sign up SIGN UP

Sulit Menurunkan Berat Badan? Cobain Metode Mindful Eating yang Jadi Kunci Sukses Diet, yuk!

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Senin, 28 Feb 2022 07:15 WIB
Sulit Menurunkan Berat Badan? Cobain Metode Mindful Eating yang Jadi Kunci Sukses Diet, yuk!
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu telah menjalankan program diet tapi belum juga berhasil menurunkan berat badan padahal berbagai cara sudah dilakukan? Well, mungkin kamu harus melakukan evaluasi terhadap usaha-usaha yang sudah dilakukan. Nggak ada salahnya juga kalau kamu mengganti metode diet dan menerapkan cara baru, salah satunya mindful eating.

Nah, mindful eating bisa kamu pertimbangkan agar diet berhasil. Bukan hanya membantu mencapai berat badan yang kamu inginkan, mindful eating juga punya beragam manfaat lainnya untuk kesehatan. Yuk, kenali metode mindful eating!

Apa Itu Mindful Eating?

Diet Belum Berhasil? Cobain Metode Mindful Eating, Yuk!
Pengertian Mindful Eating/Foto: pexels.com/Mikhail Nilov

Mindful atau perhatian penuh adalah metode yang dilakukan agar bisa lebih fokus pada pikiran, emosi, dan sensasi. Mindfulness menargetkan seseorang agar menjadi lebih sadar akan sesuatu hal yang dilakukan. Lalu apa itu mindful eating?

Mindful eating berarti seseorang menggunakan semua indra fisik dan emosional untuk  menikmati pilihan makanan yang dibuat. Dilansir dari Harvard School of Public Health, mindful eating mendorong seseorang untuk membuat pilihan makanan yang bukan hanya memuaskan dan mengenyangkan, tetapi juga bisa menyehatkan tubuh. 

Mengapa Mindful Eating Bisa Membantu Diet?

Diet Belum Berhasil? Cobain Metode Mindful Eating, Yuk!
Bisa Membantu Diet/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Mindful eating membuat seseorang belajar untuk menikmati makanan dan merasakan pengalamannya, seperti tekstur, rasa, sinyal lapar dan kenyang. Bahkan, bagaimana makanan tersebut bisa memengaruhi energi atau suasana hati juga termasuk, lho!

Mindful eating bisa membantu diet menjadi sukses karena dengan memerhatikan makanan yang dimakan dapat meningkatkan pula pencernaan yang lebih baik, membuat kenyang dengan porsi makan kecil, dan mempengaruhi pilihan yang lebih bijak tentang apa yang akan dimakan di lain waktu. Mindful eating juga dapat membantu seseorang membebaskan diri dari pola makan yang tidak sehat.

Sedangkan, kebalikan dari mindful eating yang disebut sebagai mindless atau gangguan makan, bisa mendorong kecemasan, makan berlebihan, dan penambahan berat badan.

Cara Menerapkan Mindful Eating

Diet Belum Berhasil? Cobain Metode Mindful Eating, Yuk!
Cara Menerapkan Mindful Eating/Foto: pexels.com/Mike Jones

Ada 7 cara praktis menerapkan mindful eating yang bisa kamu coba, yaitu:

  • Libatkan rasa syukur sebelum menyantap makanan.
  • Libatkan semua indra.
  • Sajikan dalam porsi kecil dan tidak berlebihan.
  • Nikmati gigitan kecil, dan kunyah dengan perlahan.
  • Makan perlahan untuk menghindari makan berlebihan.
  • Jangan melewatkan waktu makan.
  • Pilihlah bahan makanan nabati.

Perlahan, mindful eating akan menggeser tujuan kenyang menjadi rasa syukur dan merasa penuh akan energi dari makanan yang dimakan. Selain itu, pola hidup juga otomatis menjadi lebih sehat dan membantu diet berjalan lancar.

Nah, itulah seputar mindful eating yang bisa membantu diet. Tertarik mencoba, Beauties?

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id