sign up SIGN UP

9 Rekomendasi Buah untuk Meredakan Sakit Tenggorokan, Segar dan Sehat!

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Sabtu, 26 Feb 2022 16:00 WIB
9 Rekomendasi Buah untuk Meredakan Sakit Tenggorokan, Segar dan Sehat!
caption
Jakarta -

Cuaca buruk memang menjadi ancaman karena bisa membuat banyak orang jatuh sakit. Salah satu penyakit yang sering muncul adalah sakit tenggorokan, baik yang disebabkan oleh gejala flu maupun serangan bakteri. Selain itu, salah satu gejala COVID-19 varian Omicron adalah sakit tenggorokan. Kalau sudah begini, semua aktivitas jadi terganggu karena rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Jika kamu mengalami hal ini, ada berbagai pengobatan yang bisa dicoba, salah satunya mengonsumsi buah-buahan. Sebagaimana dilansir dari Boldsky, kamu bisa meredakan sakit tenggorokan dengan cepat dengan konsumsi buah yang mengandung vitamin C tinggi. Yuk, cari tahu!

Lemon

Lemon/Foto: Pexel.com/Lukas
Lemon/Foto: Pexel.com/Lukas

Buah yang satu ini memang dipercaya memiliki berbagai khasiat, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah infeksi. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, kamu bisa mengolahnya jadi jus. Mengonsumsinya selagi hangat akan membantu memberikan rasa nyaman pada tenggorokan. Kandungan vitamin di dalamnya juga akan meredakan infeksi sehingga bisa sembuh lebih cepat.

Cranberry

Cranberry/Foto: Pexel.com/Irita Antonevica
Cranberry/Foto: Pexel.com/Irita Antonevica

Dilansir dari Boldsky, cranberry adalah salah satu buah yang memiliki kandungan ampuh untuk melawan sakit tenggorokan sejak dini. Cara paling mudah untuk mengonsumsinya adalah dengan mengolahnya jadi jus. Namun kamu juga bisa memakannya secara langsung selagi segar.

Jeruk

Jeruk/Foto: Pexel.com/Pixabay
Jeruk/Foto: Pexel.com/Pixabay

Buah dengan kandungan vitamin C tinggi ini memang dikenal sebagai salah satu obat paling ampuh untuk panas dalam dan sakit tenggorokan. Ditambah lagi, rasanya juga enak dan menyegarkan sehingga nikmat untuk dikonsumsi. Jika kamu mulai merasakan gejala tidak nyaman di tenggorokan, konsumsi jus jeruk secara rutin bisa jadi pertolongan pertama.

Tomat

Tomat/Foto: Pexel.com/PhotoMIX Company
Tomat/Foto: Pexel.com/PhotoMIX Company

Selain sebagai bumbu masak dan teman makan salad, tomat ternyata juga memiliki manfaat untuk meredakan sakit tenggorokan. Kamu cukup mengonsumsi dua buah tomat sehari untuk mendapatkan manfaat maksimal. Coba tambahkan sedikit garam yodium, dan tenggorokan akan membaik dalam waktu singkat. Kamu juga bisa mengolahnya jadi jus jika mau. Tapi pastikan tomat yang kamu konsumsi tidak berasa asam, ya!

Nanas

Jus nanas bisa meredakan fluIlustrasi nanas/Foto: Pexels/SHVETS production

Buah ini memiliki kandunganbromelain yang memiliki manfaat sebagai zat anti peradangan. Dengan demikian, konsumsi nanas secara teratur akan bisa membantu melawan iritasi atau infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Meski demikian, konsumsi nanas tidak disarankan untuk ibu hamil atau penderita alergi tertentu.

Kiwi

Kiwi/Foto: Pexel.com/Any Lane
Kiwi/Foto: Pexel.com/Any Lane

Buah yang banyak dipakai sebagai bahan minuman dan kue ini ternyata memiliki banyak kandungan protein yang bisa membantu mengatasi sariawan, masalah tenggorokan, dan batuk. Agar mendapatkan manfaat maksimal, kamu bisa memakannya langsung atau menjadikannya jus.

Pisang

Pisang/Foto: Pexel.com/Juan Salamanca
Pisang/Foto: Pexel.com/Juan Salamanca

Pisang juga bisa menjadi pilihan untuk meredakan sakit tenggorokan. Di dalamnya terdapat kandungan potasium tinggi yang mampu meredakan berbagai gejala flu, mulai dari batuk, radang tenggorokan, dan masalah lain. Para ahli mengungkapkan bahwa konsumsi pisang setiap hari akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Semangka

Semangka/Foto: Pexel.com/Andrea Piacquadio
Semangka/Foto: Pexel.com/Andrea Piacquadio

Buah ini terasa segar saat dikonsumsi karena memiliki kandungan air tinggi. Selain itu, konsumsi semangka saat sakit tenggorokan akan membantumu tetap terhidrasi sehingga proses pemulihan juga lebih cepat. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa mengolahnya jadi jus untuk memberikan rasa nyaman pada bagian yang sakit.

Aprikot

Aprikot/Foto: Pexel.com/Pixabay
Aprikot/Foto: Pexel.com/Pixabay

Buah aprikot diklaim sebagai buah terbaik untuk meredakan infeksi pada tenggorokan. Meski demikian, kamu harus berhati-hati untuk mengonsumsi aprikot. Pastikan buah yang kamu pilih tidak berasa masam karena agar tidak menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan atau bagian yang terinfeksi.

Itulah 9 buah yang direkomendasikan para ahli untuk meredakan sakit tenggorokan. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya jadi jus atau makanan lain sesuai selera. Dalam kondisi normal, konsumsi buah di atas tak hanya meringankan radang tapi juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Selamat mencoba, Beauties!

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id