sign up SIGN UP

Resep Yogurt Yakult yang Enak untuk Kamu yang #DiRumahAja

Vindi Fitriana | Beautynesia
Minggu, 22 Mar 2020 13:30 WIB
Resep Yogurt Yakult yang Enak untuk Kamu yang #DiRumahAja
caption
emang untuk membuat yogurt membutuhkan bakteri yang sulit untuk ditemukan di pasaran. Tetapi kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah, yaitu dengan menggunakan minuman yakult yang mudah ditemukan. Yuk, ikuti selengkapnya!

Yogurt yang dibuat dari olahan susu kaya akan manfaat, salah satunya untuk membantu sistem pencernaan lebih lancar. Bahkan dapat juga untuk menurunkan berat badan.

Yogurt ini terbuat dari susu yang melalui fermentasi bakteri. Bakteri yang digunakan dalam pembuatan yogurt adalah Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus. Jika kamu ingin membuat yogurt sendiri dirumah sangat mudah karena bakteri yang terkandung dalam yogurt tersebut bisa kamu ganti dengan minuman yakult yang mengandung bakteri L. casei Shirota. Ikuti resepnya ya!


1. Bahan-bahan Membuat Yogurt




Foto: https://www.scmp.com/

Kamu perlu mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat yogurt. Bahannyapun mudah dan simpel untuk kamu lakukan saat di rumah. Berikut bahannya:

        
  • 500 ml susu sapi segar
  •     
  • 1 botol yakult

2. Peralatan untuk Membuat Yogurt




Foto: https://www.eyeem.com/

Selain bahan-bahan yang perlu kamu siapkan. Kamu juga harus menyiapkan peralatan untuk mendukung dalam proses pembuatan yogurt. Perlatan yang perlu disiapkan adalah panci, sendok atau spatula, kompor dan toples.


3. Cara Membuat Yogurt




Foto: https://www.simplyrecipes.com/

Langkah ini yang paling ditunggu bagi penggemar yogurt yang penasaran dengan cara membuat yogurt yang simpel ini. Cara membuatnya sebagai berikut:

        
  • Tuang susu yang sudah disiapkan ke dalam panci dan panaskan dengan api sedang sambil terus di aduk secara perlahan sampai muncul bui-bui berwarna putih. Tetapi jangan sampai merebusnya hingga mendidih. Tujuannya agar bakteri dalam susu bisa mati tanpa merusak gizi yang terkandung didalam susu tersebut.
  •     
  • Tempatkan susu pada toples atau wadah yang kedap udara. Hal ini dilakukan agar membantu proses frementasi. Kemudian kamu diamkan sampai hangat suam-suam kuku.
  •     
  • Kemduian masukkan 1 botol Yakult, kemudian aduk secara merata.
  •     
  • Terakhir kamu dapat menempatkan susu yang telah bercampur dengan yakult ke dalam toples atau wadah kedap udara ke dalam lemari pendingin. Inilah yang disebut proses fermentasi. Tetapi ingat jangan menyimpannya di dalam Freezer. Hal ini dikarenakan susu yang terkandung dalam bahan pembuatan yogurt dapat membuat pecah dan justru akan merusak yogurt. Kamu hanya boleh menyimpannya selama seminggu.

Baca Juga: Khasiat Berbeda yang Diberikan Yogurt Saat Dikonsumsi Pada Waktu-Waktu Tertentu
 
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id