sign up SIGN UP

7 Kebiasaan Ini Bisa Bantu Mempercepat Pertumbuhan Rambut, Coba Lakukan dengan Konsisten yuk!

Ratih Dewi | Beautynesia
Kamis, 02 Jun 2022 12:00 WIB
7 Kebiasaan Ini Bisa Bantu Mempercepat Pertumbuhan Rambut, Coba Lakukan dengan Konsisten yuk!
Cara Mudah dan Alami Mempercepat Pertumbuhan Rambut/pexels.com/Bennie Lukas Bester

Rambut panjang, lebat, dan sehat kerap menjadi impian banyak orang. Namun, proses pertumbuhan rambut memang tidak mudah dan cenderung memakan waktu yang cukup lama. Salah satu faktor yang menghambat pertumbuhan rambut adalah masalah rambut rontok. 

Tidak hanya memperhatikan produk perawatan rambut yang digunakan, pola hidup dan pola makan juga dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut kita lho, Beauties. Melansir dari beberapa sumber, berikut cara mudah dan alami untuk mempercepat pertumbuhan rambut: 

1. Memijat Kulit Kepala 

Memijat Kulit Kepala
Memijat Kulit Kepala/Foto : pexels.com/Elina Fairytale

Untuk merangsang pertumbuhan rambut, maka dimulai dari kulit kepala sebagai sumbernya. Melansir dari laman MBG Lifestyle, memijat kulit kepala secara teratur, terutama saat keramas dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Hal ini dikarenakan sirkulasi darah meningkat dan memperlancar oksigen ke folikel rambut yang mempengaruhi pertumbuhan rambut. Selain itu, penggunaan minyak rambut atau serum rambut juga merangsang rambut tumbuh lebih cepat lho, Beauties.

2. Mengontrol Tingkat Stres

Mengontrol Tingkat Stres
Mengontrol Tingkat Stres/Foto : pexels.com/Engin Akyurt

Tanpa kita sadari, stres ternyata dapat memperhambat pertumbuhan rambut. Stres dapat memicu trikotilomania, yaitu kondisi ketika seseorang memiliki dorongan kuat untuk mencabut rambut, demikian seperti yang dilansir dari laman WebMD.

Kebiasaan tersebut tentu saja dapat menghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut di area kepala tertentu menjadi menipis. Oleh sebab itu, penting untuk mengontrol stres dan emosi.

3. Selalu Gunakan Kondisioner 

Selalu Gunakan Kondisioner
Selalu Gunakan Kondisioner/Foto : pexels.com/Ksenia Chernaya

Tidak hanya membuat rambut menjadi lebih lembut dan mudah diatur, penggunaan kondisioner saat keramas juga memiliki peran penting untuk mempercepat pertumbuhan rambut. 

Mengutip dari laman Real Simple, rambut yang kering menghambat pertumbuhan rambut dan meningkatkan kerusakan rambut. Penggunaan kondisioner dapat mengembalikan protein pertumbuhan ke folikel rambut, sehingga rambut mudah tumbuh. 

4. Meningkatkan Asupan Nutrisi

Meningkatkan Asupan Nutrisi
Meningkatkan Asupan Nutrisi/Foto : pexels.com/Trang Doan

Makanan yang mengandung omega-3, omega-6, vitamin D, E, dan biotin tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan rambut. 

Salah satu studi yang dilansir dari laman Healthline, mengkonsumsi omega-3 dan omega-6 selama 6 bulan dapat mencegah rambut dari kerontokan. Selain itu vitamin D, E, dan biotin dapat memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut. 

Tidak melulu dari suplemen, Beauties juga bisa mengkonsumsi buah-buahan atau makanan yang mengandung vitamin tersebut. 

5. Menyisir Rambut secara Teratur

Menyisir Rambut secara Teratur
Menyisir Rambut secara Teratur/Foto : pexels.com/cottonbro

Menyisir rambut sebelum tidur dapat mendistribusikan minyak di kulit kepala secara merata sehingga rambut tetap lembap secara alami dan rambut menjadi tidak mudah rontok saat kita tertidur. 

Selain itu, menyisir rambut sebelum tidur atau secara rutin dengan sisir yang tepat juga dapat memperlancar aliran darah di kepala yang merangsang pertumbuhan rambut. Demikian yang dilansir dari laman Good Housekeeping.

6. Perawatan Rambut dengan Kafein

Perawatan Rambut dengan Kafein
Perawatan Rambut dengan Kafein/Foto : pexels.com/Sarah Chai

Mengutip dari laman Cosmopolitan, kafein merupakan kandungan yang baik untuk membuat rambut panjang. Hal ini dikarenakan kafein merangsang aliran darah ke kulit kepala dan melawan hormon yang dapat menyebabkan rambut rontok.

7. Menggunakan Sarung Bantal Sutra

Menggunakan Sarung Bantal Sutra
Menggunakan Sarung Bantal Sutra/Foto : pexels.com/medium photoclub

Sarung bantal sutra atau satin diketahui bisa meminimalisir rambut menjadi kusut dan mengurangi gesekan ketika kita tidur. Oleh karena itu, sarung bantal sutra atau satin dapat meminimalisir rambut rontok sehingga pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Demikian yang dilansir dari laman Byrdie

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id