sign up SIGN UP

Takut Berat Badan Naik Saat Lebaran? Ikuti 5 Cara Sehat Ini untuk Mengatasinya

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Selasa, 03 May 2022 13:00 WIB
Takut Berat Badan Naik Saat Lebaran? Ikuti 5 Cara Sehat Ini untuk Mengatasinya
caption

Saat Lebaran atau hari raya Idulfitri, ragam makanan lezat biasanya tersaji, mulai dari yang bersantan, gurih, pedas hingga manis. Dengan banyaknya pilihan, kamu mungkin tergoda untuk menyantap berbagai makanan sehingga berdampak pada pola makan yang tidak teratur serta cenderung berlebih. Akibatnya, bisa menyebabkan kenaikan berat badan, nih, Beauties!

Yup, tidak sedikit yang mengeluh mengalami kenaikan berat badan saat libur Lebaran tiba. Jika kamu mau menghindari hal ini, 5 cara berikut bisa membantu kamu mencegah kenaikan berat badan saat Lebaran. Apa saja? Yuk, simak!

Makan Secukupnya

Memiliki kepribadian introvert, lima zodiak ini lebih suka buka puasa di rumah atau sendiri (bukber Ramadan/Foto: pexels.com/Mentatdgt)Ilustrasi Lebaran/Foto: Foto: pexels.com/Mentatdgt

Makan secukupnya berarti kamu tidak makan secara berlebihan. Salah satu caranya adalah kamu bisa melakukan mindful eating selama libur Lebaran. Mindful eating berarti kamu menggunakan semua indra fisik dan emosional untuk menikmati pilihan makanan yang dibuat. 

Dengan banyaknya pilihan menu yang ada dapat menyebabkan seseorang makan dengan terburu-buru karena ingin mencicipi sebanyak mungkin. Padahal, studi yang dilansir oleh Healthline menunjukkan bahwa mereka yang makan terburu-buru dan tidak fokus lebih cenderung makan berlebihan karena mereka tidak dapat memperhatikan sinyal kepenuhan tubuh mereka. 

Untuk mencegah hal ini, makanlah dengan perlahan dan menyeluruh untuk lebih mengenali sinyal dari tubuh dan mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Studi lain juga menjelaskan bahwa dengan metode mindful eating, seseorang bisa mencegah kenaikan berat badan.

Hindari Gorengan

5 Tips Sehat untuk Jaga Berat Badan saat Lebaran
Makanan yang Digoreng/Foto: Pexels.com/Pixabay

Jika saat puasa kamu tidak bisa menghindari makanan yang digoreng dengan maksimal, namun saat Lebaran, sudah saatnya kamu menghindari makanan yang digoreng, Beauties. Makanan ini bukan hanya memicu kenaikan berat badan saja, tetapi juga obesitas. 

Dikutip dari Healthline, makanan yang digoreng mengandung lebih banyak kalori daripada makanan yang tidak digoreng. Jadi, jika kamu memakannya dalam jumlah banyak dapat meningkatkan asupan kalori secara signifikan.

Selanjutnya, penelitian juga menunjukkan bahwa lemak trans dalam makanan yang digoreng adalah penyebab utama dalam penambahan berat badan, karena dapat mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan dan penyimpanan lemak. 

Batasi Konsumsi Makanan Manis

5 Tips Sehat untuk Jaga Berat Badan saat Lebaran
Ilustrasi es krim/Foto: pexels.com/Roman Odintsov

Makanan manis seperti dessert mengandung banyak gula. Jika kamu tidak ingin menambah berat badan saat Lebaran, maka kamu perlu mengatur atau bahkan melewatkan makanan ini, Beauties!

Jika memang kamu sulit untuk menghindari makanan manis, ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan manis yang berasal dari irisan stroberi segar, raspberry, blackberry, atau blueberry dengan sedikit gula yakni sekitar setengah sendok teh per porsi. 

Kamu juga bisa mengonsumsi buah segar tersebut dengan sedikit whip cream. Buahnya akan menjadi sekitar 100 kalori dan 1/4 cangkir whip cream hanya memiliki 30 kalori.

Tidak Minum Minuman Bersoda

5 Tips Sehat untuk Jaga Berat Badan saat Lebaran
Minuman Bersoda/Foto: pexels.com/Ron Lach

Minuman seperti soda dapat berdampak buruk pada kesehatanmu. Bukan hanya peningkatan kemungkinan kerusakan gigi hingga risiko penyakit jantung hingga diabetes, tetapi juga peningkatan berat badan yang drastis. Mengapa?

Kandungan gula, natrium, dan kafein yang tinggi dalam soda berpengaruh besar pada peningkatan berat badan. Selain itu, soda juga membuat tubuh dehidrasi dalam jangka waktu yang lama hingga dapat menyebabkan dehidrasi kronis. 

Lakukan Olahraga Ringan

5 Tips Sehat untuk Jaga Berat Badan saat Lebaran
Olahraga Ringan/Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, kamu bisa memulai dengan berjalan kaki setiap pagi dan sore dengan durasi minimal 15 menit. Olahraga rutin seperti yoga juga bisa dilakukan saat libur Lebaran untuk mencegah kenaikan berat badan.

Beberapa cara di atas dapat membantumu tetap sehat, bahagia, dan menjaga berat badan selama libur Lebaran. Jika kamu melakukannya dengan baik dan tanpa menunda, mungkin manfaatnya bukan hanya mencegah kenaikan berat badan saja tetapi justru dapat menurunkan berat badan selama libur Lebaran. Stay healthy, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id