sign up SIGN UP

Suka Masak? Lakukan 7 Tips Ini Agar Masakanmu Jadi Lebih Sehat

Septiyanti Cahya | Beautynesia
Kamis, 08 Aug 2019 13:00 WIB
Suka Masak? Lakukan 7 Tips Ini Agar Masakanmu Jadi Lebih Sehat
caption
Ladies, ingin masakanmu lebih sehat? Yuk, ikuti beberapa tips mudah masak makanan menjadi lebih sehat di artikel ini!

Ada yang hobi masak? Dewasa ini, masak tak cuma sekedar pekerjaan ibu rumah tangga. Tapi juga bisa jadi hobi yang berpotensi mendatangkan profit besar jika dijadikan ladang bisnis. Namun, masak tak boleh hanya sekadar memasak. Selain enak, pastikan masakanmu bersih dan sehat. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar masakanmu menjadi lebih sehat. 


Gunakan garam dengan bijak


Foto: Istimewa

Tips yang pertama adalah gunakan garam sebijak mungkin. Ingat, terlalu banyak garam bisa menimbulkan penyakit hipertensi alias darah tinggi. Pasti kamu enggak mau kan masih muda sudah terkena penyakit hipertensi? Sebaiknya, masukkan garam di akhir masakan atau ketika masakan sudah hampir matang.


Gunakan bahan-bahan yang berkualitas


Foto: Istimewa

Ketika kamu memutuskan untuk memulai memasak dengan cara yang lebih sehat, hal penting pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan semua bahan berkualitas. Mulai dari sayur, bumbu hingga bahan pelengkap lain yang kamu gunakan untuk memasak. 


Masak secara musiman


Foto: Istimewa

Ada beberapa bahan makanan tertentu seperti tomat biasanya memiliki rasa yang lebih enak ketika musim panas daripada di musim dingin. Jadi, ketika di luar musim tersebut usahakan jangan memasak masakan yang mengandung bahan-bahan yang hanya ada di musim-musim tertentu tadi. Namun, ketika musim panas tiba sangat dianjurkan jika kamu ingin masak masakan yang mengandung bahan tomat.


Mulailah sarapan dengan masakan yang bercita rasa


Foto: Istimewa

Biasanya, sarapan identik dengan sandwich, french toast atau roti tawar yang dilapisi dengan selai kacang dan cokelat. Namun ternyata, semua makanan yang sepertinya menyehatkan itu bisa menjadi makanan yang membahayakan tubuh, lho. Departemen Pertanian Amerika Serikat atau yang dikenal dengan nama USDA menyarankan untuk membatasi gula tambahan hingga 10 persen dari kalori harian. Lebih baik, mulailah sarapan dengan menu masakan yang gurih seperti scramble egg atau telur dadar yang berisi sayuran. 


Masak dengan cara memanggang


Foto: Istimewa

Roti tawar, daging ayam, kacang-kacangan dan beberapa jenis sayuran tertentu akan terasa lebih enak ketika dipanggang. Ini merupakan cara cerdas untuk mengurangi penggunaan minyak yang menyebabkan lemak berlebih.


Perbanyak sayur, kurangi daging


Foto: Istimewa

Tak ada alasan, sayuran tetap menjadi makanan yang paling sehat dibandingkan dengan daging atau ikan. Namun, kamu perlu hati-hati dalam memasak sayuran. Karena jika dimasak dengan cara yang salah, kandungan nutrisi baik pada sayuran bisa hilang. Usahakan jangan terlalu lama memasak sayuran hijau seperti sawi atau kangkung.


Jaga kebersihan


Foto: Istimewa

Inilah yang paling penting. Pastikan semua bahan dan peralatan yang kamu gunakan untuk memasak benar-benar bersih. Tak ada salahnya sesekali membersihkan peralatan dapur seperti wajan, panci ataupun solet dengan air hangat agar lebih steril. 

Ladies, itulah beberapa tips cerdas memasak agar masakanmu menjadi lebih sehat. Selamat mencoba di rumah!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id