sign up SIGN UP

Vaksin Booster Mulai Dibagikan Gratis, Ini Efek Samping dari 5 Vaksin Booster Covid-19 yang Tersedia

Rini Apriliani | Beautynesia
Rabu, 12 Jan 2022 13:30 WIB
Vaksin Booster Mulai Dibagikan Gratis, Ini Efek Samping dari 5 Vaksin Booster Covid-19 yang Tersedia
caption
Jakarta -

Vaksin Booster Covid-19 hari ini, Rabu (12/1) telah tersedia dan siap dibagikan kepada masyarakat. Dalam konferensi persnya kemarin, Presiden Joko Widodo pun menyampaikan jika vaksin Booster akan dibagikan secara gratis. 

Bukan tanpa alasan, pemberian vaksinasi yang gratis ini lantaran Covid-19 yang terus bermutasi. Sehingga demi keselamatan seluruh rakyat, ia menggratiskan vaksin Booster.

"Pemberian vaksin ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena saya tegaskan keselamatan rakyat adalah yang utama," ucap Jokowi dalam konferensi pers virtual, Selasa (11/1).

Vaksin Covid-19Vaksin Covid-19/ Foto: Freepik.com

Sejalan dengan hal ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun telah memberikan izin penggunaan darurat (EUA) pada lima merek untuk vaksin Booster. Kelima merek tersebut adalah CoronaVac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zififax. 

Seperti yang dilansir dari CNN Indonesia, nantinya tiga merek vaksin (CoronaVac, Pfizer, dan AstraZeneca) sebagai homologous, yang mana pemberian vaksin ketiga dengan jenis yang sama dengan dosis pertama dan kedua. Sedangkan dua merek lainnya (Moderna dan Zififax) sebagai heterologous, yakni pemberian vaksin booster yang berbeda dengan vaksinasi sebelumnya. 

Efek Samping 5 Vaksin Booster Covid-19

Efek Samping Vaksinasi Covid-19Efek Samping Vaksinasi Covid-19/ Foto: Freepik.com

Di samping vaksinasi Covid-19 yang dilakukan, ada satu hal yang selalu menjadi ketakutan masyarakat, yakni terkait efek samping dari vaksin yang diterimanya.

Mengatasi hal ini, yuk simak apa efek samping dari 5 jenis vaksin Booster Covid-19 yang tersedia. Simak selengkapnya di sini!

1. Efek Samping Vaksin Booster CoronaVac atau Sinovac

Vaksin CoronaVac atau yang lebih dikenal dengan Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan pada Januari 2021 lalu. Seseorang yang menggunakan vaksin Sinovac akan mendapat efek samping yang ringan, meliputi: nyeri dibekas suntikan, nyeri otot, pembengkakan, sakit kepala, lalu ada efek samping diare.

2. Efek Samping Vaksin Booster Pfizer

Fakta seputar vaksin Pfizer/Foto: Instagram.com/kemenkes_riEfek Samping Vaksinasi Covid-19/Foto: Instagram.com/kemenkes_ri/ Foto: Nisrina Salsabila

Sejak mulai beredar, vaksin Pfizer disebut-sebut sebagai vaksin paling manjur untuk memerangi Covid-19. Pasalnya, setelah dilakukan pengujian, ditemukan fakta bahwa kemanjuran Pfizer berada di angka 95 persen.

Selain digunakan di Indonesia, vaksin Pfizer pun digunakan sebagai Booster di Israel. Adapun beberapa efek samping dari penyuntikan Pfizer yaitu: sakit kepala, sakit sendi, nyeri otot, panas dingin, demam, kelelahan, flu, sakit dan bengkak di tempat suntikan.

3. Efek Samping Vaksin Booster AstraZeneca

Berdasarkan laporan WHO, efek samping AstraZeneca terbilang ringan, dimana penyembuhannya dapat selesai dalam itungan hari. Efek samping dari AstraZeneca yang sering dilaporkan meliputi, nyeri di area suntikan, sakit kepala, kelelahan, myalgia, malaise, demam, tubuh menggigil, mual, dan nyeri pada sendi.

4. Efek Samping Vaksin Booster Moderna

Vaksin moderna digunakan untuk menangani covid-19 di Indonesia/foto:instagram.com/nakes_majalengkaEfek Samping Vaksinasi Covid-19/Foto: Instagram.com/nakes_majalengka

Selanjutnya ada efek samping vaksin Booster Moderna. Pada vaksin Moderna, disebutkan jika efek sampingnya tidak jauh berbeda dengan deretan jenis vaksin lain.

Saat dilakukan uji klinis, efek samping vaksin Moderna adalah rasa sakit di area suntikan, bengkak, kemerahan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, kedinginan, mual dan muntah, demam dan ruam merah. 

Namun, setelah digunakan di masyarakat, efek samping yang banyak dirasakan dan dilaporkan adalah reaksi alergi (sulit benapas, bengkak pada wajah dan tenggorokan, detak jantung cepat, ruam merah, pening, dan lemah), myocarditis, pericarditis (inflamasi pada lapisan luar jantung).

5. Efek Samping Vaksin Booster Zififax

Terakhir ada efek samping vaksin Booster Zififax. Pada vaksin yang diproduksi di China ini, tidak ada efek samping berat yang akan dirasakan. Adapun yang paling sering dilaporkan adalah sakit kepala, kelelahan, dan demam.

Beauties, itu dia efek samping dari 5 jenis vaksin. Jangan lupa untuk segera vaksinasi dosis ketiga ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id