STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Studi Terbaru Ungkap Jenis Diet Satu Ini Lebih Efektif Turunkan Berat Badan, Tertarik Coba?

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 08 Nov 2022 09:30 WIB
Studi Terbaru Ungkap Jenis Diet Satu Ini Lebih Efektif Turunkan Berat Badan, Tertarik Coba?
Studi Terbaru Ungkap Diet Satu Ini Efektif Bantu Turunkan Berat Badan/Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Ketika menurunkan berat badan, berolahraga seperti latihan kardio atau latihan kekuatan bisa jadi efektif dalam menurunkan berat badan. Namun tidak hanya olahraga, memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi juga penting. Sebuah studi baru menemukan bahwa diet plant based atau diet nabati dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.

Dalam studi yang dipublikasikan di Obesity Science & Practice, para peneliti dengan Komite Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggung Jawab mengamati 244 peserta yang semuanya mengalami berat badan berlebih.

Pada awal penelitian, para peneliti mencatat berbagai aspek seperti komposisi tubuh peserta dan perkiraan produk akhir glikasi lanjutan (AGEs). Para peserta kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang menjaga kebiasaan diet mereka tetap sama dan yang kedua beralih ke diet nabati rendah lemak selama total 16 minggu.

Hasil Penelitian

Kurang makan sayur dan buah menjadi penyebab kulit kusamIlustrasi diet/Foto: Freepik.com/freepik

Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa sementara AGEs menurun 15 persen bagi mereka yang tidak mengubah kebiasaan diet mereka, mereka yang beralih ke diet nabati rendah lemak mengalami penurunan 79 persen.

Adapun persentase terakhir, para peneliti mencatat bahwa 55 persen dari pengurangan itu karena makan lebih sedikit daging, 26 persen dari pengurangan karena makan lebih sedikit susu, dan 15 persen karena pengurangan lemak makanan.

Ketika konsumsi daging diteliti lebih jauh, tercatat bahwa pengurangan konsumsi daging olahan menyebabkan penurunan 27 persen, sementara daging putih mengakibatkan penurunan 59 persen.

Di luar itu, peserta yang menjaga pola makan mereka kehilangan sekitar 1 pon, sementara mereka yang mulai makan pola makan nabati kehilangan sekitar 14 pon. Ini terutama terkait dengan massa lemak, khususnya lemak visceral.

Penjelasan Ahli

cara diet vegan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan kaya serat dari sumber nabatiIlustrasi diet/Foto: Freepik

"Daging dan makanan yang digoreng cenderung menjadi yang tertinggi dalam produk akhir glikasi tingkat lanjut, jadi masuk akal bahwa diet nabati rendah lemak dalam penelitian ini akan secara signifikan lebih rendah pada AGEs daripada kelompok kontrol yang mengonsumsi daging," ungkap Stephanie Wells, MS, RD, ahli diet terdaftar yang mengkhususkan diri dalam pola makan vegan dan nabati, kepada Eat This, Not That!.

"Hubungan penurunan berat badan dengan AGEs kemungkinan disebabkan setidaknya sebagian oleh fakta bahwa peserta nabati rendah lemak makan lebih sedikit daging dan makanan yang digoreng, yang masing-masing cenderung rendah serat dan lebih tinggi kalori," imbuhnya.

Menurut Wells, dalam beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa diet plant based atau diet nabati dapat menyebabkan penurunan berat badan yang lebih signifikan dibanding diet yang mencakup produk hewani. 

"Hal ini kemungkinan karena beban kalori yang lebih rendah dari buah-buahan dan sayuran, dan fakta bahwa banyak makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan sumber serat yang sangat baik," paparnya.

Diet plant based atau diet nabati merupakan pola makan yang hanya mengonsumsi sebagian besar dengan sayuran.Ilustrasi/Foto: Freepik

Selain itu, Wells juga menunjukkan bahwa serat sangat membantu untuk menurunkan berat badan karena membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama setelah makan.

"Dalam penelitian ini, sebagian besar kehilangan lemak adalah lemak visceral. Ini adalah hasil yang ideal mengingat hubungan antara lemak visceral dan risiko penyakit kardiometabolik," tutup Wells.

Dilansir dari Healthline, diet nabati tidak hanya membantu menurunkan berat badan, namun juga memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Misalnya, mengurangi risiko penyakit jantung, kanker tertentu, obesitas, diabetes, dan penurunan kognitif.

Bagaimana, Beauties? Tertarik mencoba diet satu ini? Jangan lupa berkonsultasi dengan ahli terlebih dahulu, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE