sign up SIGN UP

Rambut Rontok Hampir Botak? Oh No! Atasi dengan 4 Cara Ini Biar Nggak Berlanjut

Gabriella Gebby | Beautynesia
Rabu, 04 May 2022 15:30 WIB
Rambut Rontok Hampir Botak? Oh No! Atasi dengan 4 Cara Ini Biar Nggak Berlanjut
Rambut rontok wajar terjadi setiap hari. Akan tetapi, ada beberapa orang yang mengalami rambut rontok dengan jumlah yang tidak normal. (Foto: pexels.com/Alexander Stemplews)
Jakarta -

Rambut rontok menjadi kekhawatiran ketika ada spot yang menunjukkan jelas kulit kepala. Idealnya ada sekitar 50 sampai 100 helai rambut yang rontok. Namun, apabila kerontokan mulai memperlihatkan tanda kebotakan, sebaiknya kamu lebih memperhatikan kesehatan rambut.

Dilansir dari laman Health Line, folikel rambut memiliki siklus pertumbuhan aktif, transisi, dan istirahat. Biasanya rambut rontok dalam jumlah yang tidak normal disebabkan terganggunya siklus pertumbuhan rambut.

Faktor penyebabnya juga cukup bervariasi, mulai dari pola hidup tidak teratur, stres, masa hamil dan menyusui, hingga efek samping dari konsumsi obat. Yuk simak cara ampuh mengatasi rambut rontok!

1. Hair Care Khusus Rambut Rontok

hair care yang tepat
Tips Atasi Rambut Rontok/Foto: pexels.com/Asep Syaeful Bahri

Perawatan rambut yang dikhususkan untuk rambut rontok biasanya memiliki fungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, rambut yang tipis akan terlihat lebih bervolume.

Biasanya perawatan rambut ini memiliki kandungan vitamin dan asam amino. Bahan alami lain yang dapat merawat rambut rontok adalah ginseng dan aloe vera.

2. Hindari Cat Rambut

hindari cat rambut
Tips Atasi Rambut Rontok/Foto: pexels.com/Jonas Androx

Bagi sebagian orang, memiliki rambut yang berwarna dapat meningkatkan rasa percaya diri. Walaupun demikian, maintenance untuk rambut berwarna memang cukup ekstra.

Hal ini untuk mengurangi efek negatifnya yaitu batang rambut kering hingga iritasi pada kulit kepala. Apabila kamu sedang struggle dengan rambut rontok, cobalah untuk menghindari cat rambut.

3. Memperhatikan Asupan Makanan

perhatikan asupan makanan
Tips Atasi Rambut Rontok/Foto: pexels.com/Andres Ayrton

Konsumsi makanan dan minuman sehari-hari dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Hindari konsumsi makanan siap saji. Kacang dan biji-bijian mengandung omega 3 dan fatty acid yang membantu rambut lebih tebal. Selain itu konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E dapat mengurangi jumlah helaian rambut yang rontok.

4. Konsultasi pada Ahli

konsultasi pada ahli
Tips Atasi Rambut Rontok/Foto: pexels.com/Tima Miroshnichenko

Ketika kondisi kulit kepala dan batang rambut sudah tidak bisa lagi dikondisikan dan makin parah, cobalah untuk datang menemui dokter. Tentu orang yang bidang pada ahlinya dapat memahami masalah rambut yang dialami. Selain obat, mungkin kamu akan mendapatkan rekomendasi perawatan rambut yang tepat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id