STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sering Lapar Tengah Malam? Yuk, Hentikan Kebiasaan Makan Berlebih dengan 4 Cara Ini!

Diyah Ma'rifathul Wulandinii | Beautynesia
Sabtu, 21 Jan 2023 19:30 WIB
Sering Lapar Tengah Malam? Yuk, Hentikan Kebiasaan Makan Berlebih dengan 4 Cara Ini!
Sering Lapar Tengah Malam? Yuk, Hentikan Kebiasaan Makan Berlebih dengan 4 Cara Ini!/Foto: freepik.com/freepik

Lapar tengah malam merupakan hal yang wajar dialami, terlebih ketika kebutuhan kalori kurang terpenuhi. Namun, hal ini bukan sesuatu yang bisa dinormalisasi, Beauties. Apabila kebiasaan makan tengah malam dilakukan secara terus menerus maka dapat menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.

Risiko peradangan juga dapat menjadi salah satu penyebab serius pada tubuh ketika tidak segera dicegah. Memperhatikan jam-jam penting untuk memberi kesempatan tubuh mencerna makanan sangat diperlukan. Sedangkan malam hari menjadi waktu berharga untuk tubuh beristirahat dari segala macam aktivitas.

Dikutip dari Psychology Today, kamu bisa mulai menghentikan kebiasaan kurang baik ini demi menjaga kerugian jangka panjang. Simak empat cara sederhana berikut ini untuk menghentikan kebiasaan makan di tengah malam!

Buat Jadwal Makan

Membuat jadwal makan untuk menghindari lapar tengah malam yang bisa mengganggu kesehatan.
Atasi lapar tengah malam/foto: freepik.com/freepik

Jam makanmu perlu diatur lagi, Beauties! Kebiasaan tidak tertahankan pada malam ini bisa menjebak apabila terus-terusan dituruti. Perut keroncongan tidak tertahankan kadang bisa menghambat rasa kantuk dan kesulitan beristirahat.

Untuk terlepas dari hal ini, cobalah untuk memberikan batasan pada tubuh kapan harus mulai makan dan saat yang tepat untuk berhenti atau tidak memberikan mulut kesempatan mengunyah apapun. Ini akan lebih membantu daripada menunda asupan nutrisi pada siang hari yang mengakibatkan lapar tengah malam.

Pastikan kamu memiliki jadwal makan teratur tiga kali sehari. Dimulai dari sarapan sebelum memulai aktivitas, siang hari sebagai jeda, dan malam hari setelah kegiatan panjang. Memberikan batasan yang tepat untuk asupan nutrisi yang masuk akan menghindarkan risiko lapar tengah malam akibat kurangnya energi dalam tubuh.

Ritual Menghentikan Konsumsi Makanan Tertentu

Ritual anti craving untuk mengatasi lapar tengah malam.
Atasi lapar tengah malam/foto: freepik.com/freepik

Craving atau keinginan tinggi untuk mengonsumsi makanan tertentu, bisa terjadi kapan saja, termasuk tengah malam di saat seharusnya tubuh beristirahat. Dengan melakukan ritual anti craving kamu akan meyakini waktu-waktu tepat untuk mengonsumsi makanan favorit atau tidak.

Ketika keinginan ini mulai menghantui, cobalah untuk tidak berdiam di tempat yang sama, bisa dengan berpindah tempat mencari udara segar atau mencari ketertarikan lain untuk melupakan hal tersebut.

Kamu juga bisa mulai menggosok gigi atau menggunakan obat kumur sebelum tidur, ini akan membantu mengurangi keinginan mengonsumsi makanan karena kondisi mulut sudah bersih. 

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE