sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Saat Mandi Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit dan Pemicu Jerawat Punggung, Sering Dilakukan?

Aqillah Diaz | Beautynesia
Jumat, 27 May 2022 07:30 WIB
5 Kebiasaan Saat Mandi Ini Ternyata Bisa Merusak Kulit dan Pemicu Jerawat Punggung, Sering Dilakukan?
caption
Jakarta -

Setelah beraktivitas seharian atau baru akan memulai, kegiatan mandi menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Selain membersihkan kotoran, mandi pun dapat membuat kita menjadi lebih fresh. 

Namun sayangnya, beberapa orang kerap kali melakukan kebiasaan mandi yang ternyata bisa merusak kulit sampai datangnya jerawat punggung. Melansir dari detikHealth, berikut beberapa kebiasaan saat mandi yang ternyata bisa merusak kulit dan jadi penyebab jerawat punggung. Check this out!

1. Mandi Menggunakan Air Hangat Terlalu Lama

Manfaat mandi pagi untuk kesehatan mental/ foto: Freepik.com/ yanalyaMandi Menggunakan Air Hangat Terlalu Lama/Foto: Freepik.com/ yanalya

Ketika cuaca di daerah rumahmu terasa dingin, pastinya kamu akan memilih mandi dengan air hangat. Namun, ternyata mandi terlalu lama dengan air hangat dapat membuat kulit menjadi kering.

Hal ini dikarenakan suhu air panas yang terkena tubuh terutama punggung dapat menyebabkan minyak alami di kulit hilang, padahal minyak kulit memiliki fungsi untuk menjaga kulit tetap lembap.

Oleh karena itu, ada baiknya jangan terlalu lama ketika mandi menggunakan air hangat, cukup 5 hingga 10 menit saja dan jangan menggunakan air yang terlalu panas ya, Beauties!

2. Membilas Tubuh Tidak Bersih

Mengenali kepribadian dari cara menyiram bagian pertamakali saat mandi/ Foto: pexels.com/ sora shimazaki.Membilas Tubuh Tidak Bersih/ Foto: pexels.com/ sora shimazaki

Ketika kamu sedang membersihkan diri dengan cara mandi ada baiknya kamu membilas tubuhmu hingga bersih menggunakan sabun secara menyeluruh. Pori-pori dapat tersumbat apabila kamu tidak membilas tubuh secara bersih dan hal ini memicu munculnya jerawat punggung. Apalagi daerah punggung pasti susah terjangkau ketika mandi.

Sehingga kini kamu harus lebih aware ketika membilas sampo dari rambut dan usahakan untuk selalu membilas ulang bagian punggung agar tidak ada bekas sampo atau sabun dari punggung.

3. Menggosok Tubuh Terlalu Kasar

MandiMenggosok Tubuh Terlalu Kasar/ Foto: Freepik.com/jcomp

Ketika kamu merasa tubuh gatal, pastinya kamu akan menggosok tubuhmu. Namun, jangan sampai kamu terlalu kasar dan terlalu keras ketika menggosok tubuh.

Karena hal ini dapat menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit. Dan usahakan untuk menghindari shower puff yang keras atau dengan cara yang terlalu menekan. Kamu bisa menggosok badan menggunakan tangan secara perlahan dan kamu juga bisa menggunakan kain lap dengan bahan katun agar lebih aman untuk kulit.

Pastikan juga kain lap yang kamu gunakan selalu diganti dan tidak digunakan terus menerus.

4. Mandi Terlalu Sering

Manfaat mandi pagi untuk membangun kepercayaan diriMandi Terlalu Sering/foto: Freepik.com/ user18526052

Melansir dari Wolipop, mandi terlalu sering juga dapat mengakibatkan jerawat punggung, bahkan hal ini juga dapat membuat kulit iritasi dan mengikis kelembapan kulit. Mengapa ya kira-kira mandi terlalu sering dapat memunculkan jerawat punggung? Padahal kan jadi lebih bersih.

Nah, ternyata sebum di kulit dapat luruh apabila kamu mandi terlalu sering dan hal ini yang dapat membuat kulit menjadi kering, sehingga dapat memunculkan jerawat. Ada baiknya kamu mandi cukup dua kali sehari dan tidak lebih.

5. Keramas Setelah Mandi

Hindari Keramas Terlalu SeringKeramas Setelah Mandi/Foto : pexels.com/Armin Rimoldi

Ada baiknya ketika kamu mandi, usahakan untuk keramas terlebih dahulu. Karena urutan awal yang direkomendasikan ketika mandi adalah keramas dulu kemudian membersihkan tubuh.

Dengan mengawali mandi dengan keramas kulit tubuhmu juga akan terhindar dari kotoran rambut yang akan dibilas. Hal ini juga akan menghindarkan kamu dari jerawat punggung karena keramas setelah mandi akan membuat tubuhmu terkena bilasan sampo tadi.

Melansir dari detikHealth, Kendal Jenner juga sempat menyatakan bahwa biasanya ia mencuci rambut di awal mandi kemudian menggunakan kondisioner dan mendiamkannya sambil membasuh tubuh dengan sabun. Namun, nyatanya urutan yang dinyatakan oleh Kendall pun dapat memicu munculnya jerawat punggung karena sisa kondisioner dapat menutupi pori punggung dan membuatnya menjadi berminyak.

Itulah beberapa kebiasaan mandi yang harus kamu hindari agar kamu terhindar dari kulit rusak dan jerawat punggung.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id