sign up SIGN UP

6 Cara Membuat Bibir Sehat dan Lembap Tanpa Harus Pakai Lip Produk, Siap Coba?

Natasha Riyandani | Beautynesia
Minggu, 18 Sep 2022 15:30 WIB
6 Cara Membuat Bibir Sehat dan Lembap Tanpa Harus Pakai Lip Produk, Siap Coba?
caption

Cuaca panas di Jakarta akhir-akhir ini dapat membuat bibir kering, bahkan pecah-pecah loh Beauties. Selain pengaruh cuaca, kurangnya cairan dalam tubuh dapat menjadi penyebab bibir kering.

Mengatasi masalah bibir kering, umumnya Beauties menggunakan lip produk yang dapat membantu melembapkan bibir atau lip balm. Namun, ada cara lain yang bisa Beauties lakukan untuk melembapkan bibir, lho.

Melansir dari Master Class, berikut tips untuk melembapkan bibir tanpa menggunakan lip produk. Simak yuk!

1. Minum Cukup Air Putih

Air putih mampu mengatasi dehidrasi
Minum Cukup Air Putih/ Foto: Freepik.com/author/pressfoto

Penyebab utama bibir kering adalah dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh. Maka dari itu, menjaga kelembapan bibir dapat dilakukan dari dalam tubuh yaitu dengan cara minum cukup air putih setidaknya 2 liter setiap hari. Air putih dapat membantu kelembapan bibir, kulit, dan area tubuh lainnya.

2. Eksfoliasi Bibir

Rutin eksfoliasi bibir dapat membantu bibir lembab dan halus
Eksfoliasi Bibir/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Rutin melakukan eksfoliasi bibir untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan kering. Bibir akan tampak lembap dan halus tanpa khawatir bibir pecah-pecah.

Beauties bisa melakukan eksfoliasi menggunakan bahan alami yaitu gula dan minyak zaitun. Namun, eksfoliasi bibir sebaiknya dilakukan satu kali dalam seminggu untuk menghindari iritasi dan bibir kering.

3. Mengoleskan Madu

Madu memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit
Mengoleskan Madu/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Bahan alami satu ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, loh. Madu memiliki sifat anti-bakteri yang mampu mengatasi penyembuhan.

Termasuk mengoleskan madu pada bibir sebelum tidur dapat membuat bibir tampak lembap dan halus di pagi hari. Beauties dapat menggunakan madu murni di bibir secara merata, dan bisa dilakukan setiap hari.

4. Jangan Menjilati dan Mengelupas Bibir

Menjilat dan mengelupas bibir dapat menyebabkan luka dan iritasi
Jangan Menjilati dan Mengelupas Bibir/ Foto: Freepik.com/author/cookie-studio

Secara tidak sengaja kita suka membasahi bibir dengan menjilatnya. Namun, air liur yang membasahi bibir tidak dapat melembapkan, dan justru membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah. Selain itu, mengelupas bibir pecah-pecah dapat membuat iritasi, loh. Jadi, sebaiknya dihindari ya!

5. Vitamin E

Vitamin E dapat memberikan kelembaban pada bibir
Vitamin E/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Untuk mendapatkan bibir lembap bisa juga dengan rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin E. Beauties dapat mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, biji bunga matahari, buah-buahan, dan ikan. Tak hanya itu, Beauties dapat mengoleskan minyak vitamin E pada bibir untuk mengatasi bibir kering.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mampu melembabkan bibir
Minyak Kelapa/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Minyak kelapa dinilai sangat bagus untuk memberikan kelembapan pada bibir dan mencegah bibir kering. Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan rasa sakit akibat bibir pecah-pecah.

Sifat anti-bakteri pada minyak kelapa dapat menjaga dan mencegah bibir agar dari infeksi akibat luka terbuka. Selain itu, Beauties dapat menggunakan minyak kelapa sebagai eksfoliasi guna membantu mengangkat sel-sel kulit mati di bibir.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id