sign up SIGN UP

Sering Dibuang Percuma, Kulit Pisang Ternyata Punya Deretan Manfaat Baik untuk Kesehatan!

aqillah diaz | Beautynesia
Rabu, 16 Mar 2022 15:00 WIB
Sering Dibuang Percuma, Kulit Pisang Ternyata Punya Deretan Manfaat Baik untuk Kesehatan!
caption

Pisang merupakan buah yang memiliki banyak kandungan, seperti serat, antioksidan, dan potasium. Tak hanya memiliki banyak kandungan, pisang juga menjadi salah satu buah yang bisa dikonsumsi untuk diet maupun untuk menjaga pola hidup sehat. 

Selain itu, pisang pun menjadi salah satu buah yang kaya variasi, yang mana bisa dinikmati dengan dimakan langsung ataupun diolah menjadi smoothies, pancake, cake, dan sebagainya. Tapi ternyata tidak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, kulit pisang yang biasanya kita buang memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan lho!

Kulit pisang memiliki kandungan antioksidan, seperti fenolik, flavonoid, karotenoid, polifenol, dan tanin, serta kandungan senyawa bersifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat melawan bakteri dan jamur. Berikut beberapa manfaat dari kulit pisang. Simak yuk!

1. Kulit Pisang sebagai First Aid

Kulit Pisang sebagai First Aid / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Kulit Pisang sebagai First Aid / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Kulit pisang memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat digunakan untuk pertolongan pertama atau first aid. Dilansir dari Healthline, kulit pisang bisa kamu gunakan ketika kamu mengalami gatal, ruam, ataupun terbakar sinar matahari.

Caranya, kamu bisa menggunakan kulit pisang agar dapat meredakan rasa sakit dengan membekukan kulit pisang kemudian letakkan pada bagian kulit yang terkena gigitan serangga atau gatal. Bahkan kamu juga bisa mengurangi sakit kepala dengan meletakkan kulit pisang yang sudah beku di dahi dan leher. 

2. Menjaga Kekebalan Tubuh

Menjaga Kekebalan Tubuh / foto : pexels.com/Pixabay
Menjaga Kekebalan Tubuh / foto : pexels.com/Pixabay

Tak hanya dapat digunakan sebagai first aid, melansir dari Lifehack, kulit pisang ternyata memiliki kaya serat yang dapat membantu menciptakan bakteri baik, yakni probiotik di usus besar sehingga dapat mendetoksifikasi, tubuh secara optimal.

Selain itu, kulit pisang juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjaga sistem imun tubuh.

3. Menjaga Mata Tetap Sehat dan Menghilangkan Lingkar Mata

Menjaga Mata Tetap Sehat dan Menghilangkan Lingkar Mata / foto : pexels.com/Skitterphoto
Menjaga Mata Tetap Sehat dan Menghilangkan Lingkar Mata / foto : pexels.com/Skitterphoto

Manfaat berikutnya dari kulit pisang untuk kesehatan adalah dapat menjaga mata lebih sehat. Dilansir dari Lifehack, kulit pisang memiliki kandungan lutien yang tinggi. Lutien adalah senyawa yang dapat membantu penglihatan lebih baik ketika malam hari dan dapat mencegah mata dari katarak.

Tak hanya itu, kulit pisang juga dapat menghilangkan lingkar mata yang hitam dan bintik hitam di sekitar mata. Cara menggunakannya juga tidak susah, kamu bisa mengambil bagian dalam pisang kemudian dicampur dengan lidah buaya dan oleskan di bagian bawah mata, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu, kamu dapat membilasnya dengan air bersih.

4. Kulit Pisang Dapat Mencegah Kanker

Kulit Pisang dapat Mencegah Kanker / foto : pexels.com/Thirdman
Kulit Pisang dapat Mencegah Kanker / foto : pexels.com/Thirdman

Kanker merupakan salah satu penyakit dengan tingkat kematian tertinggi dan berbahaya di seluruh dunia. Bahkan penyakit ini dapat diderita oleh siapapun mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk mencegah kanker, kamu dapat memanfaatkan kulit pisang yang kaya akan antioksidan dan senyawa yang mampu menjaga sel dari ancaman mutasi sehingga dapat terhindar dari kanker dan tumor. 

5. Kulit Pisang dapat Menurunkan Kolesterol

Kulit Pisang dapat Menurunkan Kolesterol / foto : pexels.com/ShvetsProduction
Kulit Pisang dapat Menurunkan Kolesterol / foto : pexels.com/ShvetsProduction

Kolesterol dapat diturunkan dengan meningkatkan asupan serat, hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan kulit pisang karena mengandung banyak serat larut yang baik untuk mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Untuk mengonsumsinya kamu bisa membuat jus kulit pisang dengan tambahan madu dan susu.

Itulah beberapa manfaat dari kulit pisang untuk kesehatan. Tertarik mencoba, Beauties?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id