STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Wah, Baca Buku Selama 6 Menit Sebelum Tidur Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak! Tertarik Mencoba?

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 24 Jan 2022 23:30 WIB
Wah, Baca Buku Selama 6 Menit Sebelum Tidur Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak! Tertarik Mencoba?

Buat kamu yang sering insomnia dan kesulitan untuk tidur pasti sering mencari berbagai cara untuk bisa tidur cepat dan lebih nyenyak. Mulai dari yang paling terkenal seperti minum susu sebelum tidur, hingga mungkin scrolling media sosial dengan harapan bisa tertidur dengan sendirinya.

Namun, pernahkah kamu mempertimbangkan untuk membaca buku sebelum tidur agar bisa tidur lebih nyenyak? Yup, ternyata membaca buku selama 6 menit sebelum tidur bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak, lho, Beauties! Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Membaca Buku Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Hindari tidur siang terlalu lamaIlustrasi tidur/Foto: Freepik.com/Drobotdean

Hanya dengan 6 menit membaca buku, ternyata mampu meredakan ketegangan stres dalam tubuh manusia. Ini membuat membaca buku menjadi metode yang lebih cepat dan efektif untuk menenangkan saraf.

Hal tersebut didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan University of Sussex pada tahun 2009 silam. Penelitian tersebut menemukan bahwa membaca buku mampu mengurangi tingkat stres sebesar 68 persen, lebih efektif dibanding berjalan-jalan atau minum teh.

Melansir dari The Guardian, peneliti dan neuropsikolog kognitif Dr David Lewis menjelaskan membaca buku, menawarkan kesempatan bagi pembaca untuk 'larut' dengan imajinasi penulis dan memasuki keadaan kesadaran yang berubah yang membuat otak menjadi rileks.

Selain itu, psikolog juga percaya bahwa membaca buku, khususnya genre fiksi, dapat mengurangi tekanan pada otot seraya membantu memperlambat detak jantung, sebagaimana dikutip dari Cosmopolitan. Karena otak dan tubuh rileks, kamu pun tidak kesulitan lagi untuk tidur, bahkan bisa tidur dengan lebih nyenyak.

Manfaat Lain Membaca Buku Sebelum Tidur

Tidak hanya membuat tidur lebih nyenyak, rupanya membaca buku sebelum tidur juga memiliki manfaat lain, lho. Melansir dari detikHealth, yuk cari tahu!

Mengasah Rasa Empati

Ilustrasi mengingat nama teman/ Foto: Freepik.comIlustrasi teman/ Foto: Freepik.com

Sebagai bonus, membaca buku fiksi juga tidak hanya membantu kamu tidur lebih nyenyak, namun juga membantu kamu untuk berempati dengan orang lain lebih baik. Dengan demikian, kualitas kehidupan sosial pun bisa menjadi lebih meningkat. Dengan membaca buku, kamu juga bisa mempelajari berbagai jenis hubungan dan komunikasi dengan orang lain.

Mengeksplorasi Imajinasi

5 Buku Inspiratif Bertema Perempuan yang Wajib untuk Kamu Baca/ Freepik/FreepikIlustrasi baca buku/Foto: Freepik

Beauties, apakah kamu gemar membaca novel fiksi? Ternyata, kisah fiksi bisa sangat mempengaruhi imajinasi, lho! Imajinasi sendiri dapat membuatmu menjadi sosok yang kreatif, penuh ide, dan inovatif.

Alih-alih bermain ponsel, mulai sekarang kamu bisa mencoba untuk membaca buku sebelum tidur. Tidak perlu lama, luangkan waktu sekitar 6 hingga 10 menit setiap malamnya. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE