sign up SIGN UP

6 Kesalahan Pakai Retinol yang Bikin Kulit Wajah Malah Kering dan Kemerahan

Ratih Dewi | Beautynesia
Rabu, 16 Feb 2022 12:00 WIB
6 Kesalahan Pakai Retinol yang Bikin Kulit Wajah Malah Kering dan Kemerahan
caption

Retinol menjadi salah satu kandungan aktif yang menjadi trend saat ini. Sudah banyak brand yang merilis produk retinol dengan persentase yang berbeda-beda, mulai dari yang rendah, sedang, hingga persentase yang tinggi. 

"Umumnya persentase retinol yang sering ditemukan adalah 1%, 0,5%, 0,3%, dan 0,25%. Jika suatu produk tidak mencantumkan persentase retinol, dimungkinkan persentasenya dibawah 0,25%," ujar ahli dermatologis Heather Rogers.

Melansir dari laman Modern Dermatology, untuk pemula gunakan retinol dengan persentase yang rendah terlebih dahulu. Sayangnya, masih banyak pemula yang menggunakan retinol langsung dengan persentase yang tinggi, sehingga membuat kulit jadi kering dan kemerahan.

Berikut beberapa kesalahan lainnya dalam penggunaan retinol pada skincare yang harus dihindari, untuk hasil yang optimal: 

1. Tidak Menggunakan Sunscreen 

Tidak Menggunakan Sunscreen
Tidak Menggunakan Sunscreen/Foto : pexels.com/Moose Photos

Walaupun digunakan pada malam hari, retinol akan membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, demikian seperti yang dilansir dari laman Women's Health. Oleh karena itu, pemakaian sunscreen perlu dilakukan saat pagi harinya untuk melindungi kulit wajah. 

Tidak memakai sunscreen secara rutin juga bisa menyebabkan permasalahan kulit lainnya, seperti kulit kering, kemerahan, hiperpigmentasi, dan merusak skin barrier

2. Tidak Menggunakan Pelembap 

Tidak Menggunakan Pelembap
Tidak Menggunakan Pelembap/Foto : pexels.com/Anna Tarazevich

Melansir dari laman Pink Tea Top, salah satu efek samping ketika menggunakan retinol, yakni kulit wajah akan menjadi lebih kering dibanding biasanya. Untuk itu, perlu diperhatikan pemakaian produk skincare setelah menggunakan retinol, salah satunya pelembap. 

Produk pelembap akan mengembalikan kadar air pada kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi lebih lama. Kulit yang lembap akan membantu melawan iritasi kulit akibat penggunaan kandungan skincare tertentu yang kuat. 

3. Menggunakan Retinol di Pagi Hari

Menggunakan Retinol di Pagi Hari
Menggunakan Retinol di Pagi Hari/Foto : pexels.com/KoolShooters


Tidak seperti produk
skincare lainnya, jika menggunakan retinol di pagi hari, kulit wajah akan menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Walaupun menggunakan sunscreen, pemakaian retinol pada pagi atau siang hari dirasa kurang tepat. 

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk kulit beregenerasi. Pemakaian retinol dengan waktu yang tepat akan memberikan hasil yang optimal pada kulit wajah dan meminimalisir efek samping pemakaiannya. 

4. Digunakan pada Area Wajah Tertentu

Digunakan pada Area Wajah Tertentu
Digunakan pada Area Wajah Tertentu/Foto : pexels.com/Shiny Diamond

Ada yang menyebutkan jika retinol hanya digunakan pada area wajah tertentu saja, seperti yang berjerawat atau memiliki flek hitam. Faktanya, pemakaian retinol bisa untuk seluruh area wajah, karena efek anti-aging yang dimiliki retinol. Demikian seperti yang dilansir dari laman Boss Gal Beauty Bar. 

5. Aplikasikan Retinol dekat dengan Area Mata

Aplikasikan Retinol dekat dengan Area Mata
Aplikasikan Retinol dekat dengan Area Mata/Foto : pexels.com/Shiny Diamond

Melansir dari laman Doctor Katta, bagi beberapa orang, area bawah mata merupakan area sensitif pada wajah. Dalam beberapa kasus, pemakaian retinol yang dekat dengan area mata bisa menyebabkan jerawat, rasa gatal, ataupun munculnya milia

Untuk amannya, hindari pemakaian retinol dekat dengan area mata, termasuk area bawah mata. Beauties bisa menggunakan pelembap atau eye cream untuk mengatasi permasalahan di area bawah mata. 

6. Menggabungkan Retinol dengan Kandungan Aktif Lain

Menggabungkan Retinol dengan Kandungan Aktif Lain
Menggabungkan Retinol dengan Kandungan Aktif Lain/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Retinol merupakan kandungan aktif yang cukup kuat efeknnya. Oleh karena itu, disarankan tidak menggabungkan retinol dengan kandungan aktif lainnya seperti AHA atau BHA karena bisa membuat kulit menjadi kering ataupun iritasi. 

Selain itu, untuk pemula disarankan menggunakan retinol dengan persentase yang rendah terlebih dahulu dengan pemakaian 1 - 2 kali seminggu dan selalu menggunakan sunscreen esok harinya. 

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id