sign up SIGN UP

5 Step Membersihkan Wajah dengan Benar, Kulit Lebih Sehat dan Glowing

Ayuliy Lestari | Kamis, 20 May 2021 12:00 WIB
5 Step Membersihkan Wajah dengan Benar, Kulit Lebih Sehat dan Glowing
caption

Banyak perempuan yang tidak sadar tentang pentingnya mencuci wajah dengan benar terutama di malam hari sebelum tidur. Membasuh wajah dengan facial wash terdengar kegiatan remeh namun sering terlewatkan.

Apalagi jika kamu memiliki kegiatan yang padat. Terkadang setelah seharian bekerja dan pulang larut malam, membuat kamu kelelahan dan langsung beranjak ke tempat tidur. Atau tak jarang kamu pun mencuci wajah asal-asalan agar cepat beristirahat.

Namun hal tersebut dapat memicu timbulnya masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Padahal ketika kamu mencuci wajah dengan benar, kulit menjadi lebih bersih dan terlihat glowing di pagi hari.

Berikut urutan membersihkan wajah yang tidak boleh di skip untuk mendapatkan wajah glowing setiap harinya. Simak yuk!

1. Awali dengan Membersihkan Makeup

urutan mencuci wajah
urutan mencuci wajah/freepik.com

Jika kamu berfikir bahwa mencuci wajah dengan facial wash sudah cukup untuk menghilangkan makeup, sangat keliru ya, Ladies. Kamu perlu melakukan double cleansing yaitu membersihkan wajah dari makeup dan kotoran menggunakan kapas dan micellar water.

Ketika sedang menggunakan makeup yang full coverage atau bold, kamu bisa memakai cairan makeup remover khusus agar lebih bersih. Terutama makeup mata yang membandel seperti maskara dan eyeliner waterproof, kamu bisa memakai cairan remover dengan bahan dasar minyak.

2. Ikat Rambut Agar Tidak Mengganggu

urutan mencuci wajah
urutan mencuci wajah/freepik.com

Sebelum mencuci wajah, jangan lupa mengikat rambut terlebih dahulu. Apalagi jika kamu memiliki poni, Ladies. Rambut yang basah terkena air dan menempel di wajah akan membuat kulit rentan terkena masalah lho! Hal tersebut karena adanya bakteri maupun kuman yang berpindah dari rambut ke kulit wajah.

Jadi ketika rambut tidak diikat, proses mencuci wajah malah sia-sia. Selain untuk menghindari masalah pada kulit wajah, mengikat rambut juga bisa membantu kamu membersihkan wajah dengan lebih mudah.

3. Bersihkan Tangan

urutan mencuci wajah
urutan mencuci wajah/freepik.com

Tangan merupakan media perantara yang rentan terhadap sumber penyakit seperti bakteri, kuman, dan virus. Jika kamu tidak mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air mengalir, risiko terjadinya masalah pada kulit wajah seperti jerawat akan semakin meningkat.

Sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu ya, Ladies. Kamu juga bisa memilih sabun anti-bakteri agar telapak tangan benar-benar bersih. Jika sudah bersih, barulah kamu bisa mencuci wajah menggunakan facial wash.

4. Bersihkan Wajah dengan Lembut

urutan mencuci wajah
urutan mencuci wajah/freepik.com

Setelah wajah aman dari makeup, rambut pun sudah diikat dan tangan sudah bersih, kamu bisa langsung mencuci wajah. Pakai facial wash yang sesuai dengan jenis kulit, terutama jika kamu memiliki kulit yang sensitif dan acne prone.

Sebaiknya gunakan facial wash yang tidak mengandung banyak pewangi dan busa. Cek pula ingredient produk, apakah mengandung banyak alkohol atau paraben.

Setelah menemukan facial wash sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit, kamu bisa memakainya dengan lembut. Tidak perlu mengambil facial wash terlalu banyak agar wajah tidak kering. Busa dengan lembut di wajah, lalu bilas.

5. Bersihkan dengan Handuk Bersih

urutan mencuci wajah
urutan mencuci wajah/freepik.com

Wajah yang sudah bersih bukan berarti bebas dikeringkan dengan handuk seadanya. Jangan menggunakan handuk yang biasa dipakai di badan apalagi pengering tangan yang menggantung di wastafel, Ladies. Walau kelihatannya bersih, tetap saja ada banyak bakteri yang menempel. Sebaiknya gunakan handuk yang memang khusus untuk wajah.

Nah, itulah cara mencuci wajah dengan benar, Ladies. Setelah dikeringkan dengan handuk, jangan lupa pakai toner agar krim selanjutnya lebih meresap.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id