sign up SIGN UP

Sulit untuk Biasakan Diri Banyak Minum Air Putih? Coba Terapkan Kiat Berikut!

Meydiana Adinda | Beautynesia
Selasa, 26 Oct 2021 18:00 WIB
Sulit untuk Biasakan Diri Banyak Minum Air Putih? Coba Terapkan Kiat Berikut!
caption

Kita semua pasti tahu bahwa mengonsumsi air putih sangat penting bagi kesehatan. Kemenkes RI menyebutkan bahwa kandungan air dalam tubuh manusia adalah sekitar 2/3 atau sekitar 60% - 70% dari berat tubuh. Apabila kurang mengonsumsi air, tubuh bisa menjadi dehidrasi atau kekurangan cairan.

Dilansir dari Healthline, The U.S. National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine, merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi air sejumlah 11,5 cangkir (2,7 liter) sehari untuk perempuan dan 15,5 cangkir (3,7 liter) sehari untuk pria.

Namun sayangnya, tak sedikit orang yang mengabaikan rekomendasi ini. Bahkan sebagian orang memang kesulitan untuk minum air putih. Jika kamu adalah salah satunya, coba terapkan kiat berikut ini!

Sadari Kebutuhanmu

Walaupun kita disarankan mengonsumsi 2-3 liter perhari, namun kebutuhan ini sebenarnya bisa berbeda mengikuti berat badan kita saat ini. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat simak penjelasan dari Kemenkes RI berikut:

Minum air putih
Asupan air putih dalam sehari/foto: p2ptm.kemkes.go.id

Nah, ketika kamu sudah tahu takaran yang tepat untuk tubuhmu, maka selanjutnya kamu bisa mengatur jadwal dan capaian tujuanmu.

Bawa Botol Minum Ke Mana pun

Minum air putih
Minum air putih dengan botol/foto: pinterest.com/amaraliving

Kebiasaan membawa botol minum akan membantumu untuk selalu ingat dan terbiasa minum. Ketika melihat botolmu masih penuh, kamu seperti mendapat peringatan untuk segera menghabiskannya

Selain itu, membawa botol minum sendiri juga bagus bagi lingkungan. Secara tidak langsung, kamu telah berkontribusi untuk mengurangi sampah botol plastik. 

Minum Segelas Sebelum Makan

Minum air putih
Minum air putih sebelum makan/foto: freepik.com/artursafronovvvv

Cara simpel lainnya untuk menambah asupan air adalah dengan membiasakan minum segelas air sebelum makan. Idealnya, kita makan sebanyak tiga kali sehari sehingga kita bisa menambah asupan air sebanyak 3 cangkir (720 ml) untuk asupan air harian.

Dilansir dari Healthline, kebiasaan ini juga dapat membantu kita dalam membedakan rasa lapar dan haus. Pasalnya, tubuh terkadang salah mengartikan rasa lapar dan haus.

Tambahkan Rasa pada Minuman

Minum air
Menambah rasa pada minuman/foto: pexels.com/nadi-lindsay

Jika kamu masih sulit menerima air putih lantaran rasanya yang hambar, maka kamu bisa mencoba membuat minumanmu lebih berasa dengan menjadikannya infused water. Kamu bisa mencoba berbagai kombinasi buah favoritmu, seperti mentimun-jeruk nipis, lemon, hingga stroberi-kiwi. Selain terasa lebih segar, infused water juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Nah, itu dia beberapa kiat yang bisa kamu terapkan untuk menambah asupan air harian. Semoga bermanfaat, ya!

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id