berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Santan dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung trigliserida rantai menengah (MCT). Dalam beberapa penelitian, MCT bekerja untuk mengurangi berat badan dan mengurangi ukuran pinggang. Namun yang harus diperhatikan, sebaiknya santan yang dikonsumsi adalah santan yang tidak mengalami proses pemanasan yang berlebih.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id