sign up SIGN UP

FASHION

Di Rumah Aja Juga Bisa Bikin Rambut Rusak! Ini Aturan Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat

Shinta Nikmah | Rabu, 21 Jul 2021 22:30 WIB
Di Rumah Aja Juga Bisa Bikin Rambut Rusak! Ini Aturan Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat
5 Aturan Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat Ketika Harus Di Rumah Saja/ Foto: freepik.com

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku saat ini membuatmu ragu untuk perawatan rambut di salon? Alternatif yang bisa kamu lakukan adalah merawat rambut di rumah. Meski mungkin tidak selengkap perawatan di salon, namun rambut harus tetap kamu rawat agar sehat walaupun di rumah saja. 

Perlu diingat bahwa rambut yang dibiarkan tidak terawat bisa memicu kerusakan seperti kerontokan rambut, rambut bercabang, hingga kulit kepala yang berketombe. Nah, agar kamu terhindar dari kerusakan rambut, kamu perlu menjaga rambut tetap sehat meski di rumah saja dengan beberapa aturan ini.

Jangan Terlalu Sering Keramas

Keramas
Jangan terlalu sering keramas/ Foto: freepik.com

Keramas merupakan cara yang paling sederhana untuk merawat kesehatan dan kebersihan rambut. Namun bukan berarti kamu bisa keramas setiap hari, karena merasa punya banyak waktu di rumah. Dikutip dari Allure, Randy Schueller seorang ahli kimia kosmetik mengatakan "Jangan mencuci rambut lebih dari yang seharusnya. Kapanpun kamu bisa melewatkan satu hari, itu bagus."

Hal tersebut dikarenakan rambut akan lebih mudah rapuh pada saat kondisi basah. Jika rambut terus menerus dalam kondisi basah, maka tidak hanya semakin rapuh, rambut juga bisa mudah patah dan rontok.

Hindari Menggosok Rambut dengan Handuk

menggosok rambut
Hindari menggosok rambut dengan handuk/ Foto: freepik.com

Siapa dari kamu yang masih sering menggosok rambut basah dengan handuk? Well, kebiasaan tersebut perlu kamu kurangi ya, Beauties. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa dalam kondisi basah, rambut akan lebih rapuh. Jika kamu menggosoknya dengan handuk, maka rambut akan mudah patah.

CNN Indonesia juga menulis bahwa selain menggosok rambut basah dengan handuk, juga tidak disarankan untuk memeras rambut ketika masih basah karena bisa membuat batang rambut menjadi rapuh.

Solusinya adalah kamu bisa membiarkan rambut basah tersebut di udara terbuka sehingga bisa kering dengan sendirinya dan jangan terlalu sering menggunakan hair dryer ya, Beauties.

Menggunakan Masker Rambut

masker rambut
Gunakan masker rambut/ Foto: freepik.com

Selain kondisioner yang bisa kamu gunakan untuk melembapkan rambut, kamu juga bisa mencoba masker rambut dari bahan alami. Selagi di rumah saja, kamu bisa meracik sendiri masker rambut dari bahan alami seperti lidah buaya, minyak kelapa, minyak zaitun, bahkan madu.

Tidak perlu sering-sering, kamu bisa menggunakan masker rambut dari bahan alami tersebut sekali seminggu. Rambutmu pun akan semakin sehat dan ternutrisi.

Gunakan Vitamin Rambut

vitamin rambut
Vitamin rambut/ Foto: freepik.com

Selain masker rambut, kamu bisa rutin menggunakan vitamin rambut agar rambut semakin sehat. Vitamin rambut yang sudah banyak dijual oleh berbagai brand biasanya memiliki kandungan beberapa vitamin dan nutrisi lain seperti zinc, keratin, dan zat besi.

Vitamin rambut memberikan beberapa manfaat seperti mencegah rambut rontok, membantu rambut tumbuh lebih cepat, menguatkan rambut, dan menutrisi rambut.

Rutin Memotong Ujung Rambut

potong rambut
Rutin potong rambut/ Foto: freepik.com

Meski sedang di rumah saja, kamu bisa tetap melakukan potong rambut meski hasilnya tidak sebagus potong rambut di salon. Kamu bisa meminta bantuan anggota keluarga untuk membantu memotong rambutmu.

Lalu apa saja manfaat rutin memotong rambut? Dikutip dari Richfeel, rutin memotong rambut bisa membantu menyingkirkan ujung rambut yang bercabang dan rusak. Memotong rambut yang bercabang dan rusak tersebut bisa membuat rambut yang tumbuh lebih sehat, tebal dan berkilau.

 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id