sign up SIGN UP

Resep Chicken Wings Pizza Hut ala Chef Devina Hermawan, Ternyata Mudah Lho!

Siti Mukaromah | Beautynesia
Sabtu, 17 Jul 2021 16:00 WIB
Resep Chicken Wings Pizza Hut ala Chef Devina Hermawan, Ternyata Mudah Lho!
caption

Menu sayap ayam seringkali jadi makanan favorit hampir semua orang. Kamu pun mungkin termasuk salah satu yang menyukainya. Salah satu menu andalan adalah chicken wings Pizza Hut. Tapi tentunya, banyak resto makanan lain yang menyajikan menu ini dengan ciri khasnya masing-masing.

Tapi, pernah tidak kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah? Jika ya, Devina Hermawan, salah satu finalis dari jebolan Master Chef Indonesia membagi resep melalui akun twitternya. Yuk, dicoba!

Bahan-bahan:

Resep, chicken wings, olahan ayam
Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat chicken wings/twitter.com/hermawan_devina

  • 6 pcs sayap ayam
  • 3 pcs bawang putih halus
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 ½ sdm saus tiram
  • 1 sdm saus barbeque
  • 1 ½ sdm saus sambal
  • 2 sdm madu
  • 1 sdt kaldu jamur
  • ½ sdt merica
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat Chicken Wings Ala Pizza Hut:

Pertama, potong sayap ayam menjadi 3 bagian sesuai dengan ruas sendinya. Buang ujung sayap untuk menghindari bagian yang gosong. Jika sudah, cuci bersih sayap ayam yang sudah kamu potong - potong tadi.

Resep, chicken wings, olahan ayam
Cara membuat chicken wings/twitter.com/hermawan_devina

Dalam memilih sayap ayam, Devina menyarankan untuk memilih sayap yang memiliki bagian daging yang tebal. Hal ini bertujuan agar ayam yang digunakan tidak mudah gosong saat dipanggang nanti.

Kedua, marinasi sayap ayam dengan bumbu yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Seperti, bawang putih halus, kecap manis, saus tiram, saus sambal, saus barbeku, kaldu jamur dan merica. Kemudian aduk hingga rata.

Untuk kamu yang merasa repot menyiapkan bawang putih halus, kamu bisa manfaatkan garlic powder. Dan untuk kamu yang tidak suka saus barbeku, bisa mengganti dengan saus tomat.

Ketiga, ini bisa jadi langkah terpenting dalam semua proses. Marinasi adonan ayam tadi selama minimal 2 jam pada suhu ruangan atau 8 jam untuk suhu lemari pendingin. Namun, kamu juga bisa mendiamkannya semalaman. Karena semakin lama melakukan marinasi, semakin meresap adonan bumbu dan ayam akan semakin enak.

Resep, chicken wings, olahan ayam
Masukan seluruh bumbu untuk dimarinasi/twitter.com/hermawan_devina

Keempat, setelah dirasa cukup untuk dimarinasi, tambahkan minyak goreng yang sudah kamu siapkan dan aduk bersama adonan hingga merata.

Kelima, siapkan wire baking rack dan alasnya, letakkan ayam di atasnya. Alasan digunakannya wire baking rack ini, karena ketika dipanggang ayam akan mengeluarkan liquid atau cairan. Wire baking rack dan alasnya berguna untuk menampung cairan bumbu tersebut.

Jika tidak ada wire baking rack, kamu bisa gunakan alumunium foil yang sudah sengaja dikusutkan dan meletakan ayam di atasnya.

Devina juga menjabarkan, bahwa sebenarnya bukan menjadi masalah jika ayam ini terkena cairan yang sudah keluar pada saat dipanggang. Namun, memang, permukaan yang dihasilkan tidak lebih crispy dari ayam yang tidak terkena cairan bumbu.

Resep, chicken wings, olahan ayam
Gunakan aluminum foil untuk menampung cairan yang keluar dari ayam/twitter.com/hermawan_devina

Keenam, panggang dalam oven dengan suhu 220° selama 10 menit. Setelahnya, keluarkan ayam dari oven lalu olesi ayam dengan sisa bumbu marinasi dan panggang kembali dengan suhu 180° selama 5 – 10 menit.

Jika kamu tidak ingin menggunakan oven, kamu bisa juga menggantinya dengan air fryer, atau langsung menggorengnya menggunakan pan. Tapi, jika kamu ingin menggunakan pan, Devina menyarankan agar ayamnya diungkep terlebih dahulu sebelum digoreng. Ini bertujuan agar ayam yang digoreng tidak gosong sebelum matang.

Ketujuh, Jika ayam sudah berwarna coklat keemasan, angkat dan sajikan di atas piring.

Resep, chicken wings, olahan ayam
Angkat chicken wings dari oven/twitter.com/hermawan_devina

Beauties, memesan makanan siap santap memang menjadi hal yang praktis. Namun, dengan kamu membuatnya sendiri, bisa jadi aktivitas yang menyenangkan, lho. Selamat mencoba!


Our Sister Site

mommyasia.id