sign up SIGN UP

Tak Cuma Kopi, Teh Juga Mengandung Kafein Lho!

Nubira Maisty | Beautynesia
Jumat, 04 Jun 2021 11:00 WIB
Tak Cuma Kopi, Teh Juga Mengandung Kafein Lho!
caption

Kafein adalah senyawa alkaloid xantina yang memberikan stimulasi pada saraf pusat otak. Stimulasi yang terbentuk berupa peningkatan kesadaran dan energi. Banyak orang menjadikan minuman berkafein sebagai minuman wajib khususnya bagi mereka yang bekerja untuk meningkatkan fokus, sehingga lama-kelamaan kafein menjadi bagian dari gaya hidup.

Namun selama ini kita lebih sering mendengar bahwa kopi adalah satu-satunya minuman yang mengandung kafein sehingga teh menjadi sebuah pilihan bagi mereka yang menghindari kafein. Tahukah kamu bahwa ternyata teh yang sering kita temui juga mengandung kafein?

Berikut beberapa fakta seputar teh dan kafein.

Teh Mengandung Setengah Jumlah Kafein Dibanding Kopi

Teh Rooibos Foto:pinterest/rooibosrockTeh Rooibos Foto:pinterest/rooibosrock/

Secara umum para ahli mengatakan standar secangkir teh mengandung setengah jumlah kafein dibandingkan yang terkandung dalam kopi. Namun, ternyata hal tersebut bergantung pada jenis teh. Secangkir teh hijau mengandung 24-45 mg kafein yang ternyata lebih sedikit dibandingkan dengan teh hitam yaitu 14-70 mg. Sedangkan, teh yang umum kita jumpai di supermarket rata-rata mengandung 5-40 mg.

Efek Samping Kafein Bagi Kesehatan

Kafein yang terus dikonsumsi bisa membuat kamu ketagihan dan merasa kurang ketika berhenti mengonsumsinya.Kafein yang terus dikonsumsi bisa membuat kamu ketagihan dan merasa kurang ketika berhenti mengonsumsinya./ Foto: Freepik.com

Jika kafein terus menerus dikonsumsi dalam jumlah banyak dan frekuensi yang sering, akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh kita. Bagi beberapa orang yang tubuhnya agak rentan terhadap kafein, maka efek samping dari kafein akan langsung terasa sesaat setelah mengonsumsinya.

Efek samping tersebut antara lain jantung berdebar dan sakit kepala. Selain kedua efek tersebut, ada juga efek kafein yang timbul pada jangka panjang antara lain insomnia, gangguan pencernaan, denyut jantung meningkat, dan gelisah.

Teh dengan Kandungan 0% Kafein

Teh Rooibos/unsplash.comTeh Rooibos/unsplash.com/

Ternyata tidak semua teh mengandung kafein, teh herbal atau biasa dikenal dengan sebutan tisane merupakan teh yang bebas dari kandungan kafein. Salah satu jenis teh herbal tersebut adalah teh rooibos. Teh rooibos adalah teh herbal yang berasal dari Afrika Selatan.

Selain keistimewaan teh rooibos yang tidak mengandung kafein, teh ini memiliki indikator geografis yang berarti hanya mampu tumbuh di satu wilayah yang spesifik. Jika teh rooibos ini hadir di Indonesia, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Yuk, kasih komentar di bawah ini.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id