sign up SIGN UP

Vaksin AstraZeneca vs Pfizer, Mana yang Paling Ampuh Lawan Covid-19?

Rini Apriliani | Senin, 04 Oct 2021 15:30 WIB
Vaksin AstraZeneca vs Pfizer, Mana yang Paling Ampuh Lawan Covid-19?
caption
Jakarta -

Pemberian vaksinasi Covid-19 di Indonesia sedang gencar-gencarnya dilakukan. Saat ini pun telah tersedia berbagai macam jenis vaksin untuk masyarakat. Salah keduanya adalah AstraZeneca dan Pfizer yang kini telah tersebar dan digunakan oleh masyarakat luas. 

Walau sama-sama termasuk ke dalam jenis vaksin yang digunakan pemerintah untuk memerangi pandemi Covid-19, namun keduanya tetap saja memiliki perbedaan. Jika dibandingkan, mana ya yang lebih baik antara AstraZeneca dan Pfizer ini? Yuk, simak selengkapnya di sini, Beauties!

AstraZeneca 

Vaksin AstraZeneca Adalah Apa Kandungannya? Ini Informasi SelengkapnyaAstraZeneca / Foto: ABC Australia

Vaksin AstraZeneca dikenal memiliki beberapa nama lain, seperti: ChAdOx1, AZD1222, dan Vaxzevria. Sama halnya dengan beberapa vaksin yang telah tersebar luas, vaksin yang satu ini diberikan dalam dua dosis. Dimana dosis kedua diberikan antara 28 hingga 84 hari setelah melakukan vaksinasi dosis pertama.

Pada vaksin AstraZeneca diberikan menggunakan vektor adenovirus. Merupakan jenis teknologi yang sama dengan yang digunakan vaksin Johnson & Johnson. Walau menggunakan adenovirus, vaksin AZ ini tidak akan menyebabkan penyakit pada manusia atau berinteraksi dengan DNA kita.

Pfizer-BioNTech

Efektivitas Vaksin Pfizer-BioNTechVaksin Pfizer-BioNTech/ Foto: Instagram.com/kemenkes_ri

Sementara itu, vaksin Pfizer-BioNTech memiliki beberapa nama lain, yaitu BNT162b2 dan Comirnaty. Diberikan dalam dua dosis, dimana dosis kedua diberikan saat 21 hari setelah melakukan vaksinasi dosis pertama.

Teknologi yang digunakan pada jenis vaksin ini adalah teknologi mRNA yang telah dikerjakan para ilmuan selama bertahun-tahun lamanya.

Mana yang Lebih Baik, Vaksin AstraZeneca atau Pfizer?

Efek Samping Vaksinasi Covid-19Vaksinasi Covid-19/ Foto: Freepik.com/master1305

Lalu diantara keduanya, mana yang lebih baik ya? Berdasarkan hasil penelitian, seperti yang dikutip dari Healthline, keduanya menunjukkan hasil yang berbeda.

Kemanjuran vaksin AstraZeneca dinilai dalam empat uji klinis yang dilakukan di Inggris, Brazil, dan Afrika Selatan. Jumlah peserta percobaan ada 23.848 peserta. 

Dalam pengujian tersebut, peserta diberi dua suntikan vaksin AstraZeneca. Setelah menunggu dua minggu usai vaksinasi dosis kedua menunjukkan jika kemanjuran AstraZeneca ada pada angka 62,1 persen. 

Sedangkan, untuk kemanjuran vaksin Pfizer melakukan tiga uji klinis dengan 43.448 peserta. Peserta diberi dua suntikan vaksin dengan jarak 21 hari. Setelah tahap ini, kemanjuran vaksin Pfizer ditemukan pada angka 95 persen.

Namun di balik angka kemanjuran dari hasil penelitian tersebut, ada baiknya untuk kita tidak memilih-milih mana vaksin Covid-19 yang ingin digunakan. Jika memang disediakan vaksin A, kita dapat menggunakannya saja. 

Kembali lagi, setiap vaksin yang dikeluarkan oleh Pemerintah memiliki tujuan utama yang sama, yaitu memberikan kekebalan untuk tubuh kita menghadapi pandemi Covid-19 ini. Nah Beauties, kamu jangan lupa vaksinasi ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id