STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Hal yang Dianggap Baik Untuk Membantu Kecemasan, tapi Justru Memperburuk Keadaan! Ups!

Galih Konain Tata | Beautynesia
Senin, 06 Jun 2022 13:45 WIB
5 Hal yang Dianggap Baik Untuk Membantu Kecemasan, tapi Justru Memperburuk Keadaan! Ups!

Menurut data Anxiety and Depression Association of America, sebanyak 18,1% orang Amerika di atas usia 18 tahun didiagnosa dengan gangguan kecemasan. Namun, hanya 36,9% dari orang-orang tersebut yang menerima pengobatan.

Ketika mengatasi kecemasan, apa yang berhasil untuk satu orang mungkin nggak berhasil untuk orang lain. Nah, kelima hal ini umumnya dianggap baik untuk membantu menenangkan kecemasan, tapi justru memicu atau memperburuk keadaan penyintas gangguan kecemasan.

Mengonsumsi Terlalu Banyak Kafein

Minum kopi/ Foto: Pexels.com/ Andrea Piacquadio
Minum kopi/ Foto: Pexels.com/ Andrea Piacquadio

Efek terlalu banyak mengonsumsi banyak kafein cenderung lebih banyak negatifnya ketimbang positif. Melansir dari laman Insider, jika Beauties terdiagnosa dengan gangguan kecemasan, tetapi tidak bisa lepas dari konsumsi kafein, cobalah untuk membatasi asupan harian kamu.

“Kafein seperti tidak berbahaya, tapi jika berhadapan dengan kecemasan, kafien dapat memicu atau meningkatkan gejala tersebut," kata Autumn Collier, seorang psikoterapis di Collier Counseling.

Menghindari Situasi yang Memicu Kecemasan

Pemicu kecemasan/ Foto: Pexels.com/ Cottonbro
Pemicu kecemasan/ Foto: Pexels.com/ Cottonbro

Menempatkan diri di setiap situasi memang nggak mudah, terutama bagi orang dengan gangguan kecemasan. Tentunya Beauties akan berpikir bahwa menghindari situasi tersebut adalah solusi yang tepat. Namun, solusi tersebut sesungguhnya tidak benar-benar tepat.

Dikutip dari Anxiety.org, ada baiknya untuk kamu mencoba teknik atau terapi eksposur. Dengan bantuan seorang terapis, Beauties akan dibantu untuk bisa menghadapi apa yang bisa dan tidak bisa kamu tangani.

Terapi eksposur ini bisa memberikan dukungan awal dalam mengurangi kecemasan dan meningkatkan pengalaman secara efektif.

Namun, jika Beauties benar-benar merasa sangat kesulitan untuk menghadapi situasi yang dapat memicu kecemasan, atau keadaan Beauties semakin terganggu, maka kamu bisa menghindarinya pemicu tersebut.

Mengonsumsi Terlalu Banyak Makanan Manis

Makanan manis/ Foto: Pexels.com/ Polina Tankilevitch
Makanan manis/ Foto: Pexels.com/ Polina Tankilevitch

Mengonsumsi makanan atau minuman manis mungkin dianggap dapat menenangkan kecemasan, tetapi di balik itu juga dapat merusak kesehatan mental, Beauties.

Saat sedang sedih biasanya kita akan diberi saran untuk memakan es krim agar pikiran lebih tenang dan senang. Meskipun sangat lezat, mengonsumsi gula dalam jumlah besar dapat membuat Beauties merasa khawatir, mudah tersinggung, dan sedih.

Mengutip laman Health Line, tidak mengapa kalau Beauties mengonsumsi makanan atau minuman manis dalam porsi kecil. Tapi, jika kamu makan terlalu banyak, gejala kecemasan Beauties mungkin bermanifestasi lebih intens.

Menghindari Pikiran Negatif

Makanan manis/ Foto: Pexels.com/ Polina Tankilevitch
Menghindari pikiran negatif/ Foto: Pexels.com/ Ketut Subiyanto

Terlalu memaksa pikiran-pikiran negatif agar keluar dari kepala tidak akan membuat mereka pergi. Karena, mengelola pikiran negatif di kepala Beauties membutuhkan usaha yang nggak mudah. Di satu sisi, Beauties harus membuang pikiran negatif tersebut. Di sisi lain, Beauties harus mengelolanya dengan baik tanpa membiarkan pikiran tersebut terwujud.

Dikutip dari The Active Times, kamu bisa mencoba berkomunikasi pada diri sendiri secara lebih dalam. Beauties bisa mengajukan pertanyaan pada diri sendiri untuk mulai mencari akar penyebab pikiran negatif dan perasaan cemas tersebut.

Ini adalah cara yang efektif agar Beauties bisa menemukan banyak hal dan membongkar satu per satu isi kepala dan hal yang menjadi pemicu kecemasan datang.

Menghabiskan Waktu Dengan Orang yang Salah

Menghabiskan waktu dengan orang yang tepat/ Foto: Pexels.com/ Ivan Samkov
Menghabiskan waktu dengan orang yang tepat/ Foto: Pexels.com/ Ivan Samkov

Ada perbedaan yang cukup signifikan antara menghabiskan waktu dengan orang-orang yang memahami kecemasan dan menghabiskan waktu dengan orang yang memiliki kecenderungan untuk menghakimi. Kelilingi diri Beauties dengan orang-orang yang mengerti kecemasan kamu.

Hal lainnya dalam kasus kecemasan, mungkin Beauties memiliki orang-orang di sekitar kamu yang juga sedang berjuang melawan kecemasan. Di dalam satu sisi hal ini bisa sangat membantu.

Namun, jika orang-orang tersebut berada dalam pola pikir yang menyabotase diri sendiri atau sangat negatif dalam mengatasi kecemasan, kemungkinan Beauties akan mulai berperilaku demikian. Dihimpun dari The Active Times, coba temukan orang-orang yang bisa memahami gangguan kecemasan kamu dan juga mendukung kamu dengan cara yang positif.

Mungkin perlu usaha dan waktu untuk membantu menenangkan kecemasan yang Beauties hadapi. Namun, ingatlah bahwa ada banyak hal di luar sana yang akan membantu memperbaiki keadaan mental dan membuat kamu hidup lebih bahagia. Jangan patah semangat untuk tetap menemukan cara agar bisa hidup berdampingan dengan kecemasan kamu, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE