STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Selama Bulan Puasa Pola Makan Berubah, Biar Tetap Sehat Ini Cara Tepat Mengaturnya!

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Sabtu, 23 Apr 2022 02:30 WIB
Selama Bulan Puasa Pola Makan Berubah, Biar Tetap Sehat Ini Cara Tepat Mengaturnya!

Ada banyak hal yang harus dilakukan saat menjalankan ibadah puasa. Mulai dari persiapan jadwal tidur hingga bangun, persiapan makanan untuk sahur maupun berbuka, dan yang terpenting adalah persiapan diri dan niat yang benar. Dengan begitu, seseorang bisa beraktivitas seperti biasa tanpa khawatir lelah ataupun lesu walau sedang berpuasa.

Tubuh yang sehat merupakan bekal untuk beraktivitas seharian selama berpuasa. Dengan berpuasa juga, seseorang bisa membantu tubuh dalam proses pendetoksifikasi racun.

Karena selama berpuasa organ pencernaan istirahat dari proses pengolahan makanan dalam tubuh. Hal ini bukan berarti tubuh akan kekurangan energi, dikarenakan selama berpuasa seseorang tetap akan memperhatikan asupan gizi saat sahur maupun berbuka. Nah berikut beberapa tips agar selama berpuasa, energi tetap terjaga dengan pola makan yang teratur.

1. Jangan Sampai Kelewat Waktu Sahur

jangan sampai kelewatan sahur ya
waktu sahur/pinterest.com/Francesco Butturi

Sahur merupakan satu-satunya waktu untuk makan sebelum menahan lapar dan dahaga seharian penuh. Bisa dibilang sahur juga merupakan pengganti sarapan dan makan siang. Sehingga, makan sahur dianjurkan untuk menjaga metabolisme tubuh serta memberikan energi untuk beraktivitas di siang harinya.

Fungsi sahur sendiri sebenarnya bukan cuma menahan lapar di siang hari, tapi juga menjaga kadar gula, merangsang pencernaan pertama kali di pagi hari, membantu daya ingat dan konsentrasi, dan menjaga metabolisme tubuh.

2. Mengatur Menu Makan untuk Sahur dan Berbuka

stok bahan makanan selama puasa
supply bahan makanan/pinterest.com/V

Sebelum berpuasa seharian, setiap orang dianjurkan untuk makan sahur. Sama halnya ketika sudah memasuki azan magrib, bagi yang berpuasa hendaknya segera membatalkan puasanya.

Nah, dalam dua sesi waktu makan ini akan lebih baik jika menu makan sudah diatur. Sehingga karbohidrat, nutrisi, vitamin, dan mineral tak akan dilewatkan dalam setiap santapan menu berbuka maupun sahur.

Hal ini akan lebih mudah lagi jika jadwal menu makan ditulis. Cara yang pertama bisa dimulai dari mendata menu kesukaan terlebih dahulu. Lalu, dilanjut dengan mendata bahan-bahan yang dibutuhkan dan berbelanja. Selanjutnya, pisahkan antar menu ke dalam box masing-masing agar memudahkan saat proses masak nantinya.

3. Membatasi Makan

MakananMembatasi Makan/ Foto: Pexels.com/MART PRODUCTION

Walau sudah sewajarnya orang berpuasa ingin makan lagi dan lagi saat berbuka maupun sebelum azan subuh, tapi lebih baik untuk tidak makan berlebihan dan sesuai porsinya. Jauhi pula makanan yang tidak mengandung gizi, berlemak, terlalu pedas, terlalu masam, maupun minuman yang terlalu dingin.

Dengan menjatah makan sesuai porsinya, keseimbangan tubuh akan tetap terjaga dan tidak lemas di siang harinya. Faktanya, makan terlalu banyak membuat seseorang mudah lelah dan mengantuk karena gula darah naik. Jadi, makan boleh asal jangan terlalu berlebihan.

Gimana beauties, gampang-gampang susah ya ternyata untuk menjaga pola makan ideal selama berpuasa. Tapi tenang, tak ada yang tak mungkin untuk terus menjaga kesehatan diri sendiri.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE