sign up SIGN UP

Sebanding dengan Harga 'Mahalnya', Ini Berbagai Manfaat Saffron untuk Kesehatan Kulit Wajah

Della Oktivia Armitha | Beautynesia
Minggu, 31 Jul 2022 19:00 WIB
Sebanding dengan Harga 'Mahalnya', Ini Berbagai Manfaat Saffron untuk Kesehatan Kulit Wajah
Saffron dan bunga Crocus sativus/Foto: istockphoto.com/viperagp
Jakarta -

Saffron dikenal sebagai rempah-rempah yang memiliki harga jual yang sangat mahal. Tidak heran jika saffron disebut juga sebagai rempah emas. Saffron berasal dari bunga Crocus sativus, yang memiliki mahkota berwarna ungu.

Setiap satu bunga memiliki 3 putik berwarna merah, putik bunga inilah yang kemudian diambil dan dijemur menjadi saffron. Tumbuhan Crocus sativus sering dibudidayakan di beberapa negara seperti India, Iran dan Yunani.

Di beberapa negara tersebut, saffron sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan obat tradisional. Warna kuning yang dihasilkan oleh saffron, tidak jarang dimanfaatkan sebagai pewarna makanan. Selain itu, ternyata saffron memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho, Beauties.

Saffron berasal dari putik bunga Crocus sativus.
Tumbuhan Crocus sativus/Foto: istockphoto.com/Rawf8

Dikutip dari CNN Indonesia, rempah-rempah ini mengandung beragam senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Vitamin B1 dan B2, Protein, serta Flavonoid adalah beberapa senyawa kimia yang dikandung saffron.

Dengan kandungan tersebut, saffron dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti memperbaiki siklus menstruasi, mengobati penyakit rahim, berperan sebagai anti-depresan, hingga bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Di Iran dan Yunani, saffron digunakan untuk pengobatan tradisional. Saffron dapat membantu masalah kulit seperti memperbaiki warna kulit, memberikan kesegaran untuk kulit wajah, menyembuhkan penyakit kulit, sampai meredakan peradangan karena jerawat.

Saffron bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit wajah.
Saffron memiliki beragam manfaat bagi kesehatan/Foto: istockphoto.com/ZhakYaroslavPhoto

Saffron juga bermanfaat untuk melindungi wajah dari penuaan dini akibat radiasi UV. Kandungan Crocin yang termasuk sebagai komponen bioaktif dalam saffron, memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit kamu dari efek buruk sinar UVA dan UVB.

Selain itu, kandungan tersebut juga berfungsi untuk meredakan peradangan di kulit kamu. Masalah kulit lainnya yang bisa diatasi dengan memanfaatkan khasiat saffron adalah masalah hiperpigmentasi.

Kandungan Crocin juga berperan dalam mengatasi masalah kulit ini. Crocin bekerja dengan cara menekan produksi melanin berlebihan, yang menjadi penyebab hiperpigmentasi.

Saffron dapat dimanfaatkan sebagai masker dan toner untuk mengatasi masalah kulit.
Saffron dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah/Foto: istockphoto.com/ZhakYaroslavPhoto

Untuk mendapatkan manfaat saffron ini, kamu bisa mencampur saffron dengan bahan lain untuk dijadikan masker atau toner. Caranya cukup mudah, loh, Beauties.

Pertama, kamu bisa mencampur 3-4 helai saffron yang sudah dihancurkan dengan madu, kemudian oleskan di wajah kamu. Biarkan sampai meresap, lalu cuci hingga bersih.

Kamu juga bisa mencampurkan saffron dengan lidah buaya. Kandungan dari dua bahan tersebut, dapat membantu kulit kamu lebih tenang. Masalah peradangan di kulit kamu juga bisa diatasi dengan gel wajah ini.

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mencampurkan saffron sebanyak 3-4 helai dengan air mawar. Campuran tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai toner atau face mist.

Ternyata, harga mahal saffron memang sebanding dengan segudang manfaat yang dimilikinya, ya, Beauties. Meskipun begitu, pastikan kamu hanya menggunakan saffron tidak lebih dari 1000 mg per hari, ya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id