sign up SIGN UP

Tak Banyak yang Tahu, Rutin Konsumsi Teh Bunga Telang Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Lho!

Ghena Oktafira | Beautynesia
Minggu, 02 Jan 2022 09:30 WIB
Tak Banyak yang Tahu, Rutin Konsumsi Teh Bunga Telang Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Lho!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu sedang dalam program menurunkan berat badan? Jika ya, mungkin sudah saatnya kamu kenalan dengan metode diet sehat bunga telang.

Dilansir dari laman Healthline, bunga berwarna biru yang banyak tumbuh di wilayah tropis Asia Tenggara ini memiliki kemampuan untuk memperlambat aktivitas pembentukan sel-sel lemak di dalam tubuh. Nggak hanya itu, kebiasaan meminum segelas air yang dicampur dengan bunga telang juga dinilai ampuh untuk mengatasi permasalahan sembelit, lho! Hal ini karena kandungan senyawa dalam bunga telang dapat membersihkan kotoran yang menumpuk di dalam usus.

Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus menambahkan segelas teh bunga telang pada menu diet sehatmu. Yuk, cari tahu!

Mengandung Bahan Aktif yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Segelas teh bunga telang ampuh turunkan berat badan
Bunga telang/Foto: Pixabay.com

Tumbuhan yang bernama ilmiah Clitoria ternatea ini diketahui mengandung banyak senyawa kimia yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa di antaranya seperti:

  • Kaempferol, senyawa dari golongan flavonoid yang berfungsi untuk mengobati penyakit kanker dan jantung. Diketahui senyawa kaempferol mampu mematikan sel-sel kanker yang sedang tumbuh sehingga menjadikannya sebagai senyawa penting dalam metode pengobatan pasien kanker.
  • Asam P-kumarat, senyawa dari golongan fenolik ini bersifat anti-inflamasi, anti-bakteri dan anti-virus. Adanya senyawa ini di dalam tubuh manusia akan berperan menjaga kekebalan tubuh dari dalam sehingga nggak mudah terpapar penyakit.
  • Delphinidin 3,5-diglukosida, senyawa ini termasuk dalam jenis antosianin yang menjadi penyebab warna biru pada bunga telang begitu pekat hingga sering dijadikan sebagai pewarna alami. Kandungan anti-oksidannya yang tinggi membuat senyawa ini dapat mencegah terjadinya aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah. Anti-oksidan juga mampu melawan radikal bebas yang berpotensi menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Ampuh Mereduksi Kadar Lemak Viseral             

Segelas teh bunga telang ampuh turunkan berat badan
Kurangi lemak viseral dengan diet bunga telang/Foto: Pexels.com/Andres Ayrton

Permasalahan perut buncit masih menjadi momok menakutkan yang menghantui banyak orang. Hal ini terjadi karena menumpuknya lemak viseral di sekitar rongga perut. Letaknya yang dekat dengan organ-organ vital seperti pankreas, hati dan usus membuat lemak viseral berisiko menyebabkan seseorang mengalami penyakit seperti diabetes tipe 2, kanker bahkan penyakit jantung.

Dengan rutin mengonsumsi segelas teh bunga telang setiap hari dapat membantu meminimalisir terjadinya penumpukan lemak viseral di dalam perut. Kandungan bahan aktif dalam bunga telang akan meningkatkan proses pembakaran kalori yang dapat mereduksi kadar lemak ini secara berkala. Dalam jangka panjang, kadar lemak viseral di dalam tubuh akan menjadi normal dan perutmu pun nggak buncit lagi, deh!

Meredakan Stres dan Gangguan Kecemasan

Segelas teh bunga telang ampuh turunkan berat badan
Redakan stres dengan segelas teh bunga telang/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Selain manfaatnya dalam menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan organ tubuh, bunga telang ternyata juga ampuh untuk dijadikan sebagai minuman terapi dalam menghadapi gangguan kecemasan maupun stres pada seseorang. Senyawa anti-oksidan yang dimilikinya akan menenangkan suasana hati yang sedang kacau serta mampu menimbulkan efek relaksasi. Hal ini akan sangat membantu kamu yang sering dilanda rasa stres maupun cemas akibat berbagai permasalahan yang dihadapi sehari-hari.

Luar biasa sekali kan khasiat dari teh bunga telang ini? Untuk memperoleh manfaatnya tersebut, kamu hanya perlu menyeduh bunga telang yang segar maupun yang kering dengan air panas. Kamu juga dapat menambahkan sedikit madu dan perasan lemon agar rasanya semakin nikmat. Minumlah segelas teh bunga telang sekitar satu jam sebelum sarapan dan makan malam.

Dengan dibarengi pola makan dan olahraga yang teratur, metode diet sehat bunga telang ini dijamin ampuh untuk menurunkan berat badan sekaligus menjaga daya tahan tubuh agar selalu fit. Tertarik mencoba, Beauties?

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id