sign up SIGN UP

3 Mitos Tentang Skincare yang Kerap Bikin Pemula Salah Paham, Jangan Lagi Percaya!

Clarissa Esther Sulaiman | Beautynesia
Rabu, 03 Aug 2022 07:45 WIB
3 Mitos Tentang Skincare yang Kerap Bikin Pemula Salah Paham, Jangan Lagi Percaya!
Ilustrasi pengaplikasian sunscreen stick /Foto: Courtesy of Stylenanda
Jakarta -

Dunia per-skincare-an tentunya akan selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas, Beauties! Apalagi kini setelah semakin banyak jenis skincare, kandungan serta manfaatnya yang berguna untuk kulit kita.

Namun ternyata terdapat pula berbagai mitos seputar skincare yang kerap bikin pemula jadi salah paham, lho. Yuk simak apa saja 3 mitos skincare berikut ini! Kira-kira, kamu dulu sempat percaya nggak ya sama deretan mitos ini? 

Skincare Mahal Sudah Pasti Ampuh

Foto: pinterest.com
Rangkaian produk skincare yang berasal dari high end brand, CHANEL /Foto: pinterest.com

Hayo, siapa nih Beauties yang sempat beranggapan bahwa skincare high end sudah pasti ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulitmu? Faktanya, belum tentu semua skincare mahal bekerja maksimal di kulitmu.

Hal yang terpenting sebelum menentukan skincare ialah mengetahui dengan baik jenis serta permasalahan kulit yang kamu miliki, dan kemudian menentukan ingredients yang tepat.

Jadi, daripada menjadikan harga sebagai patokan dalam memilih skincare, lebih baik untuk memilih kandungan yang sesuai kebutuhan, ya. Karena skincare sendiri memang perlu disesuaikan dengan kecocokan atau tidaknya pada kulit, Beauties.

Jika kulitmu kurang cocok pakai skincare high end, kamu bisa mencari alternatif yang lain. Namun, jika kulit kamu memang sudah 'bersahabat' dengan skincare high end, itu pun tak jadi masalah!

Nggak Perlu Pakai Sunscreen Saat Di Rumah / Cuaca Mendung

Foto: pinterest.com
Ilustrasi cuaca mendung serta terdapat produk sunscreen yang tetap wajib masuk ke dalam morning skincare routine /Foto: pinterest.com

Anggapan di atas ini juga sudah pasti salah ya, Beauties! Faktanya, paparan serta bahaya sinar UV tetap mengintai kita walaupun kita tidak merasa cuaca sedang terik. Bahkan sinar UVA matahari juga mampu menembus kaca rumah, lho.

Jadi, wajib hukumnya bagi kita untuk selalu apply sunscreen pada pagi dan siang hari, ya. A little tips, bagi kamu yang cenderung beraktivitas di indoor, sunscreen yang memiliki SPF 30/PA++++ sudahlah cukup.

Namun, apabila aktivitas yang kamu miliki lebih ke arah outdoor, maka kamu membutuhkan sunscreen dengan SPF 50/PA++++ untuk proteksi maksimal. 

Kulit Berminyak Nggak Perlu Pakai Pelembap

Foto: pinterest.com
Ilustrasi pengaplikasian pelembap tekstur gel ringan /Foto: pinterest.com

It's definitely wrong! Setiap jenis kulit dapat mengalami dehidrasi sehingga pelembap sudah pasti wajib jadi basic skincare semua orang. Bagi pemilik oily skin, pelembap justru dapat mengurangi produksi minyak berlebih, dengan cara menyeimbangkan produksi minyak apabila digunakan secara rutin.

Hal yang perlu diperhatikan ialah dalam pemilihan pelembap, kamu wajib untuk memilih tekstur yang ringan dan oil-free. Sehingga tidak memberikan kesan lengket atau semakin berminyak pada kulitmu, Beauties.

Mulai sekarang yuk kita lebih aware dengan mitos seputar skincare dan wajib untuk cari tahu lebih dalam tentang faktanya, ya. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id