STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

6 Alasan Tidur Setelah Sahur Tidak Baik untuk Kesehatan, Hentikan Mulai Hari Ini!

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Jumat, 22 Apr 2022 22:34 WIB
6 Alasan Tidur Setelah Sahur Tidak Baik untuk Kesehatan, Hentikan Mulai Hari Ini!

Setelah sahur, tidak jarang kita memilih untuk melanjutkan tidur karena masih sangat mengantuk. Padahal kita harus memberikan jeda waktu untuk lambung mencerna makanan sahur yang kita konsumsi.

Tidur setelah sahur tentunya merupakan hal yang harus kita hindari karena bisa memberikan dampak negatif terhadap tubuh. Dilansir dari detikEdu, dikutip dari Pakar Kesehatan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Dede Nasrullah, ada 6 alasan mengapa tidur setelah sahur tidak baik dari segi kesehatan. Apa saja, simak yuk!

1. GERD

GERD/ Foto: pexels.com/Cottonbro
GERD/ Foto: pexels.com/Cottonbro

Langsung tidur setelah makan bisa menyebabkan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Dede Nasrullah menjelaskan bahwa GERD yaitu suatu penyakit yang diakibatkan asam lambung bergerak menuju kerongkongan. GERD terjadi karena saat kamu tidur berbaring, katup antara lambung dan kerongkongan tidak menutup dengan sempurna.

Gejala GERD antara lain perasaan terbakar di ulu hati, mulut pahit, nyeri dada, dan mual. Agar kamu tidak terkena GERD, Dede menyarankan untuk menunggu sekitar 3 jam untuk tidur setelah sahur agar makanan dicerna sempurna oleh lambung.

2. Penumpukan Lemak

Ilustrasi penumpukan lemak/ Foto: unsplash.com/I Yunmai
Ilustrasi penumpukan lemak/ Foto: unsplash.com/I Yunmai

Kalau kamu sedang berusaha untuk diet selama Ramadan, tidur setelah sahur wajib kamu hindari. Penumpukan lemak dari makanan yang kamu konsumsi saat sahur bisa terjadi karena kalori yang masuk lebih banyak ketimbang yang dibakar oleh tubuh, akibatnya angka timbangan kamu bisa naik.

Apalagi kalau keluarga kamu memiliki riwayat obesitas, tidur setelah sahur bisa membuat kamu kemungkinan mengalami lonjakan berat badan secara berkali lipat. Nanti bukannya mendapatkan tubuh yang lebih kurus, malah tambah melebar.

3. Sakit Tenggorokan

Ilustrasi sakit tenggorokan/ Foto: freepik.com/ Jcomp
Ilustrasi sakit tenggorokan/ Foto: freepik.com/ Jcomp

Pernah nggak merasakan tenggorokan kamu sakit ketika bangun tidur? Hal ini dikarenakan asam lambung yang naik ke tenggorokan. Jadi, sensasi panas tidak hanya di dada, tapi juga di tenggorokan kamu. Kalau kamu terus melanjutkan kebiasaan tidur setelah sahur, bisa terjadi peradangan.

Kalau kamu tidak kuasa menghalau kantuk, tidurlah dalam posisi duduk agar asam lambung tidak mencapai tenggorokan. Jangan berbaring langsung ya, Beauties.

4. Sembelit

Ilustrasi diare/ Foto: freepik.com/ Freepik
Ilustrasi diare/ Foto: freepik.com/ Freepik

Ketika kamu memutuskan untuk berbaring setelah makan, proses pencernaan jadi terganggu. Makanan yang membutuhkan waktu cerna 2 sampai 3 jam menjadi menumpuk di lambung karena tidak bisa dicerna dengan normal.

Hal ini kalau dibiarkan terus-terusan bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit. Penting untuk kamu tidak mengonsumsi makanan yang memperberat kerja lambung seperti makanan berlemak tinggi, kafein, dan tinggi gula. Perbanyak sayur dan buah ya, Beauties.

5. Serangan Jantung

Ilustrasi serangan jantung/ Foto: freepik.com/ Freepik
Ilustrasi serangan jantung/ Foto: freepik.com/ Freepik

Kebiasaan langsung tidur setelah makan besar membuat tekanan darah meningkat yang tentunya berbahaya bagi jantung. Kalau tekanan darah tidak kunjung turun bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke dan jantung koroner.

6. Stroke

Penyakit berbahaya lainnya yang juga dapat mengancam kesehatan ya kamu ialah stroke. Hal ini bisa dipicu dari kebiasaan tidur setelah sahur.Ilustrasi Stroke/ Foto: Freepik.com

Beauties, tidur setelah sahur dapat mempersulit sistem pencernaan untuk mencerna makanan. Akibatnya, lambung membutuhkan suplai darah yang lebih banyak untuk menuju perut dan otak bisa kekurangan oksigen. Kalau terus terjadi dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan stroke. 

Jadi, sudah tau kan kalau bahaya dari tidur setelah sahur tidak bisa dianggap sepele. Memang susah menahan kantuk, tapi lebih susah lagi kalau nanti kamu terkena imbas dari kebiasaan tidak baikmu ini.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE