BILLBOARD
970x250

Tetap Bugar di Usia Tak Lagi Muda? Ini 5 Diet Terbaik untuk Wanita 50 Tahun ke Atas!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Selasa, 29 Jun 2021 22:30 WIB
Tetap Bugar di Usia Tak Lagi Muda? Ini 5 Diet Terbaik untuk Wanita 50 Tahun ke Atas!

Memasuki usia tak lagi muda, kesehatan tentu perlu dijaga. Buat mendapatkan tubuh yang bugar, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan diet sehat, Ladies.

Menerapkan diet sehat yang tepat, membantu meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Dilansir dari Healthline, ada cara untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, yang khusus diperuntukkan bagi wanita usia 50-an. Simak pilihan dietnya lewat artikel berikut ini!

Diet Mediterania

Diet mediterania sebagai pilihan diet wanita usia 50an tahun.
Pilihan Diet Wanita Usia 50-an Tahun/sumber: www.freepik.com/

Enggak banyak yang tahu, tips diet sehat buat wanita berusia 50 tahun ke atas yang paling populer adalah diet mediterania. Diet ini sebenarnya cocok diaplikasikan untuk semua usia, Ladies. Tak terkecuali untuk wanita usia 50-an.

Tips menurunkan berat badan ala diet mediterania adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang rendah. Kamu bisa mengonsumsi pilihan makanan berupa sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun sebagai lemak tambahan.

Kamu bisa menambahkan bahan makanan lain seperti ikan, susu, telur, dan daging merah dalam jumlah sedang ke dalam menu. Diet mediterania sangat populer karena punya sifat yang fleksibel. Di mana enggak ada pantangan terhadap makanan tertentu.

Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension)

Diet DASH yang direkomendasikan untuk wanita usia 50 tahun ke atas.
Pilihan Diet Wanita Usia 50-an Tahun/sumber: www.freepik.com/

Next, meskipun terdengar cukup asing di telinga, cara menurunkan berat badan yang satu ini patut dicoba. Bernama diet DASH atau singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.  Diet yang satu ini dirancang khusus untuk mencegah tekanan darah tinggi, Ladies.

Lewat diet DASH ini menekankan pada makanan yang mengandung kalsium, kalium, dan magnesium. Pembatasan makanan dengan kandungan natrium juga disarankan saat kamu mencoba diet yang satu ini. 

Diet DASH sendiri merekomendasikan makanan yang terdiri dari sayuran, buah, susu rendah lemak, yang dilengkapi dengan biji-bijian, kacang-kacangan, dan juga ikan dalam jumlah yang relatif sedang. Selain itu, membatasi makanan asin dan juga olahan disarankan untuk mengurangi kolestrol berlebih dalam tubuh.

Diet Flexitarian

Diet flextarian yang bisa diterapkan bagi wanita usia 50an.
Pilihan Diet Wanita Usia 50-an Tahun/sumber: www.freepik.com/

Kamu mau mencoba diet tapi enggak mau ribet? Tips menurunkan berat badan dengan pilihan diet yang satu ini wajib dicoba. Bernama diet flexitarian yang bisa juga disebut sebagai diet semi-vegetarian. Diet ini paling populer bagi wanita yang menerapkan pola makan dengan mengurangi asupan daging demi alasan tertentu.

Selain itu, lewat diet flexitarian juga cocok diterapkan bagi siapa pun yang ingin meningkatkan asupan serat dan protein nabati sesuai kebutuhan. Tips menurunkan berat badan dengan diet flexitarian juga bermanfaat sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah diabetes.

Diet MIND (Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay)

Diet MIND untuk wanita berusia 50 tahun ke atas.
Pilihan Diet Wanita Usia 50-an Tahun/sumber: www.freepik.com/

Memasuki usia di atas 50 tahun lebih rentan mengalami demensia atau alzheimer. Masalah kesehatan yang menyerang kesehatan otak ini bisa dicegah dengan menerapkan tips diet sehat yang satu ini. Bernama diet MIND yang berasal dari singkatan Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay'.

Seperti namanya, diet yang satu ini menggabungkan diet Mediterania dan DASH yang membantu meningkatkan kesehatan otak. Diet MIND sendiri menekankan pola makan dengan asupan biji-bijian, buah beri, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. 

Makanan yang digoreng, olahan susu, dan permen juga nggak disarankan saat menerapkan diet ini. 

Diet Intuitive Eating

Diet intuitive eating yang cocok diaplikasikan wanita berusia 50an.
Pilihan Diet Wanita Usia 50-an Tahun/sumber: www.freepik.com/

Last but not least, cara menurunkan berat badan dengan sehat bagi wanita usia 50-an yang nggak boleh dilewatkan adalah melakukan diet intuitive eating. Dibandingkan diet lainnya, sebenarnya diet intuitive eating justru berlaku sebaliknya. 

Intuitive eating adalah sebuah program yang menekankan pola makan dengan penggabungan hubungan positif antara tubuh dan makanan itu sendiri. Lewat tips diet sehat yang satu ini kamu bisa menerapkan prinsip dasar seperti berdamai dengan makanan, menghormati kesehatan, bahkan mengatasi emosi tanpa melibatkan makanan.

Enggak ada aturan yang mengatur ukuran porsi atau waktu makan, justru tujuannya adalah membantu kamu mempelajari cara mendengarkan isyarat rasa lapar dan kenyang alami dari tubuh. 

Nah, itu tadi deretan tips diet sehat untuk wanita usia 50-an yang bisa diterapkan sesuai kebutuhan. Di antara kelima pilihan diet di atas manakah yang ingin kamu coba? Semoga bermanfaat, ya!

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE