sign up SIGN UP

Resiko Tidak Berjemur di Pagi Hari: Salah Satunya Bikin Obesitas!

Izzul Millati Umami | Beautynesia
Jumat, 30 Jul 2021 08:00 WIB
Resiko Tidak Berjemur di Pagi Hari: Salah Satunya Bikin Obesitas!
caption

Beauties masih malas keluar rumah mencari cahaya matahari? Wah, jangan lagi, ya. Coba deh sempatkan waktu 10-15 menit saja untuk menemui sang surya. Pasalnya, berjemur punya segudang manfaat yang luar biasa, loh. Nah, bagi kamu yang masih nggak suka melakukannya, hati-hati saja dengan 5 resiko tidak berjemur berikut ini.  

1. Resiko Obesitas

resiko obesitas
resiko obesitas/Foto:pixabay.com/jarmoluk-1437

Beauties, mungkin banyak dari kamu yang belum tahu bahwa sinar matahari bisa menurunkan berat badan. Nah, loh! Yup, di dalam sinar matahari terdapat nitrat oksida untuk mengatur metabolisme badan tetap lancar, loh. Tak mengherankan, penduduk yang berada di negara musim dingin akan memiliki berat badan lebih besar daripada penduduk di negara tropis. 

2. Gangguan Penyakit Mental

Gangguan mental
Gangguan mental/Foto:pixabay.com/absolutvision

Kenapa penduduk yang berada di negara tropis punya kecenderungan untuk merasa lebih bahagia daripada warga musim dingin? Yup, nyatanya kondisi cahaya matahari sangat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Tahukah kamu? Hormon seretonin di otak yang meningkat bisa membikin suasana hati jadi semakin bahagia. Sebaliknya, makin dingin suhunya, maka semakin mudah seseorang buat depresi. 

3. Gangguan Insomnia

Banyak yang bilang kalau mereka yang jarang keluar rumah adalah kaum yang suka tidur. Padahal nggak selalu begitu loh, Beauties. Justru, mereka yang jarang terkena paparan sinar matahari akan susah tidur. Sebaliknya, semakin sering kamu keluar dan bergerak aktif, maka semakin nyenyak pula tidurmu. 

4. Gangguan Jantung

Beauties, semakin jarang kamu keluar menyerap sinar matahari, maka semakin bermasalah pula jantungmu. Jantung akan kekurangan vitamin yang berguna bagi tubuh, loh. Otot jantung pun semakin lemah memompa darah bila vitamin D berkurang. Resiko penumpukan plak pun akan semakin bertambah ketika malas berjemur. 

5. Resiko Nyeri Otot 

nyeri otot
nyeri otot/Foto:pixabay.com/scottwebb-30630/

Apakah kamu pernah merasa nyeri otot tiba-tiba padahal sedang nggak melakukan aktifitas apapun? Bisa jadi karena tubuhmu kekurangan vitamin D. Hm, makannya, jangan lupakan untuk berjemur ya. Vitamin D memang sangat penting bagi tubuh karena bisa mengencangkan otot.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id