sign up SIGN UP

4 Masalah Rambut yang Bisa Langsung Beres dengan Perawatan Keratin, Sudah Tahu?

Cica Rahmania | Beautynesia
Rabu, 22 Dec 2021 13:30 WIB
4 Masalah Rambut yang Bisa Langsung Beres dengan Perawatan Keratin, Sudah Tahu?
caption
Jakarta -

Untuk membuat rambut, kulit, dan kuku, berfungsi dan tampak indah sebagaimana mestinya, dibutuhkan keratin. Keratin merupakan jenis protein yang membentuk ketiga bagian tersebut dengan baik. Dikutip dari Health Line, keratin merupakan protein yang memiliki sifat pelindung.

Lebih lanjut, keratin bisa berasal dari luar tubuh manusia, seperti hewan tertentu, misalnya. Bulu, tanduk, dan wol adalah bagian dari hewan yang kerap digunakan sebagai bahan kosmetik rambut. Kamu juga bisa mendapat tambahan keratin dari makanan tertentu, seperti telur, bawang putih, salmon, mangga, dan kale.

Rambut yang kekurangan keratin, akan dengan mudah menunjukkan efeknya. Seperti yang telah dihimpun dari Byrdie berikut ini. Konon, beberapa permasalahan rambut ini bisa diatasi dengan perawatan keratin. Let's scroll down!

Memperkuat Rambut

RambutIlustrasi rambut sehat. / Foto: pexels.com/Maxim Goncharenok

Menurut penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Cosmetic Science, keratin membantu memperkuat untaian hingga 40%. "Produk keratin di rumah membantu memperkuat rambut yang telah diakibatkan oleh kerusakan kimia dan mekanis," jelas Gretchen Friese, ahli trikologi bersertifikat BosleyMD di Denver, Colorado.

Memperhalus Rambut

Rambut bisa menjadi titik semprot parfum agar tahan lamaIlustrasi rambut halus. (Foto: Pexels/ Element5 Digital)

Keratin juga berperan dalam membuat rambut halus. Dikutip dari Health Line, keratin bekerja dengan menghaluskan sel-sel yang tumpang tindih untuk membentuk helai rambut Anda. Kutikula pada rambut berfungsi menyerap keratin, sehingga menghasilkan rambut berkilau. Ditambah, keratin diklaim membuat rambut keriting jadi lebih mudah ditata dan terlihat lebih lurus.

Menambah Kilau

Zodiak Sagitarius menolak kenyataan burukIlustrasi rambut berkilau. (Foto: Freepik.com/ lookstudio)

Seperti yang telah dikatakan di atas, keratin yang menghaluskan kutikula membuat rambut jadi tampak berkilau. Untuk mendapat hasil yang sesuai harapan, mungkin kamu bisa melakukan perawatan keratin pada ahlinya di salon daripada melakukannya sendiri di rumah.

Mengurangi Rambut Bercabang

Rambut bercabang adalah masalah umum pada setiap rambut. Styling rambut dengan alat-alat panas kerap memicu terjadinya hal ini. Namun, dengan perawatan keratin, rambutmu bisa pulih kembali karena keratin memperkuat dan menghaluskan kutikula rambut kembali, yang mengurangi tampilan ujung bercabang.

Zodiak yang suka jadi pusat perhatianIlustrasi rambut sehat. (Foto: Freepik @freepik)

Terakhir, perawatan keratin konon juga akan bikin rambut lekas kering. Dikutip dari Byrdie, keratin mengurangi porositas pada rambut, yang berarti membuat lebih sedikit air yang terperangkap di dalam kutikula rambut.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id