sign up SIGN UP

5 Kesalahan Saat Pakai Skincare Ini Bikin Kulit Wajah Gagal Glowing, Sering Kamu Lakukan?

Lynisa Hidayah | Beautynesia
Sabtu, 16 Jul 2022 11:00 WIB
5 Kesalahan Saat Pakai Skincare Ini Bikin Kulit Wajah Gagal Glowing, Sering Kamu Lakukan?
caption

Skincare menjadi rutinitas sehari-hari untuk mendapatkan kulit bersih, sehat, plus glowing. Namun, hingga kini masih banyak yang salah dalam memakai skincare sehingga membuat manfaat yang didapat tidak maksimal. 

Apabila kamu kurang tepat menggunakan skincare bisa menyebabkan berbagai macam masalah kulit yang tidak kamu inginkan. Dari kulit iritasi, kemerahan, hingga mengelupas. Dihimpun dari Bustle, di bawah ada beberapa kesalahan dalam menggunakan skincare yang harus kamu hindari. Berikut ulasannya!

1. Tidak Hapus Makeup Sebelum Tidur

Tidak Hapus Makeup Sebelum Tidur
Ilustrasi menghapus makeup/Foto: pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA

Makeup menjadi kebutuhan sehari-hari untuk menunjang penampilan seseorang agar terlihat professional, percaya diri hingga memancarkan beauty. Apalagi makeup yang kamu gunakan sudah cocok dengan jenis kulit sehingga bisa mengurangi terjadi permasalahan kulit. 

Namun, tahukah kamu, penggunaan makeup harus diseimbangi dengan perawatan kulit wajah seperti rajin double cleansing sebelum tidur dengan menggunakan micellar water atau cleansing balm. Hal ini juga sama dengan pendapat Dennis Gross MD, yang mengatakan jika tidak menghapus makeup sebelum tidur adalah tindakan salah.

“Tidak menghapus makeup pada malam hari bisa menyumbat pori-pori,” katanya.

2. Tidak Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Tidak Menggunakan Sunscreen Setiap Hari
Wajib menggunakan sunscreen/Foto: freepik/freepik

Bagian paling penting dalam perawatan wajah yang sering kamu abaikan. Karena kalau dulu menggunakan sunscreen hanya saat berenang, sekarang sudah saatnya kamu rajin menggunakannya setiap hari, terutama di siang hari. 

Dengan rajin menggunakan sunscreen setiap kamu bisa menyelamatkan kulit dari bahaya sinar matahari penyebab penuaan dini dan kanker kulit. Pilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan sesuai dengan jenis kulit kamu, seperti physical sunscreen dan chemical sunscreen.

Jangan lupa gunakan di leher dan tangan kamu serta re-apply setiap 2 jam sekali ya, Beauties.

3. Terlalu Sering Eksfoliasi Wajah

Terlalu Sering Eksfoliasi Wajah
Ilustrasi lagi eksfoliasi wajah/Foto: freepik/senivpetro

Perlu kamu tahu, bahwa kulit manusia melakukan regenerasi sehingga dibutuhkan eksfoliasi. Tapi, kalau kamu terlalu sering mengeksfoliasi wajah bisa menyebabkan kulit iritasi dan kering.

Menurut pendapat Dr. Ben Johson, sinar matahari bisa menyebabkan penuaan, maka lakukan eksfoliasi maksimal dua kali seminggu. Kamu bisa menggunakan jenis physical exfoliasi yaitu eksfoliasi menggunakan scrub dan chemical exfoliasi dengan menggunakan bahan-bahan aktif seperti serum peeling.

4. Tidak Menggunakan Skincare dengan Urutan yang Benar

Tidak Menggunakan Skincare dengan Urutan yang Benar
Salah urutan skincare/Foto: freepik/wayhomestudio

Menggunakan skincare juga harus memperhatikan urutan yang digunakan. Dimulai dari skincare dengan konsistensi cair hingga kental. Hal ini dikarenakan skincare cair akan cepat menyerap dan kamu bisa lanjut ke step selanjutnya, dimulai dari toner, serum, pelembap, dan sunscreen.

5. Kulit Berminyak Tetap Perlu Pelembap

Kulit Berminyak Tidak Pakai Pelembab
Pelembab untuk semua jenis kulit/Foto: freepik/freepik

Banyak yang salah paham tentang ini. Padahal, apapun jenis kulit kamu harus mengaplikasikan pelembap, terutama menggunakan kandungan yang lebih rich di malam hari.

Hal ini juga diperkuat oleh pendapat Dr. Murad, yang mengatakan jika pemilik kulit berminyak tetap butuh yang namanya pelembap.

“Banyak yang salah paham bahwa mereka yang memiliki kulit berminyak tidak diwajibkan menggunakan pelembap. Faktanya, kulit berminyak harus mendapatkan kelembaban untuk mengimbangi hidrasi dan mencegah kulit berjerawat dan tekstur kulit tidak merata,” katanya.

Beauties, itu dia deretan kesalahan saat pakai skincare yang bisa bikin kulit auto gagal glowing. Ada yang sering kamu lakukan nggak nih? Sebaiknya segera perbaiki ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id