STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Waspada! Anak Muda Juga Rentan Alami Kolesterol Tinggi dan Hipertensi, Ini Cara Mengatasinya!

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 12 Jan 2023 18:15 WIB
Waspada! Anak Muda Juga Rentan Alami Kolesterol Tinggi dan Hipertensi, Ini Cara Mengatasinya!

Penyakit kolesterol dan tekanan darah tinggi atau hipertensi sering kali hanya dikaitkan dengan orang dewasa atau lanjut usia. Padahal, kolesterol dan hipertensi juga dapat menyerang anak muda, lho!

Semakin banyak anak muda yang mengalami kolesterol tinggi ataupun tekanan darah tinggi. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang gerak, malas berolahraga, hingga tidak mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi.

Bagi sebagian anak muda, konsep makanan sehat mungkin terdengar tidak menarik, membosankan, dan hambar. Namun sebenarnya, kini semakin banyak makanan sehat kaya nutrisi yang lezat dan menawarkan berbagai rasa, lho! Contohnya adalah jenis sayuran microgreens. Tidak hanya lezat, microgreens juga bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh dan menurunkan darah tinggi.

Apa Itu Microgreens?

Ilustrasi microgreensIlustrasi microgreens/ Foto: Freepik/devmaryna

Microgreens adalah sayuran mini yang dipanen ketika umurnya 7 sampai 14 hari, namun memiliki kandungan nutrisi hingga 39 kali lebih tinggi dibanding sayuran biasa.

Meskipun berbentuk mungil, kandungan vitamin dan nutrisinya nggak main-main, lho, Beauties! Hampir semua jenis microgreens mengandung lebih banyak zat gizi yang menguntungkan, seperti vitamin C, vitamin E, hingga betakaroten. Microgreens juga mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat menangkal radikal bebas.

Microgreens kaya rasa dan memberikan warna-warna yang cantik pada hidangan. Setiap microgreens memiliki rasa yang berbeda-beda.

"Microgreens ini warnanya macam-macam, ada yang merah, ungu, dan rasanya juga berbeda-beda. Ada yang rasanya sedikit asam, atau seperti red radish, itu sedikit ada sensasi pedas-pedasnya, kayak mint," tutur Jihan Salsabila Putri Azazi, S. Gz selaku Ahli Gizi GREENS di acara GREENS Media Tour di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (11/1).

Microgreens untuk Atasi Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

Young woman is eating green vegetables for weight lossIlustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/SunnyVMD

Seperti yang diketahui, mengonsumsi sayuran dapat mencegah berbagai macam penyakit. Ini karena kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalamnya dapat membuat tubuh sehat. 

Microgreens yang mengandung lebih banyak nutrisi dibanding sayur biasa juga dipercaya dapat membantu kita untuk hidup lebih sehat. Dilansir dari Healthline, microgreens dapat mencegah penyakit seperti diabetes, Alzheimer, penyakit jantung, dan penyakit kanker tertentu.

Dilansir dari laman Web MD, microgreens dapat menurunkan tekanan darah. Makanan yang tinggi serat dan vitamin K dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat, dan sayuran hijau kaya akan kedua elemen penting ini serta vitamin dan mineral lainnya.

Beberapa microgreens juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Sebuah penelitian menemukan bahwa sayuran kubis merah menurunkan kadar kolesterol LDL, kolesterol hati, dan sitokin inflamasi, di mana semua itu adalah faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE