sign up SIGN UP

Rekomendasi Cara Cepat dan Aman Menaikkan Berat Badan, Cocok Buat Kamu yang Merasa Terlalu Kurus

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Senin, 12 Sep 2022 15:00 WIB
Rekomendasi Cara Cepat dan Aman Menaikkan Berat Badan, Cocok Buat Kamu yang Merasa Terlalu Kurus
Ilustrasi tubuh kurus/Freepik.com/KamranAydinov

Bagi sebagian orang, menaikkan berat badan (BB) bukanlah perkara yang mudah. Nyatanya, memang bukan cuma menurunkan BB saja yang butuh perjuangan.

Apakah kamu termasuk yang butuh menambah BB agar tidak terlalu kurus, karena ingin punya BB yang ideal? Untuk mengecek ideal tidaknya, kamu bisa menghitung pakai rumus indeks massa tubuh, Beauties! Lantas apa aja cara untuk menaikkan BB? Simak di bawah ini, yuk!

Meningkatkan Kalori

Menambah kalori harian. Foto: Freepik.com/Jcomp
Menambah kalori harian. Foto: Freepik.com/Jcomp

Karena tubuhmu kurang berat badannya, itu berarti kamu perlu menambah kalori lebih banyak. Mengutip Healthline, bila kamu ingin menaikkan BB dengan santai saja, maka bisa menambah 300-500 kalori, tapi kalau ingin cepat bisa 700-1000 kalori.

Namun yang nggak kalah penting adalah memilih makanan tinggi kalori yang sehat, contohnya alpukat, kacang almond, dan daging tanpa lemak. Meski makanan cepat saji dan tinggi gula juga bisa menaikkan BB, tapi hati-hati karena risiko berbagai penyakit bisa mengintai seperti kolestrol tinggi, obesitas, dan diabetes.

Untuk mengakalinya, kamu bisa makan lebih sering dari biasanya tapi dalam porsi kecil, misal dari tiga kali jadi 4-5 kali sehari.

Minum Minuman Padat Kalori

Selain dari makanan, kamu juga bisa mendapat asupan nutrisi dan padat kalori dari minuman lho, Beauties. Di antaranya susu, smoothies, jus, juga yoghurt.

Berolahraga

Ilustrasi latihan angkat beban/Foto: Freepik.com/wayhomestudioIlustrasi latihan angkat beban/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Siapa bilang rajin berolahraga hanya untuk menurunkan BB? Olahraga jenis tertentu juga bisa menambah berat badan, yaitu yang berfokus pada otot seperti angkat beban. Kamu perlu melakukan secara rutin sebanyak 2-3 kali seminggu.

Minum Air Putih

Penting juga bagi kamu menjaga kebutuhan cairan agar tidak dehidrasi dan ternyata juga ada terkait dengan menaikkan BB dengan sehat. Kamu disarankan minum air putih 6-8 gelas sehari. Mengutip NHS, hindari minum sebelum makan supaya tidak merasa cepat kenyang.

Pilih Piring yang Besar

Ternyata piring yang dipilih bisa mempengaruhi makanmu. Masih dikutip dari Healthline, pilihlah piring yang besar. Sebaliknya, saat memilih yang kecil, kita jadi akan makan lebih sedikit.
----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id