STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sering Kesulitan Tidur? Coba Lakukan 7 Rutinitas Sederhana Ini Sebelum Tidur, yuk!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Rabu, 29 Jun 2022 23:30 WIB
Sering Kesulitan Tidur? Coba Lakukan 7 Rutinitas Sederhana Ini Sebelum Tidur, yuk!

Kesulitan tidur di malam hari atau insomnia adalah hal yang cukup sering dialami oleh sebagian orang. Banyak faktor yang membuat seseorang sulit tidur tepat waktu hingga menjadi kebiasaan, misalnya pekerjaan, berseluncur di sosial media, hingga overthinking. Kebiasaan buruk ini tak boleh dibiarkan berlama-lama karena berisiko pada kesehatan, baik fisik maupun mental. Kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan, penyakit jantung, hingga menurunnya fungsi kognitif.

Beauties, bagi kamu yang kerap merasa kesulitan untuk tidur, mungkin kamu perlu melakukan beberapa rutinitas sebelum tidur untuk mengakhiri masalah ini. Lantas, apa saja rutinitas sebelum tidur yang dapat membantu saat kesulitan untuk tidur? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Tentukan Waktu Tidur

Tidur yang cukup/freepik.com/drobotdeanIlustrasi tidur/Foto: Freepik.com/drobotdean

Menentukan waktu tidur bisa jadi hal paling utama yang dilakukan nih, Beauties. Namun, kamu juga harus disiplin dengan jam yang telah ditentukan tersebut. Sehingga tubuh akan terbiasa dan akan menjadi alarm bagi tubuh untuk memberikan rasa kantuk. Dilansir dari Sleep Foundation, disiplin dengan rutinitas tidur yang konsisten membantu melatih otak seseorang untuk merasa lelah secara alami saat waktunya tidur.

Matikan Elektronik

Salah satu kebiasaan buruk yang membuat sulit tidur adalah masih menggunakan perangkat elektronik, seperti gadget untuk berseluncur di media sosial. Dilansir dari CNN Indonesia, menggunakan elektronik sebelum tidur dapat menggangu kualitas tidur hingga menimbulkan rasa lelah saat bangun tidur. Untuk mengatasi itu, kamu perlu membiasakan diri untuk berhenti menggunakan elektronik setidaknya 1 jam sebelum waktu tidur.

Mandi Air Hangat

Dilansir, dari Healthline, menurut sebuah penelitian mandi air hangat atau panas sebelum tidur selama 90 menit dapat membantu seseorang tertidur lebih cepat. Mandi air hangat atau panas sebelum tidur bermanfaat untuk menurunkan suhu inti tubuh. Sehingga dengan penurunan suhu tersebut membantu memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa jadi rutinitas yang membantu saat sulit tidur
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/benzoix

Dilansir dari Sleep Foundation, 62 persen orang yang mendengarkan musik dapat membantu untuk tidur. Dengan mendengarkan musik favorit sambil menutup mata dapat membuat seseorang merasa lebih nyaman dan tenang. Sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan siap untuk tidur. Bahkan mendengarkan suara hujan atau alam juga diyakini dapat membantu saat kesulitan tidur.

Stretching

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi sulit tidur dan tak banyak orang tau adalah stretching atau peregangan. Dengan melakukan peregangan dan mengatur nafas dapat membantu tubuh merasa rileks.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah yoga. Melansir dari Sleep Foundation, rutin melakukan yoga setiap hari telah terbukti meningkatkan kualitas tidur, dan beberapa peregangan atau pijatan sederhana sebelum tidur dapat mencegah kram.

Buat To Do List atau Jurnal

Tak jarang kesulitan tidur juga disebabkan karena overthinking atau memikirkan hal-hal yang akan dilakukan untuk esok hari. Beauties, jika kamu termasuk orang yang mengalami hal ini dan membuatmu sering kesulitan untuk tidur, maka membuat to do list atau menulis jurnal bisa jadi solusinya.

Membuat to do list dapat membantu seseorang yang pelupa untuk melakukan sesuatu. Sementara, menulis jurnal dapat membantumu keluar dari perasaan yang tidak nyaman, seperti sedih atau marah.

Persiapkan Kamar

mempersiapkan kamar tidur membantu masalah sulit tidur
Ilurtrasi/Foto:Freepik.com/wirestock

Last but not least, mempersiapkan kamar setiap akan tidur juga dapat membantumu, lho, Beauties. Kamu dapat merapikan tempat tidur bahkan juga dapat menambahkan pengharum kamar, seperti lilin aroma terapi atau diffuser dengan aroma yang menenangkan. Dengan menatap suasana kamar yang rapi dan wangi, maka tubuh juga akan menjadi lebih rileks dan siap untuk tertidur.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE