sign up SIGN UP

Jangan Anggap Sepele, Ini 3 Penyakit yang Ditandai dengan Serpihan Ketombe Pada Awalnya!

Febriyani Frisca Rahmania | Beautynesia
Kamis, 14 Jul 2022 11:30 WIB
Jangan Anggap Sepele, Ini 3 Penyakit yang Ditandai dengan Serpihan Ketombe Pada Awalnya!
caption
Jakarta -

Ketombe merupakan salah satu kondisi yang menyebalkan pada kulit kepala. Umumnya, ketombe ditandai dengan serpihan kulit kepala berwarna putih. Biasanya, kondisi ini juga diikuti dengan rasa gatal pada orang yang mengalaminya.

Tak mengenal usia, ketombe bisa dialami oleh siapa pun dari berbagai kalangan usia. Dikutip dari Mayo Clinic, ketombe biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang kering atau bahkan sangat berminyak. Namun, ada juga ketombe yang terjadi sebagai gejala dari penyakit kulit tertentu.

Hair loss it cause from family history, hormonal changes, unhealthy of aging.Ilustrasi ketombe. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso

Dihimpun dari Web MD, setidaknya tiga penyakit ini memiliki gejala yang ditandai dengan mengelupasnya kulit kepala serupa ketombe. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Psoriasis

Psoriasis merupakan salah satu penyakit autoimun yang menyerang jaringan kulit. Penderitanya mengalami peradangan pada kulit berupa gatal, kemerahan, bersisik, dan menebal. Tak kenal tempat, peradangan kulit pada psoriasis bisa timbul di mana saja, termasuk kulit kepala.

Asian woman hair having problem with dandruff hand itching her dry skin on headIlustrasi rambut dengan permasalahan ketombe. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur

Sisik pada kulit kepala gejala psoriasis bisa tampak seperti ketombe, karena serpihan sisik yang mengering dan lepas dari kulit. Perlu penanganan dokter yang tepat untuk meringankan gejala ini. Jadi, jika kamu mengalami gejala ketombe seperti di atas dalam jangka waktu lama dan tidak wajar, segera pergi ke dokter, ya, Beauties.

Eksim

Eksim merupakan gangguan kulit yang mempengaruhi banyak area kulit di tubuh. Kepala adalah salah satu bagian yang tak luput dari gangguan kulit ini. Selain itu, eksim juga bisa timbul di wajah, leher, lipatan lutut, dan siku.

Portrait of a beautiful young woman examining her scalp and hair in front of the mirror, hair roots, color, grey hair, hair loss or dry scalp problemIlustrasi rambut ketombean. / Foto: Getty Images/iStockphoto/triocean

Gejalanya berupa gatal tak tertahankan, benjolan kecil seperti lepuh, kulit menebal dan bersisik. Jika ini terjadi di kulit kepala, maka gejalanya mirip dengan ketombe, tapi dengan tingkat rasa gatal yang tinggi. Pengobatan eksim bertujuan untuk meringankan gejala dan perawatan pencegahan melalui body care atau skincare.

Dermatitis Seboroik

Peradangan pada kulit yang satu ini juga bisa mempengaruhi kulit kepala. Serupa dengan psoriasis, gejala peradangan ini dimulai dari bercak bersisik, kulit merah dan ketombe yang membandel.

Foto:pinterest/naturallycurlyIlustrasi ketombe. / Foto:pinterest/naturallycurly

Tak hanya di kulit kepala, dermatitis seboroik juga bisa timbul di area tubuh yang berminyak, seperti wajah, sisi hidung, alis, telinga, kelopak mata, dan dada. Dikutip dari Mayo Clinic, dermatitis seboroik bisa mereda dan hilang tanpa pengobatan. Namun, ada juga yang butuh perawatan bertahun-tahun sebelum sembuh.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! https://bit.ly/JoinB-Nation

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id