sign up SIGN UP

Suka Minum Air Es Bisa Bikin Perut Buncit? Coba Cek Faktanya di Sini yuk!

Zeyra Haya | Beautynesia
Sabtu, 30 Oct 2021 07:30 WIB
Suka Minum Air Es Bisa Bikin Perut Buncit? Coba Cek Faktanya di Sini yuk!
caption

Memiliki tubuh langsing adalah impian semua orang. Bentuk tubuh tidak ideal seperti perut buncit kerap menjadi momok menyeramkan bagi sebagian perempuan karena dapat menurunkan kepercayaan dirinya.

Berbagai cara dilakukan untuk menjaga bentuk tubuh. Mulai dari olahraga hingga diet ekstrem. Namun perlu diketahui bahwa jika kamu memiliki perut buncit, tidak selalu artinya kamu kelebihan berat badan.

Seringkali banyak dari kita yang mengeluh sulit mencari cara efektif untuk menghilangkan perut buncit. Hal ini disebabkan karena banyak dari kita yang juga masih mempercayai mitos perut buncit.

Kenali Fakta-fakta Perut Buncit, Stop Percaya Mitos

Sebelum mencari cara untuk menghilangkan perut buncit, ada baiknya untuk mengenali apa saja fakta terkait perut buncit. Seperti jenis perut buncit dan bagaimana cara mengatasinya. Hal ini dilakukan agar kamu dapat memilih cara efektif untuk mengatasinya.

Beauties, berikut ini adalah sederet fakta perut buncit yang harus kamu ketahui. Simak yuk!

1. Makan Malam Tidak Membuat Perut Buncit

Jangan percaya mitos, makan malam tidak membuat perut jadi buncit/Foto: freepik.com/tirachardz
(Jangan percaya mitos, makan malam tidak membuat perut jadi buncit/Foto: freepik.com/tirachardz)

Mitos tentang perut buncit yang marak beredar mengatakan bahwa makan malam dapat membuat perut orang buncit. Faktanya, pernyataan ini tidak benar sama sekali. Makan malam tidak akan membuat perut buncit selama tidak melebihi kebutuhan kalori harian dan tetap melakukan aktivitas. 

2. Perut Buncit Bawaan Genetik

Fakta perut buncit, bisa jadi karena genetik atau keturunan/Foto: freepik.com/jcomp
(Fakta perut buncit, bisa jadi karena genetik atau keturunan/Foto: freepik.com/jcomp)

Pernyataan yang satu ini bukanlah sekedar mitos. Memang benar bahwa perut buncit dapat timbul akibat bawaan genetik atau keturunan. Beberapa etnis tertentu mempunyai kecenderungan memiliki perut gendut atau buncit dan berbadan gemuk. Namun, perut buncit bawaan genetik masih bisa dihindari dengan menerapkan pola hidup sehat.

3. Minum Air Es Tidak Membuat Perut Buncit

Minum air es nggak bikin perut buncit, begini faktanya/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Minum air es nggak bikin perut buncit, begini faktanya/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Perut buncit muncul karena kebiasaan-kebiasaan tidak disiplin yang kita lakukan. Lalu banyak mitos yang mengatakan bahwa kebiasaan minum es dapat memicu timbulnya perut buncit.

Faktanya, air es atau air mineral dingin saja tidak akan membuat perut buncit karena dapat terserap dalam tubuh. Namun jika ditambah pemanis seperti sirup, baru akan memicu kebuncitan akibat asupan kalori yang berlebih.

4. Korset Tidak Mengecilkan Perut Secara Permanen

Pakai korset tidak efektif kecilkan perut buncit/Foto: freepik.com/bearfotos
(Pakai korset tidak efektif kecilkan perut buncit/Foto: freepik.com/bearfotos)

Selain berolahraga dan diet ketat, banyak perempuan yang memilih untuk menggunakan korset untuk mengecilkan perut. Faktanya, dalam jangka waktu pendek korset memang menekan perut.

Tekanan pada perut kemudian membuat kita tidak ingin makan sehingga perut terlihat kempis dan sedikit rata. Tetapi efeknya hanya sebentar dan tidak menyelesaikan masalah, karena yang seharusnya dikencangkan adalah otot.

5. Kurang Olahraga, Sit Up Saja Tidak Cukup

Sit Up saja tidak cukup, perlu olahraga rutin untuk mengecilkan perut buncit/Foto: freepik.com/shurkin_son
(Sit Up saja tidak cukup, perlu olahraga rutin untuk mengecilkan perut buncit/Foto: freepik.com/shurkin_son)

Kurang olahraga merupakan penyebab utama terjadinya kebuncitan. Adalah fakta bahwa perut buncit dapat diatasi dengan melakukan olahraga rutin dan menyeluruh. Namun ada mitos mengatakan bahwa olahraga sit up saja sudah cukup untuk mengecilkan perut.

Faktanya, sit up hanya merupakan salah satu bagian dari program penurunan berat badan. Maka melakukan sit up saja tidak akan maksimal untuk mengecilkan perut buncit.

Beauties, itulah beberapa fakta dan mitos seputar perut buncit yang perlu kamu ketahui. Mengenali fakta dan penyebab timbulnya perut buncit dapat membantu kita untuk menentukan cara efektif untuk mengatasinya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id