sign up SIGN UP

Sering Lupa? Segarkan Otak dengan Cara Berikut, Yuk!

Jovita | Rabu, 08 Jan 2020 04:40 WIB
Sering Lupa? Segarkan Otak dengan Cara Berikut, Yuk!
caption
Jadi sering lupa karena faktor usia memang sulit dihindari, Ladies. Enggak hanya orang tua, saat masih muda ada juga beberapa orang yang sudah sering lupa. Kamu bisa mengatasinya dengan coba cara menyegarkan otak berikut. Simak, yuk!

Trik menyegarkan otak


Foto: https://theconversation.com/

Ladies, kalau kamu akhir-akhir ini sering lupa, ada baiknya kamu mencoba trik untuk mengatasinya. Trik ini sendiri merupakan hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti di Inggris. Dilansir dari Detikcom, penelitian tersebut melibatkan sejumlah peserta studi untuk menonton film pendek. Mereka kemudian diminta mengingat kembali detail film tersebut dengan menjawab beberapa pertanyaan. Sebagian peserta diminta untuk menutup mata saat menjawab pertanyaan.

Hasilnya, peserta yang menutup mata menjawab 23 persen lebih benar dibanding peserta yang masih membuka mata, Ladies. Temuan studi yang dipublikasikan di jurnal Legal and Criminology Psychology ini menunjukkan bahwa memotong gangguan sekitar dapat membuat seseorang menjadi lebih fokus dalam mengulang ingatan.


Cobalah menutup mata untuk menyegarkan otak


Foto: https://unsplash.com/

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menutup mata dapat memotong gangguan sekitar sehingga membuatmu lebih mudah mengingat suatu hal. Tindakan menutup mata sendiri membuat beban kognitif otak menurun dan distraksi tertutup yang selanjutnya membantu seseorang untuk dapat lebih fokus, Ladies. Enggak hanya itu, menutup mata membantu pula dalam hal membentuk gambaran mental dari hal yang kamu coba untuk ingat.

Misalnya kamu sedang mencoba mengingat di mana kamu meletakkan handphone pagi ini. Menutup mata bisa membantumu mengingat gambaran yang memberikan petunjuk tentang di mana kamu meletakkannya karena hal-hal di depan atau sekitar matamu tidak mengganggumu.


Hindari stres


Foto: https://www.medicalnewstoday.com/

Meskipun menutup mata bisa jadi trik ampuh untuk menyegarkan pikirkan sehingga tidak mudah lupa, ada hal penting yang perlu kamu perhatikan terkait kondisi kesehatanmu, yaitu stres. Ketika kamu stres atau sedang sibuk, sulit untuk mengingat apapun karena perasaan cemas dan stres bisa mengganggu konsentrasi dan membuatmu sulit mengingat. Kalaupun kamu menutup mata, sedang stres atau sibuk kemungkinan tidak terlalu membantumu menyegarkan pikiran.

Itulah tips menyegarkan otak supaya tidak mudah lupa, Ladies. Dicoba, ya!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id