sign up SIGN UP

Sering Dilakukan, Ternyata Pose 'Kaki di Dinding' Punya Manfaat untuk Kesehatan, lho! Apa Saja?

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Minggu, 26 Jun 2022 23:00 WIB
Sering Dilakukan, Ternyata Pose 'Kaki di Dinding' Punya Manfaat untuk Kesehatan, lho! Apa Saja?
caption

Beauties, apakah kamu adalah tipe orang yang sering melakukan pose 'kaki di dinding' ketika bersantai? Yup, pose 'kaki di dinding' memang menjadi pose ternyaman untuk bersantai. Misalnya, ketika kamu sedang membaca buku atau sedang memainkan ponsel, tanpa kamu sadari kamu sering bergonta-ganti posisi hingga mendapatkan kenyamanan dengan melakukan pose 'kaki di dinding".

Tetapi, tahukah kamu, Beauties? Ternyata pose 'kaki di dinding' memiliki manfaat untuk kesehatanlho. Bahkan beberapa influencer di TikTok, seperti yang dilansir dari Glamour, banyak dari mereka yang mengklaim manfaat kesehatan dari pose tersebut.

Nah, kira-kira manfaat kesehatan apa saja ya yang didapat dari melakukan pose 'kaki di dinding'? Penasaran, Beauties? Berikut manfaat kesehatan dari melakukan pose 'kaki di dinding'.

Meningkatkan Drainase Limfatik

Ilustrasi perempuan yang sedang melakukan pose 'kaki di dinding'
Ilustrasi perempuan yang sedang melakukan pose 'kaki di dinding'/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Pose 'kaki di dinding' sering dianggap sebagai pose kaki terbalik, yang artinya pose ini membuat aliran darah meningkat ke bagian atas tubuh, lalu membawa aliran oksigen bersamanya sehingga dapat meningkatkan drainase limfatik. Drainase limfatik adalah jenis terapi pijat yang dapat mengurangi pembengkakan.

Menurut ahli, sebagaimana yang dilansir dari Wolipop, pose ini membantu mengurangi pembengkakan di ekstremitas bawah (seperti tulang pelvis, femur dan tibia) dan dapat membantu masalah tekanan darah.

Pernyataan yang sama juga dikatakan oleh Anisha Joshi, seorang ahli osteopati berkualitas yang memiliki 12 tahun pengalaman. Melansir dari Glamour, Anisha mengatakan, "Mengangkat kaki di dinding dapat membantu drainase limfatik di kaki. Jika kamu menderita pembengkakan di pergelangan kaki atau lutut, setelah meletakkan kaki di dinding, kamu mungkin akan melihat pengurangan pembengkakan atau retensi cairan ini."

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Ilustrasi perempuan yang stres
Ilustrasi perempuan yang stres/Foto: Freepik/Rawpixel.com

Seorang pengguna TikTok @lexnicoleta mencoba melakukan pose tersebut selama 15-30 menit, setiap hari selama seminggu dan hasilnya kecemasan yang ia rasa selama ini berkurang. "Itu membuat saya bernapas lebih baik dan membuat saya merasa seperti mendapatkan tidur yang lebih baik,” ucapnya.

Anisha juga mengatakan hal yang sama, "Meletakkan kaki di dinding dan berbaring diam selama beberapa menit secara alami akan membuatmu menjadi rileks." Begitu pun dengan pernyataan dari seorang pelatih yoga internasional yang mengatakan bahwa pose 'kaki di dinding' dapat membantu menenangkan pikiran dan melepaskannya.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Ilustrasi perempuan yang mengalami masalah pencernaan
Ilustrasi perempuan yang mengalami masalah pencernaan/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Ketika ditanya apakah pose 'kaki di dinding' dapat mengatasi masalah pencernaan, Anisha mengatakan pose tersebut dapat membantu saluran pencernaan bekerja lebih baik.

"Itu dapat meningkatkan sirkulasi dan akibatnya dapat membantu saluran pencernaan menjadi lebih baik,” jelas Anisha. Ia juga menambahkan, “Kamu dapat meregangkan bagian bawah tubuhmu, punggung yang dapat mengurangi ketegangan perut atau punggung bawah.”

Nah, Beauties itulah tadi manfaat kesehatan dari melakukan pose 'kaki di dinding'. Apakah Beauties sudah pernah mencoba?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id